11 Juni 2015

Mengubah Tampilan YouTube Player Menjadi Transparan [New UI]

Kira-kira sudah sebulan lebih tampilan terbaru dari YouTube player versi web diperkenalkan. Kendati demikian, belum semua pengguna YouTube mendapatkan tampilan baru tersebut, maklum masih dalam tahap pengetesan. Bisa dibilang antarmuka YouTube baru ini merupakan perombakan besar dari tampilan sebelumnya. Cek screenshot berikut.

Tampilan baru YouTube
YouTube player versi baru

Iya, tombol-tombol player YouTube versi web sekarang berwarna putih dengan latar belakang transparan (versi lawas tombolnya abu-abu dengan layar belakang hitam). Posisinya juga berubah, bila dulu berada tepat di bawah video (selalu muncul), kini bilah yang berisi tombol play, volume, dkk tersebut menyatu dengan video (dan muncul saat kita mengarahkan kursor mouse ke video/pada awal video diputar/saat pause/stop). Bandingkan dengan tampilan lawas YouTube ini.

Tampilan lama
YouTube player versi lama

Bagaimana sob, lebih cakep yang baru kan? :D Kesannya lebih modern dan kekinian. Selain transparan, animasi tombol YouTube juga diperbarui, lebih tepatnya ditambah, misalnya animasi tombol play/pause, setting dsb. Ada lagi sob, ketika video selesai diputar, kemunculan suggested video kini terkesan lebih halus animasinya, plus animasi baru saat kita mengarahkan mouse ke petak-petak video tersebut, lebih keren dari YouTube player versi lama.

Bagaimana cara mengubah tampilan YouTube menjadi transparan? Ok, sekarang giliran Anda untuk mencoba tampilan baru YouTube player. Caranya cukup mudah, tak pelu edit-edit kode atau ubah cookie. Cukup kunjungi laman TestTube, gulir ke bawah, lalu klik tombol Get the player, beres!

mencoba tampilan baru YouTube Player

Selanjutnya, buka dan putar video YouTube yang Anda suka, lalu cek tombol-tombolnya, animasinya, dan sebagainya, serta rasakan pengalaman baru nonton video YouTube (halah).

Beda kepala beda selera, terkadang atau sering, tidak semua perubahan bisa diterima dengan baik oleh semua orang. Bila Anda kurang suka dengan tampilan transparan baru dari YouTube, silakan balik lagi ke laman TestTube, lalu klik tombol Restore original player, dan tampilan lama YouTube dengan latar belakang hitam akan kembali ke tempatnya semula. Selamat mencoba :)

UPDATE 04/08/2015: YouTube player transparan sudah dirilis secara global sob. Jadi mulai hari ini Anda bisa menikmati tampilan baru YouTube tanpa harus repot mengubah setting pada laman TestTube.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×