11 Maret 2018

Tutorial Tincore Keymapper Android dengan Xiaomi Gamepad

Ditulis oleh pada 11.3.18
Umumnya stick bluetooth macam Xiaomi Gamepad hanya bisa digunakan untuk memainkan game Android tertentu saja (yang sudah support gamepad).

Tutorial Tincore Keymapper

Walau begitu, dengan bantuan aplikasi Tincore Keymapper, kita bisa memainkan hampir semua game Android dengan stick Xiaomi, iya, meskipun game tersebut tidak support gamepad (hanya dirancang untuk layar sentuh).

Apa itu Tincore Keymapper? Sesuai namanya, Tincore Keymapper adalah aplikasi Android yang berguna untuk memetakan tombol fisik di stick (gamepad) ke tombol virtual di layar Android. Mirip dengan fitur Touch Emulation di Sixaxis Controller? Benar sekali sob, kurang lebih seperti itu, namun untuk Tincore Keymapper, kita tidak wajib pakai stick PS3 (bisa pakai stick apa saja).

Sepertinya menarik ya? Iya sob, namun sebelum melangkah lebih jauh silakan simak beberapa syarat berikut:
  1. Wajib ROOT. Meski di deskripsi Play Store dinyatakan bahwa Tincore Keymapper bisa digunakan tanpa root, namun pada kenyataanya fitur-fitur utama aplikasi tersebut hanya bisa diakses dengan Android yang sudah root.
  2. Untuk Android 4.4 KitKat ke atas, kita harus mengubah mode SELinux dari enforcing ke permissive. Bisa dengan aplikasi SELinuxModeChanger, Kernel Adiutor, atau Terminal Emulator.
  3. Sampai artikel ini diterbitkan, beberapa pengguna Android Lollipop, Marsmallow, Nougat, maupun yang lebih baru banyak yang melaporkan bahwa Tincore Keymapper tidak bekerja dengan baik pada ponsel mereka. Saya sendiri menggunakan Android KitKat untuk tutorial ini.
  4. Saya tidak menjamin tutorial ini bisa berhasil diaplikasikan pada ponsel atau tablet Anda karena perbedaan versi Android, kernel, dan lain sebagainya. Bila berminat silakan dicoba, kalau ragu sebaiknya jangan 😀 
  5. Download Tincore Keymapper dari Play Store.


Video Tutorial Main Game Android dengan Stick Xiaomi via Tincore Keymapper


Oke, melalui video di bawah ini saya menyajikan tutorial mapping Tincore Keymapper untuk stick bluetooth Xiaomi dengan game Need for Speed: Most Wanted sebagai contohnya.



Apakah Tincore Keymapper hanya berfungsi untuk Xiaomi Gamepad? Tidak sob, hampir semua gamepad bluetooth maupun USB bisa digunakan dengan Tincore Keymapper, termasuk mouse dan juga keyboard.

Selain Need for Speed: Most Wanted, Tincore Keymapper cocok pula diterapkan untuk game lain yang belum mendukung penggunaan gamepad seperti Shadow Fight 2 dan Subway Surfers, videonya bisa disimak pada link yang tertera. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×