19 Oktober 2015

Cara Setting Sixaxis Controller untuk Semua Game Android [Stick PS3 & PS4]

Tidak semua game Android yang beredar di Play Store bisa dimainkan dengan menggunakan gamepad atau stick PlayStation (PS3 atau PS4). Kebanyakan dari game tersebut memang hanya dibuat untuk dimainkan melalui layar sentuh.

Setting Sixaxis Controller Android

Untungnya, aplikasi Sixaxis Controller telah dilengkapi fitur yang berguna untuk memetakan tombol-tombol di stick PlayStation ke layar sentuh Android (istilahnya key mapping). Jadi game yang semua tidak mendukung penggunaan gamepad bisa disulap menjadi game yang gamepad ready.


Meski di judul saya sebutkan "semua game Android", bukan berarti semua game Android nyaman dimainkan dengan stick PS3 atau PS4 sob. Pada artikel ini, saya memilih 3 game yang diharapkan bisa mewakili semua game Android yang bisa dimainkan menggunakan stick PS dengan nyaman.

TIPS: Agar tidak bentrok dengan pengaturan awal untuk game yang sudah mendukung native gamepad, matikan opsi Enable Gamepad melalui menu > Preferences > Gamepad Settings. Hidupkan kembali opsi tersebut bila Anda bermaksud memainkan game yang sudah support gamepad.


Cara Mapping Stick PS3 untuk Need for Speed: Most Wanted


Game pertama adalah Need for Speed: Most Wanted. Permainan balap mobil garapan EA tersebut sebenarnya sudah mendukung penggunaan Moga Controller, namun sayangnya dukungan untuk native gamepad (seperti Ipega atau stick PS yang diatur sebagai native gamepad) tidak tersedia.

Oleh karena itu, kita harus melakukan mapping tombol stick PS3 atau PS4 secara manual menggunakan aplikasi Sixaxis Controller. Mari kita mulai.

Jalankan NFSMW, masuk ke Option > Controls > lalu pilih Touch and Drag to Steer.

Mainkan salah satu event balapan dan ambil screenshot-nya.

Buka aplikasi Sixaxis Controller. Tuju Menu > Preferences > Touch Emulation > Edit Touch Profiles. Untuk versi baru masuk ke Settings > Touch Emulation > Edit Touch Profiles.

Ketuk dua kali untuk membuka menu. Pilih Change Background, lalu pilih screenshot dari game NFSMW tadi. Bila backgroundnya terbalik, buka menu > Edit Background.

Ketuk dua kali


Buka menu lagi, pilih Add Button, kemudian pilih dan atur posisi tombol sesuai dengan contoh berikut (klik gambar agar lebih jelas).

Need for Speed: Most Wanted


Untuk mengatur arah mobil, tempatkan ANALOG_LEFT di kiri layar (perbesar ukurannya agar lebih mudah saat berbelok).

Sebagai tombol NOS, tambahkan dan pilih tombol CROSS. Ketuk dua kali tombol tersebut dan pilih Button Properties lalu ubah Touch Mode dari Normal menjadi Swipe Up.

Swipe Up

R1 berfungsi sebagai tombol drift dan L1 merupakan tombol brake atau rem.

Buka menu > Save Profile > namai profilnya sesuai nama game agar mudah dicari (nfsmw misalnya).

Kembali ke laman awal Sixaxis Controller, ubah Active Touch Profile dari None menjadi nfsmw (atau nama lain yang Anda pilih).

Active Touch Profile

Sambungkan stick PS3 ke Android, jalankan gamenya dan selamat bermain :)


Cara Mapping Stick PS3 untuk BIMA-X


BIMA-X adalah game pertarungan Android yang saat ini sedang naik daun. Iya, seperti yang kita tahu, game pertarungan sangatlah cocok dimainkan pakai stick. Sayangnya, sampai artikel ini diketik, game buatan Bandai Namco tersebut belum menyematkan dukungan native gamepad. Tapi tenang sob, mapping manual masih bisa dilakukan.

Sebagian besar caranya sama sob dengan cara mapping game balap di atas. Langsung ambil screenshot, lalu atur tombolnya sesuai gambar ini (klik gambar agar lebih jelas).

BIMA-X

Atur lingkaran dalam ANALOG_LEFT hingga memenuhi tombol d-pad agar semua arahnya berfungsi. Untuk tombol lainnya silakan atur sesuai selera atau sesuai gambar di atas. Dijamin sob, setelah menggunakan stick atau gamepad, melancarkan jurus-jurus Satria Garuda BIMA-X jadi semakin mudah, cepat, dan presisi.


Cara Mapping Stick PS3 untuk Subway Surfers


Ingin memperoleh skor tinggi di game Subway Surfers? Pakai stick PlayStation saja sob :D. Menurut saya pribadi, main game Subway Surfers menggunakan stick jauh lebih mudah daripada pakai layar sentuh (karena tinggal tekan tombol, tak perlu repot-repot swipe layar).

Setting Sixaxis Controller untuk Subway Surfers juga tak jauh beda dengan dua game sebelumnya. Langsung saja tempatkan tombolnya sesuai gambar berikut.

Subway Surfers


Pada contoh di atas, saya sengaja menggunakan tombol segitiga (TRIANGLE) untuk loncat dan tombol silang (CROSS) untuk berguling/menunduk. Untuk arah kanan kiri tetap menggunakan tombol RIGHT dan LEFT. Jangan lupa untuk mengubah Touch Mode keempat tombol tersebut menjadi mode swipe (Swipe Up untuk loncat, Swipe Right untuk arah kanan, dan seterusnya). Untuk hoverboard, saya memilih tombol kotak atau SQUARE (tekan tombol kotak dua kali untuk mengeluarkan hoverboard saat main game).


Agar saat game dijalankan Touch Profile-nya juga otomatis dimuat, kita bisa membuat Aplication Profile pada tiap-tiap game, jadi tak perlu lagi ganti Active Touch Profile tiap kali ganti game.

Manage Profiles

Masuk lagi ke Preferences > Aplication Profiles > Manage Profiles > Menu > Create Profile. Gunakan nama yang sama dengan Touch Profile tadi.

Edit Profile

Pilih nama profil > Aplication > cari dan pilih game sesuai profilnya. Ubah juga Touch Profile sesuai dengan gamenya. Ulangi langkah tersebut untuk tiap game yang sudah memiliki Touch Profile (sudah diatur mapping-nya).


Nah, begitulah cara setting atau mapping stick PS3 dan PS4 pada aplikasi Sixaxis Controller untuk game Android secara umum (untuk game lainnya silakan dicoba sendiri sob). Bila ada yang belum jelas jangan ragu untuk berkomentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×