13 Maret 2017

Cara Membuka Harddisk Eksternal NTFS di Android Tanpa ROOT [USB OTG]

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Android merupakan perangkat pintar dengan fungsi yang mendekati PC atau komputer. Berbagai hal yang dulunya hanya bisa dilakukan via PC, kini dengan mudah juga bisa dilakukan di Android, salah satunya buka flashdisk.

Buka harddisk eksternal di Android

Iya, tanpa PC sekalipun, kita bisa membuka dan mengelola isi flashdisk menggunakan ponsel atau tablet Android. Bila Anda mengikuti blog ini, cara menghubungkan flashdisk ke Android tentu bukanlah sesuatu yang baru.

Apakah semua Android bisa buka flashdisk? Tidak semua sob, namun sebagian besar perangkat Android kelas menengah sampai flagship yang dirilis dewasa ini sudah dibekali dengan fitur USB OTG (yang berguna untuk menjalankan beragam perangkat USB, termasuk flashdisk).

Sesuai judul, selain buka flashdisk ternyata kita juga bisa menghubungkan harddisk eksternal ke Android sob. Caranya sama saja dengan buka flashdisk, tinggal colok kabel usb harddisk ke kabel USB OTG (atau OTG adapter), kemudian hubungkan ke Android, beres sudah.

Masalahnya, tidak semua harddisk eksternal bisa dibuka di Android, terutama yang diformat dengan file sistem NTFS. Jadi harus format ulang ke FAT32 ya? Tidak perlu sob, ada cara lain yang lebih mudah dan cepat daripada harus format, mari lanjut bacanya.


Cara Menghubungkan Harddisk Eksternal NTFS ke Android Tanpa ROOT


Format ulang harddisk bukanlah hal yang mudah, karena kita harus menyadangkan dulu seluruh isinya ke harddisk lain. Oleh karena itu, kita anggap saja cara tersebut sebagai solusi terakhir bila cara di bawah ini tidak berhasil.

Sampai artikel ini diketik, Android memang belum mampu membaca format NTFS secara default. Meski demikian, dengan bantuan aplikasi pengelola file Total Commander dan plugin Paragon exFAT/NTFS, kita bisa membuka dan mengelola isi harddisk berformat NTFS tanpa perlu root sama sekali. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

  1. Hubungkan harddisk ke Android dengan kabel/adapter OTG. Untuk tutorial ini saya menggunakan harddisk WD Elements 1TB, adapter OTG dari Remax, dan ponsel Redmi Note 3 Qualcomm.

  2. Beberapa harddisk eskternal keluaran terbaru (seperti yang saya gunakan) sudah dibekali dengan teknologi hemat daya, sehingga bisa terhubung dengan Android tanpa power tambahan. Namun bila harddisk Anda membutuhkan tenaga yang melampaui kemampuan Android, maka silakan gunakan kabel USB OTG Y (nanti akan dibahas lebih lanjut).

  3. Mungkin akan muncul pesan di notifikasi yang menyatakan bahwa perangkat USB tidak didukung, abaikan saja.

    Unduh aplikasi Total Commander dan plugin Paragon exFAT/NTFS via Play Store (gratis).

    perangkat USB tidak didukung


  4. Jalankan aplikasi Paragon exFAT/NTFS dan izinkan untuk mengakses USB. Selanjutnya akan muncul partisi harddisk yang terdeteksi, dalam hal ini saya menggunakan sebuah harddisk dengan dua partisi; Elements dan Element Extd.

    Pilih tombol "MOUNT" untuk memuat partisi yang hendak dibuka, lalu pilih "OPEN" untuk menjelajahi isinya melalui aplikasi Total Commander.

    Paragon exFAT/NTFS


  5. Nah, kini kita bisa membuka dan mengelola file (copy, cut, paste, delete, dsb) harddisk ekternal berformat NTFS melalui perangkat Android dengan aplikasi Total Commander.

    Jangan lupa untuk menekan tombol "UNMOUNT" di aplikasi Paragon exFAT/NTFS sebelum mencabut kabel harddisk dari Android.

    Total Commander



Bila Harddisk Eksternal Tidak Terdeteksi di Android


Bila tak terjadi apa-apa sesaat setelah harddisk dicolok ke Android, kemungkinan power output Android tidak mampu mentenagai harddisk sob.

kabel USB OTG Y

Solusinya gunakan kabel USB OTG yang dilengkapi dengan power hub (kabel USB OTG Y, bisa dibeli di toko aksesoris ponsel, komputer, maupun toko online favorit Anda) dan juga charger Android sebagai sumber tenaganya.

Selain harddisk, cara di atas juga bisa diterapkan untuk membuka flashdisk berformat NTFS di Android sob. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×