09 September 2015

Mengganti Tombol Back Android dengan Aplikasi Swipe Home Button

Apapun aplikasi Android-nya, kita selalu butuh tombol back untuk kembali (ke laman sebelumnya atau keluar dari aplikasi tersebut). Iya, tombol back memang salah satu tombol wajib pada ponsel Android. Sebagai contoh, dalam banyak aplikasi, tombol tersebut merupakan pengganti tombol exit, atau paling tidak menjadi perantaranya, tanpanya, kita bisa terjebak di masa lalu, eh, di suatu laman atau aplikasi. Bila tombol kembali tersebut sudah mulai tidak berfungsi, kita biasanya menggunakan tombol home untuk keluar dari suatu aplikasi, padahal dengan menekan tombol home sama saja dengan memerintahkan aplikasi untuk berjalan di background.

Ganti Tombol Back Android dengan Swipe

Untuk ponsel Android dengan navbar onscreen (tombol back, home, recent jadi satu dengan layar), seperti Nexus dan Android One, kemungkinan mengalami kerusakan tombol back bisa dikatakan sangat kecil. Lain halnya dengan ponsel yang dilengkapi dengan navbar fisik atau kapasitif macam seri Galaxy atau Zenfone, seiring dengan seringnya penggunaan, tombol back dan teman-temannya bisa saja mengalami penurunan sensitivitas atau malah jadi ga sensitif blas :D

Rusaknya tombol back Android sebenarnya bukan masalah baru sob, sudah sering dibahas di blog Memudahkan ini. Salah satunya, saya pernah membahas cara pasang navbar Android Lollipop untuk ponsel yang memiliki tombol fisik atau kapasitif dalam sebuah video singkat. Pada video tersebut, kita harus melakukan swipe dari bawah layar untuk memunculkan navbar, setelah itu barulah kita bisa mengeksekusi tombol yang tersedia (back, home, dan recent), butuh setidaknya dua langkah untuk mengaksesnya, bisa dikatakan kurang cepat sob. Oleh karena itu, untuk Anda yang mengutamakan kecepatan, kali ini kita akan membahas sebuah aplikasi Android pengganti tombol back (dan kawan-kawannya) yang bisa diakses dengan satu langkah saja.

Namanya Swipe Home Button, aplikasi Android yang berguna untuk mengganti fungsi navbar dengan swipe dari bawah layar ke berbagai arah (swipe dalam konteks ini bisa diartikan sebagai 'mengusap'). Secara default, Swipe Home Button menyediakan tiga macam fungsi, yaitu tombol home (swipe ke atas), tombol recent (swipe ke atas lalu kembali ke bawah), dan membuka bar notifikasi (swipe diagonal ke kanan atau kiri). Lebih jelasnya simak video berikut.


Mencari fungsi tombol back? Tenang sob, fungsi tombol back bisa Anda aktifkan melalui pengaturan aplikasi Swipe Home Button (di bagian Binding, memerlukan izin Accessibility). Selain itu, terdapat beberapa fungsi tambahan yang bisa Anda tambahkan sendiri, seperti fungsi untuk melewati track saat memutar musik dan fungsi membuat pintasan untuk aplikasi tertentu.


Nah, dibandingkan dengan aplikasi yang telah dibahas sebelumnya, Swipe Home Button memang relatif lebih cepat sob, karena hanya butuh sekali swipe untuk mengaktifkan fungsi tombol yang ada di navbar Android, jadi tak perlu pilih dan ketuk tombol lagi. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×