28 Juni 2019

Cara Share Status WhatsApp ke Facebook dan Instagram

Ditulis oleh pada 28.6.19

Seperti yang kita tahu, status WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan kita berbagi teks, foto, dan video yang akan menghilang setelah 24 jam. Tak ubahnya Instagram Stories atau cerita Facebook, status WhatsApp juga berwujud slideshow yang ditampilkan secara vertikal di layar ponsel kita, lengkap dengan beragam pernak-perniknya (seperti emoji, sticker, filter, dsb.).

Share Status WhatsApp ke Facebook dan Instagram

Benar, sob. Secara garis besar status WhatsApp, Instagram Stories, dan cerita Facebook memiliki banyak kesamaan. Wajar saja, min, kan WhatsApp dan Instagram bernaung di bawah Facebook, jadi fiturnya ya sebelas duabelas lah. Nah, itulah mengapa pihak Facebook berencana "menghubungkan" cerita Facebook dengan status WhatsApp serta Instagram Stories, sehingga ketiganya bisa sejalan seirama.

Dimulai dari WhatsApp, sekarang kita bisa berbagi status WA ke cerita Facebook dan Instagram Stories. Asyik dong, tak perlu repot lagi membuat cerita yang sama untuk tiga media sosial, tinggal bikin satu, lalu bisa dibagi ke media sosial lainnya, bagaimana caranya, min?

Sebagai gambaran, berikut ini saya mencoba menyajikan cara share status WhatsApp ke Facebook dan Instagram berdasarkan laman FAQ WhatsApp.

Cara Share Status WhatsApp ke Facebook Story

  1. Selain WhatsApp, pastikan Anda sudah memasang aplikasi Facebook (atau Facebook Lite) dan aplikasi Instagram.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan tuju tab "Status", buat status WA seperti biasa, lalu pilih opsi "Share to Facebook Story" yang muncul di bawahnya. Bila sebelumnya Anda sudah membuat status, silakan masuk ke list status Anda dengan menekan ikon tiga titik (horizontal) di sampingnya, pilih salah satu status yang akan dibagikan lalu tekan ikon tiga titik (vertikal) dan pilih "Share to Facebook".
    Share Status WhatsApp ke Facebook Story
  3. Bila diperlukan, pilih "Allow" atau "Open" untuk membuka aplikasi Facebook. Di sana Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat status yang Anda bagikan, kemudian pilih "Share Now".

Cara Share Status WhatsApp ke Instagram Stories

  1. Caranya kurang lebih sama dengan cara berbagi status WA ke Facebook.
  2. Bedanya, pilih ikon share yang ada di bawah kanan status WA Anda, kemudian pilih Instagram (bisa stories, feed, atau DM).
_____________

Jadi harus share satu per satu ya, tidak bisa share semua status WA sekaligus? Saat ini tidak bisa, sob. Selain itu, opsi share status WA otomatis ke Facebook atau Instagram kemungkinan tidak akan pernah diadakan untuk waktu dekat ini. Apa sebab? Tidak lain agar pengguna tetap aktif di tiga media sosial tersebut. Bila semuanya serba otomatis, untuk apa ada WhatsApp, Facebook, dan Instagram? Disatukan saja kan lebih enak, jadi InstaWhatsBook?? 😁 Ok, segitu dulu artikel kali ini, sob. Tunggu update selanjutnya 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×