01 Februari 2017

Cara Menghubungkan Stick Bluetooth ke Android Tanpa Aplikasi

Pada artikel-artikel sebelumnya, Memudahkan sudah mengulas tentang cara menyambungkan stick PS3 ke Android dengan maupun tanpa root; pakai kabel ataupun secara wireless (bluetooth).

Cara Pairing Stick Bluetooth ke Android

Walau beragam, cara-cara tersebut masih membutuhkan aplikasi tambahan, yaitu Sixaxis Controller dan Sixaxis Enabler. Masalahnya, tidak semua ponsel atau tablet Android kompatibel dengan kedua aplikasi  tadi (terutama Android yang belum memiliki fitur USB OTG dan Android versi lama).

Sebagai solusi, kali ini Memudahkan akan membahas cara menghubungkan stick Bluetooth ke Android tanpa aplikasi, tanpa root, dan tanpa stick PS3. Loh, lalu pakai stick apaan, min? Bisa pakai stick bluetooth apa saja sob, asal setia jangan yang KW.

Di pasaran (online atau offline), kita bisa memilih berbagai bentuk, ukuran, merk, dan tipe stick atau gamepad bluetooth yang khusus didesain untuk perangkat Android. Misalnya stick bikinan Xiaomi atau Samsung, gamepad Android dari Ipega, beberapa model controller besutan Moga, dan juga joystick retro dari 8Bitdo.

Cara pairingnya sangat mudah sob, cukup hidupkan bluetooth di Android, lalu tekan tombol power gamepad (untuk Ipega tekan tombol 'X + Home'), kemudian lakukan pairing seperti perangkat bluetooth pada umumnya. Beres dah.

Sebagai contoh, cek cara menghubungkan gamepad Xiaomi ke Android berikut ini (untuk gamepad lainnya cara pairnya kurang lebih sama), atau langsung tonton video di bawahnya.

  1. Siapkan gamepad Xiaomi Anda. Mengenai harga dan info lainnya bisa dicek di sini:


  2. Pastikan bluetooth ponsel Android Anda telah menyala dan diset visible (bisa dideteksi oleh perangkat bluetooth lain).

  3. Saat pertama kali pairing, tekan lama tombol MI yang terletak di tengah gamepad Xiaomi sampai led-nya berkedip-kedip cepat.

    Xiaomi Gamepad


  4. Tekan 'Pair' saat request dari gamepad Xiaomi muncul di layar Android (nama gamepadnya pakai teks tiongkok, bisa di-rename setelah terhubung).

    Pair gamepad di Redmi


  5. Beberapa saat kemudian, gamepad Xiaomi akan bergetar sebentar dan led-nya menyala tanpa kedip sebagai penanda proses pairing telah berhasil.

  6. Sebagai permulaan, mainkan game yang sudah support gamepad (seperti Ashalt 8, Riptide GP, dsb.) dengan stick Xiaomi Anda.

  7. Untuk mematikan gamepad Xiaomi, tekan lama tombol MI sampai lampunya padam. Selain itu, gamepad Xiaomi akan otomatis mati setelah beberapa menit tidak digunakan (tidak ditekan tombolnya).

  8. Setelah gamepad Xiaomi dan Android saling kenal (sudah pernah terhubung), cukup tekan tombol MI sebentar saja (tidak perlu lama-lama) untuk menghubungkannya kembali ke Android di lain waktu.

  9. Untuk menghubungkan Xiaomi gamepad ke Android lain, ulangi langkah 1- 5 di atas.

Sebagai alternatif dari cara di atas, silakan simak video tutorial dari channel YouTube Memudahkan berikut ini sob.


Iya, gitu aja sob, tidak perlu root dan aplikasi tambahan untuk sekedar bermain game Android pakai gamepad bluetooth. Cara mapping-nya gimana min? Khusus game-game yang sudah support gamepad, key mapping tidak perlu dilakukan sob, sudah otomatis dan tinggal main (termasuk game emulator seperti PPSSPP). Untuk game yang tidak mendukung penggunaan stick eksternal, mau tak mau kita harus memasang aplikasi tambahan seperti Tincore Keymapper (butuh root).

Oke, buat Anda yang pernah mencoba memasangkan stick PS3 ke Android dan gagal karena aplikasinya tidak cocok, gunakan saja salah satu (atau semua juga boleh) gamepad bluetooth yang sudah disebut di atas. Berhasil tidaknya kita takkan pernah benar-benar tahu sebelum mencoba. Sip, semoga bermanfaat dan selamat bermain 😊🎮

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 31/05/2016 dan terakhir diperbarui pada 01/02/2017 dengan penambahan video.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×