13 September 2016

Pixel Launcher: Aplikasi Launcher dari Android 7.1 Nougat [Google Pixel]

Berdasarkan kabar yang beredar, perangkat Android flagship dari Google akan telah berganti nama dari Nexus ke Pixel. Mengapa bisa begitu? Rumornya hanya sekedar strategi marketing sob, namun tentu saja ada banyak alasan dibalik langkah rebrand yang ditempuh oleh Google tersebut.

Pixel Launcher Terbaru

Seiring pergantian nama itu, aplikasi launcher default untuk Android Nexus juga memperoleh nama baru. Iya, aplikasi launcher Android yang dulu dilabeli Google Now Launcher tersebut kini berubah menjadi Pixel Launcher.

Sebelumnya, mungkin Anda pernah membaca (atau mencoba) Nexus Launcher yang sempat bocor beberapa waktu lalu. Nah, itu sob; Pixel Launcher adalah versi terbaru dari Nexus Launcher yang kemungkinan akan menjadi aplikasi "peluncur" bawaan untuk ponsel Google Pixel dan Pixel XL.

Apakah Pixel Launcher hanya eksklusif untuk ponsel seri Pixel dengan Android Nougat? Kabarnya memang demikian, tapi tenang, kita juga bisa memasang Pixel Launcher di Android Lollipop atau Marshmallow. Bagaimana cara install Pixel Launcher di Android Lollipop atau yang lebih baru? Semudah pasang aplikasi lainnya sob, yang kita butuhkan adalah file Pixel Launcher APK dan Wallpaper picker APK.

UPDATE 20/10/2016: Aplikasi Pixel Launcher kini sudah tersedia di Play Store. Sayangnya, saat ini hanya pengguna ponsel Google Pixel yang diperbolehkan untuk mengunduhnya. Walau demikian, APK Pixel Launcher dapat diunduh melalui situs penyedia APK favorit Anda (cek link di paragraf sebelumnya). Khusus Google Wallpaper sekarang bisa langsung diunduh via Play Store (Jelly Bean ke atas).

Setelah selesai diunduh, silakan pasang kedua file APK tersebut seperti biasa kemudian ubah aplikasi Home atau launcher default Android Anda menjadi Pixel Launcher. Beres sudah. Inilah penampakannya.

Download Pixel Launcher APK Terbaru

Sekilas tampilan Pixel Launcher tidak jauh beda dengan Google Now Launcher, hanya saja Ikon app drawer yang biasanya berada di tengah bawah layar kini absen sob. Sebagai gantinya, terdapat ikon panah ke atas yang berguna untuk mengakses app drawer (diketuk, ditekan lama, atau diusap ke atas).

Widget Google Search juga mendapat tampilan baru di Pixel Launcher (lebih pendek dan nempel di kiri atas layar). Bila kita memasang Pixel Launcher APK langsung ke folder /system, melakukan swipe ke arah kanan akan membuka laman Google Now.

Satu lagi yang menarik sob. Ikon aplikasi Google Calendar di Pixel Launcher sekarang bisa menampilkan tanggal saat ini (beda dengan Google Now Launcher yang selalu menampilkan angka 31), cek screenshot di atas biar lebih jelas. Ok, sementara itu dulu sob bahasan kita mengenai Pixel Launcher kali ini. Bila Anda menemukan hal baru lainnya, jangan ragu untuk berbagi di sini. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×