01 Juli 2016

Mencoba Aplikasi Android Versi Beta dan Aplikasi yang Belum Dirilis via Play Store

Di beberapa artikel Memudahkan yang membahas WhatsApp, seringkali saya mengetengahkan fitur-fitur baru WhatsApp untuk Android yang belum dirilis, seperti fitur format teks, video call, serta quote. Dari situ, timbul pertanyaan di benak beberapa Sobat setia Memudahkan, bagaimana cara mencoba fitur-fitur yang belum dirilis tersebut?

beta testing dan early access

Gampang sekali sob, bila dibaca dengan seksama, sudah ada keterangan di artikel yang menyatakan bahwa fitur tersebut bisa dicoba dengan memasang aplikasi WhatsApp versi beta. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara pasang WhatsApp versi beta (dan aplikasi versi beta lainnya) melalui Google Play Store?

Itu juga tidak sulit sob, cukup kunjungi link beta tester ini untuk memasang versi beta dari WhatsApp dan ikuti petunjuk yang tersedia. Alternatifnya, aplikasi Google Play Store terbaru sekarang sudah dilengkapi dengan fitur beta testing dan early access, yang bisa digunakan untuk mencoba aplikasi versi beta dan juga aplikasi yang belum dirilis (masih dikembangkan sebelum dirilis ke publik). Bagaimana cara menjadi beta tester dan mencoba versi beta dari suatu aplikasi?

Begini cara menjadi beta tester di Play Store sob.
  1. Buka salah satu laman aplikasi di Play Store yang menawarkan beta testing, misalnya WhatsApp atau Nova Launcher (karena saya sudah menjadi beta tester WhatsApp, yang menjadi contoh di sini adalah Nova Launcher).

  2. Gulir ke bawah dan temukan "Become a beta tester" dan ketuk tombol 'I'M IN' lalu 'Join' untuk menjadi beta tester.

    Become a beta tester

  3. Tunggu beberapa saat (menit), refresh (tutup kemudian buka lagi) laman Play Store bila perlu. Apabila muncul tulisan "You're beta tester for this app. Awesome!", silakan pasang update versi beta terbaru dari Nova Launcher untuk mencoba fitur-fitur barunya.

  4. Bila Anda berubah pikiran dan ingin berhenti menjadi beta tester silakan simak langkah 2 lalu tekan tombol 'LEAVE'.

Selain beta testing, beberapa developer juga memberikan kesempatan kepada kita untuk mencoba aplikasi dan game Android yang belum dirilis melalui fitur yang disebut early access. Bagaimana cara mengakses early access? Simak langkah mudah berikut.
  1. Buka laman utama aplikasi Play Store.

  2. Temukan dan pilih tombol 'EARLY ACCESS'.

    early access

  3. Di sana Anda bisa menemukan daftar aplikasi Android yang belum dirilis (Unreleased Apps) dan daftar game Android yang masih dalam tahap pengembangan (Games in Development).

  4. Pilih aplikasi atau game yang ingin Anda coba dan install seperti biasa.

Untuk memudahkan kita memantau aplikasi beta testing dan aplikasi early access, silakan tuju 'My apps & games' dan pilih tab 'BETA'. Nah, di sana semua aplikasi/game beta dan early access yang kita pasang dikumpulkan menjadi satu sob.

beta tab play store


Ok, buat Anda yang selalu ingin up to date, penasaran dengan fitur atau aplikasi Android baru yang belum dirilis ke publik, fitur beta testing dan early access Play Store sangatlah layak untuk dicoba. Meski demikian, karena statusnya yang masih beta, aplikasi/game tersebut dipastikan masih mengandung bug dan kurang stabil bila dibandingkan dengan versi finalnya, brace yourselves dan selamat mencoba 😊

NB: Fitur beta testing dan early access Play Store merupakan update yang dilakukan dari sisi server dan diluncurkan secara bertahap. Buat yang belum kebagian harap bersabar.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×