04 Oktober 2021

Daftar Game Android yang Support Gamepad atau Joystick

Ditulis oleh pada 4.10.21

Gamepad itu apa? Saat ini saya belum menemukan padanan kata gamepad dalam bahasa Indonesia, sob. Kalau diartikan secara bebas, gamepad adalah perangkat genggam yang memiliki tombol dan tuas untuk mengendalikan video game.

Daftar Game Android yang Support Gamepad

Umumnya, gamepad lebih dikenal dengan nama joystick atau stick saja. Sering dengar istilah stick PS, kan? Nah, kurang lebih seperti itulah yang dimaksud dengan gamepad. Memang gamepad selalu diidentikkan dengan konsol game seperti PlayStation atau Xbox, namun seiring perkembangan teknologi, gamepad kini juga bisa digunakan untuk memainkan game di perangkat Android.

Main game Android kan cukup pakai layar sentuh saja? Benar sob, semua game Android yang beredar di Play Store sudah pasti bisa dimainkan dengan layar sentuh. Meski demikian, ternyata banyak juga game Android yang lebih asyik dimainkan pakai gamepad. Asyik bagaimana?

Sensasinya beda sob, menekan tombol fisik di gamepad > mengetuk tombol virtual di layar sentuh. Selain itu, menggerakkan tuas analog di gamepad > swipe analog di layar sentuh. Buat Anda yang sering main game PS (pakai stick) pasti paham 😁

Selain itu, sejumlah game Android hasil port dari platform lain (termasuk emulator macam PPSSPP atau ePSXe) ternyata sulit dimainkan dengan layar sentuh, mengingat game-game tersebut memang didesain untuk dimainkan dengan tombol dan tuas fisik seperti yang terdapat di gamepad. Lalu bagaimana cara mengetahui suatu game bisa dimainkan pakai gamepad atau tidak?

Inilah Kumpulan Game Android yang Pernah Saya Mainkan Pakai Gamepad

Khusus buat Anda, Sobat Memudahkan semua, saya telah mencoba berbagai game Android untuk mengetahui bisa tidaknya game tersebut dimainkan dengan gamepad dan mendokumentasikannya di YouTube:

Game Sepak Bola Android yang Support Gamepad

Alternatifnya, Anda bisa membaca artikelnya di sini ➡️ Game Android yang Support Gamepad Edisi Sepak Bola, lengkap dengan link download dari masing-masing game yang telah dibahas pada video di atas.

Sebagai tambahan, silakan tonton juga video pendek tentang game Android yang support gamepad berikut ini:

Adakah bagian ke-6 dan seterusnya? Ada, tapi saat ini belum saya publikasikan. Oleh karena itu, silakan subscribe channel YouTube Memudahkan untuk mengetahui update selanjutnya 🙏

Membaca Deskripsi Game di Play Store

Sayangnya saat ini belum ada daftar game Android yang support gamepad di Play Store, sehingga tidak mudah untuk mengetahui bisa tidaknya suatu game dimainkan dengan gamepad. Cara yang biasa saya lakukan adalah membaca deskripsi game tersebut di Play Store. Misalnya saja game Rush Rally 2 dan GTA: Vice City berikut ini.

Rush Rally 2 dan GTA: Vice City

Di sana tertulis bahwa kedua game tersebut support game controller atau gamepad, baik yang wired (USB) atau wireless (bluetooth). Akurat memang, tapi ya gitu, tidak semua pengguna Android rajin baca deskripsi, sob 😅

Melakukan Pencarian dengan Kata Kunci Khusus

Cara lainnya adalah dengan melakukan pencarian di Play Store dengan kata kunci "gamepad supported games", cukup efektif, sob, tapi terkadang game yang tidak bisa dimainkan dengan gamepad pun muncul di hasil pencarian.

Nova Legacy dan Super Mario Run

Misalnya saja game Nova Legacy dan Super Mario Run. Setelah dicoba, keduanya ternyata tidak mendukung penggunaan gamepad 😕

Cek Daftar Game Android yang Support Gamepad di bawah ini

Asphalt 8, Asphalt 9, Riptide GP 2, Riptide GP Renegade, Modern Combat 5, Angry Birds Go, Beach Buggy Racing, GT Racing 2, Real Racing 3, Shadow Fight 3, Shadowgun Legends, dan lain-lain. Loh, cuma segitu 😩?

AppAgg

Tenang, sob, masih banyak kok, karena daftarnya cukup panjang, silakan langsung cek:

  1. Kumpulan game Android gratis dengan dukungan gamepad, dan juga
  2. Daftar game Android premium (berbayar) yang bisa dimainkan pakai stick dari situs web AppAgg.

Kedua daftar tersebut disusun oleh seorang redditor bernama samvest. Masing-masing daftar memuat sekitar 200 game Android yang ramah stick, silakan dipilih yang sekiranya sesuai dengan selera Anda.

Gamepad Games Link

Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan aplikasi Gamepad Games Link. Aplikasi buatan Real Play Studio tersebut menyajikan daftar game Android (baik gratis maupun berbayar) yang bisa dimainkan dengan game controller, lengkap dengan link Play Store nya.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan mencari game apa saja yang support gamepad? Bukan tidak mungkin ke depannya Google akan membuat penanda khusus untuk memudahkan kita mencari game dengan dukungan gamepad di Play Store, kita tunggu saja, sob. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×