06 September 2015

Mengendalikan Video YouTube di PC dengan Ponsel Android

Menggunakan ponsel Android sebagai remote control YouTube di komputer? Ternyata bisa sob. Caranya pun cukup mudah, Anda tidak perlu pasang aplikasi tambahan, cukup gunakan aplikasi resmi YouTube Android untuk mengendalikan video YouTube yang sedang Anda putar di PC, mirip seperti menonton video di smart TV atau Android TV.

YouTube TV di komputer

Flashback ke tahun 2010, YouTube pernah merilis aplikasi Android yang berfungsi untuk mengendalikan navigasi video YouTube di PC, yaitu YouTube Remote. Kala itu aplikasi tersebut tersebut hanya tersedia untuk pengguna Android di AS, dan (sayangnya) kini sudah tidak beredar lagi di Play Store (discontinue).

Meski begitu, aplikasi standar YouTube Android (yang kini tersedia di Play Store) ternyata sudah dibekali dengan fitur remote control, yang bisa digunakan untuk mengendalikan YouTube versi PC (melalui antarmuka YouTube TV). Bagaimana cara settingnya? Mudah sob, ikuti tutorial mengendalikan YouTube dengan ponsel Android di bawah ini.

Pertama, silakan siapkan alat dan bahan berikut.
  1. Ponsel Android.
  2. Komputer, laptop, PC, atau sejenisnya.
  3. WiFi.
Kedua, pastikan PC dan ponsel Android Anda telah terhubung pada satu jaringan WiFi yang sama.

Ketiga, lanjut bacanya sob.


Di PC


1. Buka www.youtube.com/tv dengan browser PC favorit Anda, kemudian klik Sign In. Di sana Anda akan diminta untuk membuka youtube.com/activate dan memasukkan sederet kode.

Activate YouTube TV


2. Buka tab baru, tuju www.youtube.com/activate, masukkan kode yang diminta, dan klik Continue.

Connect your device


3. Klik Allow saat YouTube TV meminta izin mengakses akun YouTube Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan pesan Success! dan seterusnya. Sampai di sini, Anda telah berhasil menghubungkan akun YouTube Anda dengan antarmuka YouTube TV di PC.

Success!


4. Kembali ke tab sebelumnya. Tekan G di keyboard Anda untuk membuka sidebar kiri YouTube TV, lalu klik Settings.

Setting YouTube TV


5. Selanjutnya klik Pair Device. Di situ Anda bisa menemukan sebaris kode yang berguna untuk memasangkan YouTube TV dengan ponsel Android.

Pair Device



Di Android


6. Buka aplikasi YouTube di ponsel Android Anda. Masuk ke Menu > Setting > Connected TVs > Add a TV.

Add a TVikon TV

7. Masukkan sebaris kode di langkah 5 tadi dan tekan tombol ADD. Beres sudah sob, kini Anda bisa mengendalikan video YouTube di PC dengan ponsel Android (ditandai dengan aktifnya ikon TV di sebelah ikon search pada aplikasi YouTube Android).

Meja Ini - Gigi

Seperti yang tampak pada gambar pertama dan terakhir artikel ini, video yang Anda pilih dan putar melalui aplikasi YouTube di ponsel Android akan langsung ditampilkan ke layar PC. Tombol-tombol navigasi video (seperti play, pause, next, dsb.) yang tersedia di aplikasi tersebut akan berfungsi sebagai remote control pada antarmuka YouTube TV di PC. OK, tunggu apalagi sob? Selamat mencoba, selamat menonton :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×