22 Januari 2015

Menggunakan WhatsApp di PC dengan WhatsApp Web [RESMI]

Beberapa waktu yang lalu, Memudahkan pernah membahas cara install WhatsApp di PC tanpa emulator. Di artikel tersebut, disinggung pula rumor mengenai kehadiran WhatsApp versi web. Hari ini, rumor itu telah menjelma menjadi kenyataan yang manis, iya, secara resmi WhatsApp telah merilis WhatsApp Web.

WhatsApp Web


Apa itu WhatsApp Web? Seperti namanya, WhatsApp Web adalah versi web dari WhatsApp, yang berguna untuk chatting WhatsApp melalui web, menggunakan web browser di PC/komputer atau laptop Anda. Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web?

Pertama, silakan update aplikasi WhatsApp di ponsel Anda (untuk Android, Windows Phone, Blackberry dan Symbian saja, untuk iOS saat ini belum support) ke versi terbaru (2.11.498 ke atas).

Selanjutnya, buka web.whatsapp.com melalui Google Chrome, Opera, atau Firefox di PC atau laptop Anda. Di situ Anda akan menemukan kode QR besar untuk proses autentikasi nantinya.

WhatsApp Web QR Code


PENTING: Bila Anda menggunakan PC atau komputer bersama/milik umum, nonaktifkan opsi Keep me signed in agar riwayat pesan WhatsApp Anda tidak dibaca dan disalahgunakan pihak lain. Bila terlanjur, silakan buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda > Menu > WhatsApp Web > Log out from all computers.

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, masuk ke Menu > WhatsApp Web, kemudian pindai kode QR besar tadi menggunakan ponsel Anda.

TIPS: Bila Anda tak bisa menemukan tombol OK, GOT IT, silakan tekan bagian kanan bawah popup untuk memulai pemindaian.

WhatsApp Web menuWhatsApp Web scan qr code


Bila opsi WhatsApp Web belum muncul, silakan coba tutup paksa (Force stop) aplikasi WhatsApp Anda lalu jalankan kembali. Bila masih belum muncul, backup riwayat chatting WhatsApp Anda, kemudian lakukan Clear chace, masih belum muncul, coba Clear data. Apa? belum nongol juga? Uninstall aplikasi WhatsApp Anda dan install kembali. Semoga muncul sob :D

Sip, kini Anda bisa chatting WhatsApp di PC Anda via WhatsApp Web, tanpa emulator :D. Pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp Web akan otomatis sinkron dengan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, jadi Anda tak perlu khawatir kehilangan pesan WhatsApp saat menggunakan WhatsApp Web.

WhatsApp Web UI


Untuk mengaktifkan notifikasi WhatsApp di PC Anda (notifikasi desktop dari Google Chrome), klik Turn on desktop notifications di WhatsApp Web lalu klik Allow.

WhatsApp Web Notification


Saat menerima pesan, secara default WhatsApp Web akan mengeluarkan suara, begitu pula ponsel Anda (dobel dah). Agar tidak mengganggu, Anda bisa mematikan notifikasi suara di WhatsApp Web melalui Menu (sebelah kiri) > Notifications > hapus centang pada opsi Sounds.

WhatsApp Web Notification Sound


Sebagai catatan, untuk tetap bisa WhatsAppan via WhatsApp Web, ponsel Anda harus tetap terhubung ke internet. Meski begitu, Anda tak perlu membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Sepanjang aplikasi tersebut tetap berjalan di background dan terhubung ke internet, Anda bisa menggunakan WhatsApp Web di PC/komputer atau laptop tanpa hambatan.

Berbeda dengan WhatsCloud yang telah dibahas beberapa waktu yang lalu, selain pesan teks dan emoji, Anda bisa mengirim foto serta pesan suara melalui WhatsApp Web. Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi kontak (termasuk Last seen, foto profil, dan status) serta grup WhatsApp Anda langsung melalui WhatsApp Web.

NB: Antarmuka WhatsApp Web sudah mengadaptasi material design (termasuk animasinya), kemungkinan tak lama lagi aplikasi WhatsApp untuk Android dan platform lainnya juga bakal mendapat tampilan yang serupa. Kita tunggu saja :)


UPDATE 14/04/2015: WhatsApp dengan tampilan material design telah resmi dirilis.


UPDATE 12/05/2016: Aplikasi WhatsApp untuk PC Windows dan Mac resmi diluncurkan sob.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×