01 Juni 2019

Instagram Lite: Aplikasi IG Ringan Ramah Kuota

Ditulis oleh pada 1.6.19
Mengikuti tren aplikasi ringan yang sering disebut aplikasi "lite", diam-diam Instagram merilis aplikasi Instagram Lite di Play Store. Kok diam-diam? Soalnya sampai artikel ini diketik, pihak Instagram belum merilis pernyataan resmi mengenai aplikasi tersebut.

Download Instagram Lite Android

Setelah ditelusuri, ternyata aplikasi Instagram Lite saat ini hanya bisa dipasang oleh pengguna Android yang berada di Meksiko, sob, dan itu adalah berita 11 bulan yang lalu 😁. Sayangnya, sampai saat ini pun Instagram Lite belum bisa diunduh lewat Play Store regional Indonesia. Kalau penasaran, langsung saja cek link di akhir artikel untuk mengunduh file APK-nya.

Segitu doang artikelnya? OK, mari kita lanjut lagi, sob. Tampilan aplikasi Instagram Lite ini bisa dibilang sama persis dengan tampilan situs web IG mobile yang bisa diakses melalui instagram.com. Iya, layaknya aplikasi Twitter Lite yang membungkus alamat mobile.twitter.com ke dalam paket aplikasi Android, Instagram Lite pun melakukan hal serupa.

Jadi tanpa pasang aplikasi IG Lite, sebenarnya kita juga bisa memperoleh pengalaman berinstagram ringan dengan mengakses instagram.com melalui aplikasi browser favorit kita. Meski demikian bila ditinjau dari sisi kepraktisan, menggunakan aplikasi IG Lite tentu terasa lebih mudah dan cepat daripada harus buka browser terlebih dahulu.


Fitur-fitur Instagram Lite


Mengenai fitur, aplikasi Instagram Lite telah dibekali dengan beragam fitur dasar seperti yang biasa kita temui di aplikasi regulernya, seperti mengunggah foto dan video ke timeline, unggah foto ke Story (unggah video ke Story saat ini belum bisa), melihat Story following kita, serta mengirim dan menerima direct message.

Lalu bedanya apa dari aplikasi Instagram biasa? Ya namanya aplikasi dengan embel-embel "lite" pasti tidak selengkap aplikasi regulernya, sob. Misalnya saja sticker Story yang biasanya ada di aplikasi Instagram reguler tidak semuanya bisa kita temukan di aplikasi Instagram Lite. Fitur edit fotonya pun cuma ala kadarnya, tidak ada pengaturan kecerahan, kontras, saturasi, dan semacamnya.

Fitur-fitur Instagram Lite

Walaupun begitu, Instagram Lite jelas lebih ringan dan hemat dibandingkan aplikasi Instagram yang biasa kita gunakan. Ringan dan cepat saat dijalankan, hemat RAM dan memori penyimpanan, serta lebih kalem dalam penggunaan kuota data internet. Oleh karena itu, aplikasi IG Lite sangat cocok dipasang pada ponsel Android lawas (minimal Android 4.4 KitKat) atau ponsel dengan Android Go Edition (seperti Redmi Go, Nokia 1, atau Galaxy J2 Core).

Kira-kira kapan Instagram Lite bisa diunduh dari Indonesia? Pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya, sob. Sembari menunggu, kita bisa mengunduh dan memasang APK Instagram Lite melalui link di bawah ini. Selamat mencoba 😊

Download Instagram Lite APK | Play Store (belum rilis di Indonesia)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×