06 Oktober 2021

Mengendalikan Video YouTube di PC dengan Ponsel Android

Ditulis oleh pada 6.10.21

Menggunakan ponsel Android sebagai remote control YouTube di komputer? Ternyata bisa sob. Caranya pun cukup mudah, Anda tidak perlu pasang aplikasi tambahan, cukup gunakan aplikasi resmi YouTube Android untuk mengendalikan video YouTube yang sedang Anda putar di PC, mirip seperti menonton video di smart TV, Android TV atau Chromecast.

YouTube TV di komputer

Flashback ke tahun 2010, YouTube pernah merilis aplikasi Android yang berfungsi untuk mengendalikan navigasi video YouTube di PC, yaitu YouTube Remote. Kala itu aplikasi tersebut tersebut hanya tersedia untuk pengguna Android di AS, dan (sayangnya) kini sudah tidak beredar lagi di Play Store (discontinue).

Meski begitu, aplikasi standar YouTube Android (yang kini tersedia di Play Store) ternyata sudah dibekali dengan fitur remote control, yang bisa digunakan untuk mengendalikan YouTube versi PC (melalui antarmuka YouTube TV). Bagaimana cara settingnya? Mudah sob, ikuti tutorial mengendalikan YouTube dengan ponsel Android di bawah ini.

Pertama, silakan siapkan alat dan bahan berikut.

  1. Ponsel Android.
  2. Komputer, laptop, PC, atau sejenisnya.
  3. Browser
  4. WiFi.

Kedua, pastikan PC dan ponsel Android Anda telah terhubung pada satu jaringan WiFi yang sama.

Ketiga, lanjut bacanya sob.

Di PC

  1. Pasang add-on/extensions YouTube TV sesuai dengan browser yang Anda gunakan.
  2. Selanjutnya buka www.youtube.com/tv dengan browser PC favorit Anda, kemudian klik Sign In. Di sana Anda akan diminta untuk memasukkan sederet kode.
    Activate YouTube TV
  3. Buka tab baru, tuju www.youtube.com/tv/activate, masukkan kode yang diminta, dan klik Next.
    Connect your device
  4. Klik Allow saat YouTube TV meminta izin mengakses akun YouTube Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan pesan Success! dan seterusnya. Sampai di sini, Anda telah berhasil menghubungkan akun YouTube Anda dengan antarmuka YouTube TV di PC.
    Success!
  5. Kembali ke tab sebelumnya, klik SettingsLink with TV code. Di situ Anda bisa menemukan sebaris kode yang berguna untuk memasangkan YouTube TV dengan ponsel Android.
    Setting YouTube TV

Di Android

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Android Anda. Ketuk tombol CastTautkan dengan kode TV (kebetulan ponsel saya menggunakan setelan bahasa Indonesia).
    Tautkan dengan kode TV
  2. Masukkan sebaris kode di langkah 5 tadi dan tekan tombol Tautkan. Beres sudah sob, kini Anda bisa mengendalikan video YouTube di PC dengan ponsel Android (ditandai dengan aktifnya ikon TV/cast di sebelah ikon lonceng pada aplikasi YouTube Android). Bila belum terhubung, ketuk ikon TV/cast tersebut lalu pilih "YouTube on TV".
    Masukkan kode TV

Seperti yang tampak pada gambar pertama dan terakhir artikel ini, video yang Anda pilih dan putar melalui aplikasi YouTube di ponsel Android akan langsung ditampilkan ke layar PC (tekan F11 untuk fullscreen).

Meja Ini - Gigi

Tombol-tombol navigasi video (seperti play, pause, next, dsb.) yang tersedia di aplikasi tersebut akan berfungsi sebagai remote control pada antarmuka YouTube TV di PC. OK, tunggu apalagi sob? Selamat mencoba, selamat menonton 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×