13 April 2018

Cara Menghubungkan Stick Bluetooth Dobe TI-465 ke Android

Ditulis oleh pada 13.4.18
Mana yang lebih baik untuk Android, stick USB atau stick bluetooth? Kalau buat saya, jelas stick bluetooth lebih baik daripada stick USB bila digunakan di Android. Mengapa bisa begitu?

Dobe TI-465

Pertama, stick bluetooth tidak butuh kabel alias wireless, kedua, punya baterai sendiri (tidak numpang baterai Android), kemudian bisa terhubung ke ponsel Android yang belum punya fitur USB OTG, tidak repot cari aplikasi atau driver khusus, dsb.

Iya, simpulannya, bluetooth gamepad itu praktis, berbeda sekali dengan stick USB yang menuntut banyak hal agar bisa digunakan di Android (harus bisa OTG, harus pakai driver/aplikasi tertentu, harus beli kabel atau adapter OTG, cape deh...).

Salah satu stick bluetooth yang sering saya gunakan adalah Xiaomi Gamepad (sudah sering saya bahas di blog ini maupun di channel YouTube Memudahkan). Salah duanya adalah Dobe TI-465, yang baru saja saya buat videonya:


Secara harga, Dobe TI-465 lebih ekonomis dibandingkan Xiaomi Gamepad, namun secara fungsi, keduanya tidak jauh berbeda, sama-sama bisa buat main game di Android maupun PC. Buat yang baru pertama kali pakai bluetooth gamepad, video di atas bisa memberikan gambaran tentang bagaimana cara menghubungkan stick bluetooth ke Android dengan benar.


Cara Menghubungkan Stick Dobe TI-465 ke Android


Bila Anda memilih versi teks dan gambar, di bawah ini saya sajikan langkah-langkah menyambungkan Dobe TI-465 ke Android lengkap dengan screenshotnya.
  1. Siapkan ponsel/tablet Android dan stick Dobe TI-465 terlebih dahulu.

  2. Masuk pengaturan bluetooth Android (Settings - Bluetooth) dan aktifkan bluetooth melalui tombol yang tersedia (bila belum menyala secara otomatis).

  3. Selanjutnya hidupkan stick Dobe dengan menekan tahan tombol "X" dan "Home" secara bersamaan sampai lampu LED biru berkedip cepat (penanda stick sedang berada dalam pairing mode).

    Menyandingkan Dobe Android

  4. Cek pengaturan bluetooth, apakah "Dobe Controller" sudah terdeteksi, bila belum ketuk menu (ikon tiga titik di kanan atas layar) - Refresh.

    Pengaturan bluetooth

  5. Ketuk "Dobe Controller" untuk mulai menyandingkan stick dengan Android.

    Dobe Controller

  6. LED biru akan berhenti berkedip dan menyala secara konstan sebagai penanda stick sudah berhasil terhubung ke Android dan siap digunakan untuk main game.

  7. Untuk menghubungkan stick Dobe ke Android yang sama di lain waktu, cukup tekan tahan tombol home sampai LED berkedip pelan.

Selesai main game, ikuti salah satu cara di bawah ini untuk mematikan stick Dobe.
  1. Tekan tahan tombol home di stick.
  2. Matikan bluetooth di Android dan otomatis stick akan mati.
  3. Jika dibiarkan selama 5 menit tanpa menekan tombol apapun, stick akan otomatis mati.

Tips tambahan, Dobe TI-465 bisa digunakan untuk memainkan game Android yang sudah mendukung penggunaan gamepad, seperti Dan The Man, Asphalt 8, Asphalt Xtreme, Real Racing 3, game emulator (PPSSPP, NostalgiaNes, ePSXe, dsb.), Shadowgun Legends, Modern Combat 5, dan lain-lain.

Khusus untuk game yang belum support gamepad, Mobile Legends, AOV, atau PUBGM misalnya, kita bisa menggunakan aplikasi Tincore Keymapper atau Octopus untuk mapping tombol di stick Dobe TI-465.

Nah, buat Anda yang sedang mencari stick bluetooth untuk Android, Dobe TI-465 bisa dijadikan pilihan yang menarik selain Xiaomi Gamepad. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×