18 November 2017

Cara Upload Instagram Stories via Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Ditulis oleh pada 18.11.17
Saat ini aplikasi Instagram memang belum memiliki versi lite. Walau demikian kita bisa mengakses Instagram yang lebih ringan melalui mobile webnya (www.instagram.com). Menariknya, Instagram sudah melengkapi situs webnya dengan fitur upload foto. Tak hanya foto biasa, foto Stories pun sudah bisa kita upload melalui laman web Instagram versi mobile itu.

Upload Instagram Stories via Laptop

Sayangnya fitur tersebut belum tersedia saat kita mengakses laman web Instagram melalui laptop atau PC. Kan kita bisa membuka versi mobile IG melalui PC? Benar sekali sob. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, kita bisa membuka versi mobile dari web Instagram melalui browser laptop atau PC.

Nah, setelah itu kita bakalan bisa mengunggah foto Instagram Stories lewat laptop, PC, atau pun komputer tanpa emulator, tanpa aplikasi Instagram. Penasaran? Mari lanjut bacanya sob.


Upload Foto Instagram Stories lewat Laptop atau PC


  1. Sebelumnya pastikan Anda sudah punya akun Instagram. Bila belum, silakan daftar dulu melalui aplikasinya.

  2. Buka laman www.instagram.com via browser favorit Anda (untuk tips ini saya menggunakan Google Chrome) lalu login.

  3. Klik kanan di laman tersebut lalu klik "Inspect" untuk membuka jendela "Developer Tools" (atau tekan Ctrl + Shift + I).

    Kucing 9gag


  4. Klik ikon "Toggle device toolbar" (atau tekan Ctrl + Shift + M) untuk membuka laman web Instagram versi mobile.

    Developer Tools


  5. Nah, tombol upload Stories (dengan ikon kamera) akan muncul di kiri atas laman. Bila belum muncul, reload laman tersebut.

    Tombol upload IG Stories versi web


  6. Klik tombol tersebut untuk mulai mengunggah foto Instagram Stories dari PC atau laptop Anda. Selanjutnya akan muncul jendela file explorer.

  7. Bila jendela tersebut tidak kunjung muncul dan keluar pesan "Rotate your device to add to your story", segera angkat dan putar laptop atau monitor Anda 90 derajat.

  8. Bercanda sob 😃, cukup ubah "Responsive" menjadi device yang orientasinya portrait secara default (dalam hal ini saya pilih Galaxy Note 3), reload laman tersebut, kemudian coba klik lagi tombol uploadnya (cek screenshot langkah 5 biar lebih jelas).

  9. Sudah muncul kan jendelanya? Silakan pilih foto yang diinginkan. Kalau video? Saat ini belum bisa sob.

    Jendela file explorer


  10. Sebelum diupload, Anda bisa membubuhkan teks warna-warni pada foto IG Stories Anda. Bila diinginkan, foto (beserta teksnya) bisa diunduh lewat tombol yang tersedia.

    Teks warna-warni pada foto IG Stories


  11. Kalau sudah beres silakan klik "Add to your story" untuk mengunggah cerita Instagram Anda.

    Add to your story

Kenapa ya Instagram tidak melengkapi laman webnya dengan fitur yang sama dengan aplikasinya, filter dan sticker misalnya? Ada beberapa kemungkinan sob. Pertama mungkin karena memang belum waktunya (masih dalam proses), kedua karena memang disengaja. Maksudnya? Ya memang dibuat seperti itu (tidak lengkap) agar pengguna seperti kita tidak lari dari aplikasi Instagram.

Lebih lanjut, laman web Instagram sebenarnya adalah alternatif ringan dari aplikasi Instagram. Sebagai sebuah alternatif, tentu ada pembeda di antara keduanya (karena memang bukan subtitusi). Nah, kemunculan fitur upload foto stories di laman web Instagram bisa jadi sebuah pertanda sob, bahwa aplikasi Instagram Lite tidak lama lagi akan dirilis. Beneran begitu? Tebak-tebak buah manggis aja sih 😀 Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×