30 Juni 2019

Cara Kirim DM Instagram di Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Ditulis oleh pada 30.6.19
Semenjak orang ramai Instagraman, Facebook pun meliriknya dan akhirnya mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 silam. Makin ramai dong Instagram sejak dimiliki Facebook. Mulai saat itu, banyak perubahan yang terjadi pada Instagram, dari yang semula hanya tempat berbagi foto dan video, fitur perpesanan pun akhirnya disematkan ke Instagram (direct message atau DM).

Cara Kirim DM Instagram di Laptop atau PC

Ya sebenarnya wajar-wajar saja, sob. Hampir semua media sosial kini memiliki fitur berkirim pesan pribadi. Di sisi lain, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab tutupnya aplikasi (yang mengkhususkan dirinya sebagai aplikasi perpesanan instan) seperti Yahoo Messenger, Google Allo, dan juga BBM. Meski demikian, orang masih merasa "terikat" dengan beberapa aplikasi chat populer seperti WhatsApp, LINE, maupun FB Messenger.

Mengapa begitu? Karena sudah terlanjur populer, sob. Selain itu, baik WA, LINE, juga FBM begitu mudah diakses tidak hanya lewat aplikasi, tetapi juga lewat web. Nah, mengikuti jejak tiga aplikasi perpesanan instan populer tersebut, Instagram berencana membawa fitur direct message ke web. Iya, ketika artikel ini diketik, direct message untuk web Instagram desktop belum tersedia, namun kita sudah bisa mencobanya di web Instagram versi mobile. Bagaimana caranya?

Seperti yang sudah dibahas pada artikel cara upload foto di feed dan stories Instagram di komputer tanpa aplikasi, kita bisa berkirim DM Instagram di PC atau laptop dengan cara yang sama.


Mengirim Direct Message IG Pakai Komputer


  1. Seperti biasa, silakan buka laman web Instagram yang beralamat di www.instagram.com menggunakan browser favorit Anda, di sini saya pakai Google Chrome. Login ke akun IG Anda bila belum.

  2. Klik kanan di laman tersebut lalu klik "Inspect" untuk membuka "Developer Tools" (atau tekan Ctrl + Shift + I).

    Inspect chrome ig

  3. Klik ikon "Toggle device toolbar" (atau tekan Ctrl + Shift + M) lalu refresh laman (Ctrl + R) untuk beralih ke laman web IG versi mobile.

    Toggle device toolbar mobile

  4. Setelah itu kita bisa menemukan tombol direct message IG di sisi kanan atas laman. Klik tombol tersebut untuk masuk ke daftar pesan direct.

    Tombol direct message IG

  5. Di sana kita melihat deretan pesan yang telah kita kirim dan terima di Instagram (Inbox). Terdapat pula tombol plus yang berguna untuk mengirim pesan baru.

    Inbox DM IG


Di bawah naungan Facebook, apakah Instagram mulai melunak dengan fokus mereka untuk mengutamakan pengguna ponsel pintar? Dulu Instagram terkesan membatasi fitur yang mereka sajikan di laman web Instagram. Perlahan-lahan fitur yang dulu hanya ada di aplikasi IG sekarang mulai bermunculan di laman webnya. Kan sebenarnya fitur-fitur tersebut ditujukan untuk pengguna yang membuka laman IG versi mobile?

Benar, sob, laman tersebut sebenarnya juga dipakai untuk aplikasi Instagram Lite yang berbasis Progressive Web Apps (PWA), namun seperti yang kita tahu, laman web versi mobile juga bisa dibuka lewat browser desktop dan ternyata Instagram tidak membatasi hal itu. Jadi kita sebagai pengguna PC atau laptop bisa mengunggah foto dan berkirim DM Instagram tanpa menggunakan aplikasi. Bahkan mungkin tidak lama lagi, kita bisa mengakses fitur DM Instagram langsung lewat laman web versi desktopnya. Kita tunggu saja 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×