03 Februari 2017

Cara Membuat Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]

Desain smartphone saat ini bisa dibilang kurang begitu bervariasi sob, bahkan hampir seragam. Iya, vendor smartphone sepertinya masih bermain di zona aman dan tidak ingin mengambil resiko. Desain mana yang dinilai menarik, sesuai permintaan pasar, dan bisa diproduksi dengan biaya rendah, itulah yang akan dipilih.

Sudut-sudut Membulat pada Layar Android

Meski demikian, ada beberapa vendor yang mencoba untuk melakukan inovasi pada desain smartphone mereka, sebut saja Samsung dengan Galaxy Round-nya atau LG dengan Flex-nya. Keduanya menggunakan layar melengkung (cekung) yang ternyata kurang disambut pasar.

Tak berhenti sampai di situ, dirilislah Samsung Galaxy Note Edge, smartphone pertama dengan layar lengkung di kedua sisinya, yang diteruskan dengan seri Edge lainnya. Nah, desain tersebut ternyata terlihat lebih keren, mewah dan diminati pasar sob.

Yang paling kekinian, Xiaomi menghadirkan desain smartphone dengan layar yang nyaris tanpa bingkai; Mi Mix; ditambah dengan sudut-sudut layar yang membulat (rounded corner secara fisik, bukan efek layar). Bukan hal baru memang, layar tanpa bingkai sebelumnya pernah digunakan pada Sharp Aquos Crystal; ditambah sudut membulat pada smartphone konsep Sharp Corner R.

Masih ada lagi sob, berdasarkan rumor dan bocoran foto yang beredar, LG G6 dan Galaxy S8 kemungkinan juga akan mengusung layar dengan sudut-sudut yang membulat (meski masih berbingkai lebar). Apakah sudut layarnya benar-benar membulat secara fisik atau hanya bingkainya? Masih belum jelas, soalnya belum dirilis. UPDATE 26/02/2017: Iya, LG G6 sudah resmi dirilis dan sudut layarnya memang membulat secara fisik sob 😀

LG G6 rounded corner

Jadi apakah sudut layar bulat akan jadi tren baru dalam desain smartphone? Walau terkesan retro, ada kemungkinan ke arah situ sob. Selain lebih lembut, sudut membulat memberikan tampilan yang unik dibandingkan sudut layar biasa (lancip) yang kesannya kaku.


Cara Membuat Sudut Layar Android Jadi Bulat


Lebih jauh mengenai rounded corner, sekitar dua tahun yang lalu Memudahkan pernah mengulas tentang aplikasi RoundR, sebuah aplikasi Android yang berguna untuk mengubah sudut-sudut tajam layar Android Anda menjadi lebih halus dan membulat (macam tahu bulat 😄).


Sayangnya aplikasi tersebut kini sudah dua tahun lebih tidak mendapatkan update, sehingga tidak bisa lagi melengkungkan sudut layar smartphone Android versi terbaru. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan aplikasi Cornerfly.


Aplikasi Cornerfly untuk Android


Aplikasi Android untuk membulatkan sudut layar tersebut masih terbilang baru sob, namun fungsinya sudah bisa kita andalkan, terutama pada Android versi baru (4.0 ke atas) dengan warna body depan gelap atau hitam (putih juga bisa namun kurang terasa efek membulatnya).

Untuk membuat sudut layar Android membulat dengan Cornerfly, silakan unduh, pasang, lalu jalankan aplikasinya, nyalakan izin Aksesibilitas, dan beres sudah.

Lebih lanjut, Cornerfly menawarkan beberapa pengaturan khusus untuk tiap-tiap aplikasi yang terpasang di smartphone Android. Contohnya, kita bisa mengatur Cornerfly agar tidak membulatkan sudut layar ketika aplikasi YouTube terbuka.

Cornerfly Android

Selain itu, kita juga bisa menemukan fitur-fitur tambahan berikut:

  • slider untuk mengatur seberapa bulat sudut layar sesuai keinginan (khusus Cornerfly Plus), 
  • opsi untuk menghidupmatikan bulatan di status bar/navbar, 
  • pilihan sudut mana saja yang dibulatkan (kanan-kiri; atas-bawah atau semuanya), 
  • serta pengaturan langsung dari notifikasi.


Simpulannya, buat Anda yang menginginkan efek sudut membulat pada layar smartphone Anda saat ini (belum berencana untuk membeli smartphone baru dengan sudut layar yang beneran bulat), aplikasi Cornerfly adalah solusi yang tepat. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×