14 September 2016

Fitur Baru WhatsApp: Tambah Sticker dan Corat-coret Foto serta Video

Berbeda dengan fitur mention yang saat ini masih disembunyikan secara default (UPDATE 20/09/2016: Sudah dirilis sob), belum lama ini WhatsApp mengungkap fitur terbaru yang berguna untuk mengedit foto. Iya, bisa dibilang mirip foto editor milik Instagram Stories.

Kirim sticker foto WhatsApp

Kok bisa mirip? Meski beda pengembang, perlu diingat bahwa WhatsApp dan Instagram adalah media sosial yang bernaung di bawah Facebook, jadi ya wajar kalau fiturnya tak jauh berbeda sob. Melalui fitur terbaru WhatsApp tersebut, kita bisa menambahkan sticker, teks, emoji, dan juga coretan-coretan tangan pada foto yang akan kita bagikan.

Uniknya, WhatsApp menggunakan emoji dari Twitter sebagai sticker yang bisa ditambahkan pada foto yang sedang kita edit (padahal WA pakai emoji dari Apple di laman chat). Kenapa ga pakai emoji dari Facebook atau Google ya? Mungkin karena emoji Twitter bersifat open source sob. Meski begitu kita masih bisa menambahkan emoji dari Google di foto WhatsApp menggunakan Google Keyboard (seperti emoji yang saya tambahkan setelah kata "Memudahkan" pada screenshot di bawah).

Ok, lalu bagaimana cara menambahkan sticker, teks, emoji, dan juga coretan-coretan tangan di foto WhatsApp? Ikuti langkah mudah berikut.

  1. Unduh atau update WhatsApp ke versi 2.16.264 beta atau yang lebih baru.

  2. Buka laman chat, ketuk ikon kamera untuk mengambil foto secara langsung dengan kamera WhatsApp atau ambil dari galeri. Dalam konteks ini saya memilih foto ikan paus terbang dari galeri sebagai percobaan. UPDATE 15/09/2016: Selain foto, video juga bisa diedit mulai WhatsApp versi 2.16.269 beta.

    Bagi foto dari galeri ke WhatsApp

  3. Setelah itu, kita akan dibawa pada laman editor foto WhatsApp. Di sana kita bisa menemukan tiga ikon baru di samping ikon crop, yaitu ikon emoji (sticker), teks, dan pena (untuk corat-coret).

    sticker, teks, emoji, dan juga coretan-coretan tangan pada foto WhatsApp

  4. Setelah menerapkan editan dari ikon-ikon tersebut, akan muncul tombol 'undo' untuk membatalkan atau menghapus objek yang telah ditambahkan.

    Menghapus sticker WhatsApp

  5. Selain itu, kita juga bisa menghapus sticker dan teks (kecuali coretan) dengan menyeretnya ke ikon tempat sampah yang terletak di pojok kiri atas layar.

  6. Setelah puas edit sana coret sini, kita bisa mengirimkan foto (atau video) tersebut ke teman atau grup WhatsApp.

Sampai artikel ini diketik, editor foto terbaru WhatApp tersebut tidak muncul ketika kita menambahkan foto dan video dari tombol attactment, jadi sementara lewat ikon kamera saja sob (yang terletak di sebelah ikon mic). Sebagai tambahan, selain warna, ukuran pena untuk corat-coret di WhatsApp juga bisa diganti sob, langsung saja seret jari ke arah kiri layar setelah memilih warna. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×