20 September 2016

Cara Mention Teman di Group WhatsApp Android

Setelah beberapa bulan yang lalu merilis fitur quote, kini WhatsApp sedang bersiap meluncurkan fitur anyar lagi sob, yaitu mention. Apa itu mention? Secara umum, mention bisa dimaknai dengan "menyebut seseorang". Iya, tidak lama lagi kita bisa menyebut nama seseorang di WhatsApp seperti halnya di Facebook atau Twitter.

Cara Mention di WhatsApp

Sekilas, fitur mention WhatsApp terlihat tidak jauh beda dengan fitur quote. Pasalnya, saat mengutip suatu pesan, otomatis kita juga menyebut nama pemilik pesan. Meski demikian, fitur mention bisa lebih berguna bila kita ingin membalas pesan tanpa perlu mengutipnya terlebih dahulu.

Selain itu, pesan yang kita kirim di group WhatsApp dipastikan akan lebih tepat sasaran bila kita menyebutkan nama seseorang (atau beberapa orang) di dalamnya (mengurangi efek gr dan baper berjamaah). Lalu bagaimana caranya?

quote dan mention


Cara mention teman di WhatsApp bisa dilakukan dengan mengetik "@" diikuti nama orang/username yang ingin disebut (tinggal dipilih, ketik huruf awal namanya bila perlu, cek screenshot pertama). Untuk membedakan dengan isi pesan, warna teks dari username yang disebut akan berubah menjadi biru (dan menjadi link ke laman profilnya, lihat screenshot kedua dan ketiga).

Uniknya, fitur mention WhatsApp tersebut juga bisa difungsikan untuk melakukan 'ping' pada teman-teman kita di grup. Jadi meskipun notifikasi grup dimatikan (mute), mereka akan tetap mendapatkan notifikasi bila dimention.

WhatsApp mention


Ketika artikel ini diketik, fitur WhatsApp mention masih bersifat eksperimental dan belum tersedia untuk umum sob, namun kabarnya tidak lama lagi bakal dirilis di WhatsApp versi beta. Pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya :)

UPDATE 20/09/2016: Fitur mention WhatsApp kini sudah bisa digunakan mulai versi 2.16.272 beta. Untuk mengunduh WA versi beta, silakan cek artikel ini: Mencoba Aplikasi Android Versi Beta.


Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 06/08/2016 dan terakhir diperbarui pada 20/09/2016.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×