10 Oktober 2016

Cara Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth

Bagi pecinta gadget dan penikmat audio, speaker bluetooth tentu bukanlah barang baru (sudah banyak tersedia di toko online maupun offline). Pilihannya pun beragam sekali, baik dari segi bentuk, ukuran, kualitas suara, sampai harga yang ditawarkan.

Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth

Memilih speaker bluetooth yang berkualitas sebenarnya tidak sulit. Tinggal pilih merk ternama plus harga yang sedikit di atas rata-rata, dijamin audio outputnya tidak mengecewakan. Masalahnya, terkadang kita menebus sebuah speaker bluetooth hanya berdasarkan bentuk dan fiturnya saja sehingga mengorbankan kualitas suaranya.


Parahnya, speaker aktif jadul yang sebelumnya sudah kita miliki ternyata lebih enak didengar daripada speaker bluetooth yang baru saja kita beli. Kalaupun ada speaker bluetooth yang kualitas suaranya setara dengan speaker antik tersebut, dipastikan harganya juga jauh lebih mahal sob.

Sebagai solusi, kenapa tidak kita ubah speaker lama kita menjadi speaker bluetooth? Memangnya bisa ya min, bagaimana caranya? Mudah sekali sob. Cukup pasang saja bluetooth audio adapter pada speaker lawas kita.


Logitech Bluetooth Audio Adapter


Di pasaran (khususnya Indonesia) tersedia beberapa jenis bluetooth audio adapter (sering juga disebut bluetooth receiver) yang bisa digunakan untuk mengubah speaker biasa menjadi speaker bluetooth. Salah satunya adalah Logitech Bluetooth Audio Adapter.

Logitech Bluetooth Audio Adapter

Adapter bluetooth yang dilengkapi dengan port AUX (3.5mm) dan RCA tersebut dijual mulai 300 ribu Rupiah (tergantung distributornya). Cara pakainya juga tidak sulit sob, hubungkan saja speaker lawas Anda dengan Logitech Bluetooth Audio Adapter melalui kabel AUX atau RCA (tersedia pada paket penjualan). Tekan tombol bluetoothnya, kemudian pair dengan perangkat pintar macam ponsel Android atau iPhone lalu mainkan musik favorit Anda, beres dah.


TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver


Btw, harga Logitech Bluetooth Audio Adapter memang relatif tinggi sob, namun sebanding dengan kualitasnya.

TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver

Alternatif lainnya, TP Link HA100 Bluetooth Music Receiver memiliki fitur yang mirip dengan Logitech namun dengan harga yang lebih murah (sekitar 200 ribuan) dan sudah dilengkapi dengan koneksi NFC.


Generic Usb Bluetooth Audio Dongle


Bila Anda mencari adapter yang lebih terjangkau, generic usb bluetooth audio dongle bisa dijadikan sebagai pilihan menarik. Harganya sekitar 40 - 90 ribu Rupiah.


Kenapa disebut generic? Karena kebanyakan tak bermerk sob, namun ada juga beberapa yang diberi merk khusus (misalnya DMZ music).


Video Tutorial Pasang Bluetooth di Speaker Aktif


Adaptor bluetooth generic tersebut umumnya berbentuk seperti flashdisk USB dan tidak dilengkapi dengan power supply (bisa pakai kepala charger hp Android atau port USB PC/laptop). Port yang tersedia hanya 3.5mm saja (bisa diakali dengan kabel 3.5mm to RCA bila speaker Anda tidak memiliki port 3.5mm). Selengkapnya cek video di bawah ini.



Nah, buat Anda yang ingin mengubah speaker biasa Anda menjadi speaker bluetooth dengan mudah plus anti ribet, silakan bungkus salah satu bluetooth audio adapter di atas. Selamat mencoba :)

NB: Selain bisa disambungkan langsung ke speaker aktif, adapter bluetooth tersebut juga bisa dipasang ke amplifier dan juga head unit mobil yang memiliki port AUX atau 3.5mm.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×