04 November 2014

PhotoMath: Aplikasi Smartphone untuk Menyelesaikan Soal Matematika

Pernah merasa kesulitan kala mencoba menyelesaikan soal matematika? Apa, sering? Iya iya, Anda tak sendiri sob, karena memang tak semua orang berjodoh dengan matematika :D

Di era internet ini, era di mana perangkat pintar mulai umum kita gunakan, banyak sekali aplikasi yang bisa memudahkan kita dalam menghadapi masalah yang hadir sehari-hari. Tak terkecuali masalah atau soal matematika.

PhotoMath

Terkadang (atau sering) kita menemui persoalan matematika yang amat rumit, dan soal itu harus kita selesaikan saat itu juga (misalnya, pada suatu malam, saudara Anda yang masih sekolah meminta tolong untuk menyelesaikan PR matematikanya, dan besok pagi dikumpulkan). Masalahnya, Anda tak mengerti sedikitpun mengenai soal matematika tersebut. Parahnya, kalkulator pun sepertinya kurang berguna mengingat Anda (bisa saja) kurang memahami cara pengaplikasian soalnya.

Sekarang, Anda bisa sedikit santai bila berhadapan dengan soal matematika yang (relatif) rumit, karena suatu aplikasi telah hadir untuk memudahkan Anda mengerjakan soal matematika tersebut, ialah PhotoMath.

PhotoMath adalah aplikasi yang bisa memberikan jawaban sekaligus langkah penyelesaian soal matematika dengan memanfaatkan kamera smartphone Anda. Iya, hanya dengan memindai soal matematika yang tercetak di buku atau yang terpampang di layar, Anda bisa mendapatkan jawaban serta langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut. Selengkapnya, simak video berikut.


Tapi tunggu, tidak semua soal matematika bisa diselesaikan dengan PhotoMath. Sampai artikel ini ditulis, PhotoMath hanya bisa dipakai untuk menuntaskan soal aritmatika dasar, pecahan, desimal, pangkat/eksponen, akar, persamaan linier sederhana, dan fungsi seperti log, exp, sin, cos. Lebih lanjut, PhotoMath bisa digunakan untuk soal matematika yang tercetak maupun tulisan tangan. Meski demikian, PhotoMath tidak bisa mengenali soal cerita, serta soal yang berhubungan dengan geometri dan kalkulus.

Mungkin Anda berpikir bahwa PhotoMath bisa saja disalahgunakan, untuk urusan contek-menyontek misalnya. Mungkin juga dengan memakai PhotoMath, otak kita menjadi semakin dimanjakan dan malas berpikir. Tidak bisa dipungkiri memang, kemajuan teknologi yang menawarkan kemudahan seperti PhotoMath ini pasti memiliki dampak positif dan negatif, namun semuanya kembali kepada pemakainya.

Bila dimanfaatkan dengan benar, PhotoMath bisa menjadi pelengkap dalam pembelajaran matematika, terlebih dengan adanya fitur penyesaian langkah demi langkahnya, sehingga pengguna tidak hanya tahu jawaban dari suatu soal matematika, namun juga cara penyelesainnya.

Sampai artikel ini ditulis (dan diterbitkan), PhotoMath bisa diunduh dan digunakan secara gratis di iPhone, iPad, dan Windows Phone. Mana Androidnya? Sabar sob, berdasarkan keterangan resmi di situsnya, PhotoMath untuk Android rencananya akan dirilis pada awal tahun 2015 mendatang.

UPDATE 06/12/2014: Melalui blog resminya, Microblink (pengembang aplikasi PhotoMath) mengajak Anda untuk mencoba PhotoMath versi beta. Untuk Android? Iya, selain iOS dan WP, Anda bisa berpartisipasi dalam beta testing aplikasi PhotoMath untuk Android. Syaratnya, Anda harus memiliki perangkat Android 4.1+ yang dilengkapi dengan kamera autofocus. Tertarik menjadi beta tester PhotoMath untuk Android? Silakan mampir ke laman PhotoMath Beta dan isi formulir yang tersedia.

Download PhotoMath untuk iOS (iPhone, iPad) | Windows Phone (Lumia)


UPDATE 27/02/2015: Setelah sekian lama menyandang status beta dan hanya tersedia untuk para beta tester saja, hari ini PhotoMath untuk Android resmi dirilis di Google Play Store. Silakan download aplikasi PhotoMath untuk Android melalui link yang tersedia pada artikel PhotoMath untuk Android, Aplikasi Penjawab Soal Matematika dengan Kamera.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×