12 Maret 2018

Main Mobile Legends Pakai Stick Bluetooth TANPA Root

Ditulis oleh pada 12.3.18
Mapping tombol stick bluetooth di Android biasanya hanya bisa dilakukan pada ponsel yang sudah memiliki akses root. Benar sob, seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, kita bisa menggunakan aplikasi Tincore Keymapper atau Sixaxis Controller untuk keperluan tersebut.

Main Mobile Legends dengan Stick Xiaomi TANPA Root

Kabar baiknya, belum lama ini developer dari Phoenix OS merilis aplikasi yang bernama Octopus. Apa itu Octopus? Singkatnya, Octopus adalah aplikasi Android yang berguna untuk memetakan tombol gamepad ke tombol virtual di layar Android tanpa perlu akses root. Jadi kita bisa main game Android pakai stick atau gamepad meski game tersebut belum mendukung penggunaan gamepad.

Misalnya saja game Mobile Legends (MOL). Sampai artikel ini diketik, game moba buatan Moonton tersebut hanya bisa dimainkan dengan layar sentuh. Meski begitu, dengan memanfaatkan aplikasi Octopus kita bisa main Mobile Legends pakai stick bluetooth walau Android kita belum di-root. Bagaimana caranya?

Cara Main Mobile Legends dengan Stick Bluetooth TANPA Root

  1. Silakan download aplikasi Octopus (khusus Android 4.4 KitKat ke atas). Tenang, Octopus bisa diunduh secara gratis sob.
  2. Siapkan stick bluetooth Anda, boleh merk apa saja (untuk tutorial ini saya menggunakan Xiaomi Gamepad).
  3. Kemudian simak video Memudahkan berikut ini (jangan lupa like, share, dan subscribe ya sob 😀):



Mapping tombol pada video di atas hanyalah contoh saja ya sob. Bila mapping tersebut dirasa kurang pas dengan keinginan Anda, silakan atur peletakkan tombolnya sesuai selera, atau bila ada tombol yang belum terpetakan, langsung tambahkan saja dengan cara yang sama.

Untuk saat ini, Octopus belum mendukung penautan akun Mobile Legends via Google Play Games, namun login menggunakan akun Moonton masih memungkinkan sob. Nah, agar bisa main pakai akun lama, silakan tautkan terlebih dahulu akun Mobile Legends lama Anda (jalankan di luar Octopus) dengan akun Moonton (bila belum). Kemudian mainkan Mobile Legends via Octopus sampai level 8, dan tautkan akun Moonton lama Anda, beres sudah sob.

Senada dengan Play Games, banyak pemain MOL yang gagal login Facebook saat pakai Octopus, padahal saya coba bisa lho masuk Facebook via Octopus (FYI, saya tidak memasang aplikasi Facebook pada ponsel yang saya gunakan untuk main MOL. Apa mungkin itu penyebabnya? Kurang tahu juga sob). Ya semoga saja bug tersebut segera ditangani oleh developer Octopus sob (banyak yang sudah lapor via Play Store soalnya).

Lalu bagaimana dengan game-game lainnya macam PUBG Mobile, Arena of Valor, Free Fire, atau Rules Of Survival? Apakah bisa dimainkan pakai stick via Octopus? Bisa banget, caranya hampir serupa dengan cara mapping stick Mobile Legends yang tadi sudah kita bahas, namun dengan beberapa penyesuaian khusus. Pantau terus Memudahkan untuk update selanjutnya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×