16 Maret 2022

Main Game Android Pakai Stick PS3 Edisi 2022

Ditulis oleh pada 16.3.22

Minat untuk memainkan game Android (baik game native maupun emulator) dengan stick PS3 bisa dibilang menurun, sob. Hal itu saya simpulkan dari data kunjungan blog ini dan juga channel YouTube Memudahkan, yang menunjukkan tren penurunan terutama pada artikel dan video yang membahas stick PS3.

No more PS3 Gamepad on Android

Walau demikian, pertanyaan dari sobat Memudahkan tentang cara menghubungkan stick PS3 ke Android masih tetap ada sampai tahun 2022 ini, baik melalui blog, maupun media sosial Memudahkan lainnya.

Lewat artikel ini, saya akan mencoba menjawab berbagai pertanyaan sobat Memudahkan semuanya dengan satu jawaban singkat saja:

Stop pakai stick PS3 untuk main game Android

Intinya seperti itu, sob. Pakai stick PS3 di Android sekarang sudah tidak relevan lagi. Mengapa begitu? Karena satu-satunya aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan stick PS3 ke Android secara wireless kini sudah tidak dikembangkan lagi.

youtube image

Iya, sejak tahun 2017 yang lalu, aplikasi Sixaxis Controller sudah tak memperoleh update dan bahkan dihapus dari Play Store. Begitu pula dengan Sixaxis Compatibility Checker, meskipun masih ada di Play Store, aplikasi tersebut sekarang sudah berhenti dikembangkan.

Kan masih ada APK-nya? Memang masih ada kalau niat mencari di internet, tapi ya tetap saja itu versi lama yang kompatibilitasnya tidak jelas untuk Android masa kini, serta keamanannya pun patut dipertanyakan.

Selain itu, aplikasi untuk menghubungkan stick PS3 ke Android pakai kabel (tanpa ROOT), Sixaxis Enabler, sudah tidak memperoleh update lagi sejak Januari 2014. Entah karena developernya sudah tidak tertarik untuk mengembangkannya, atau memang aplikasi tersebut sudah tidak layak dikembangkan lagi. Oleh karena itu, kompatibilitas Sixaxis Enabler dengan Android masa kini patut untuk dipertanyakan.

Buat Kalian Penghobi Oprek Android

Dari sudut pandang yang lain, khususnya bagi kalian yang hobi oprek Android dan punya stick PS3 nganggur, mencari aplikasi Sixaxis Controller yang mencoba menjalankannya di Android versi baru (versi 10 ke atas) bisa menjadi tantangan tersendiri.

Soalnya buat yang terlanjur hobi, ke mana pun akan dikejar, sob. Halangan rintangan pasti bakal terlewati, tak peduli apa yang bakal terjadi. Mulai dari mendapatkan akses ROOT di Android, lalu mengubah SELinux menjadi permissive agar Sixaxis Controller bisa berfungsi seperti seharusnya, lalu mencoba menyinkronkan bluetooth stick PS3 (yang masih versi 2.0) dengan bluetooth Android versi terbaru (umumnya versi 5 ke atas). Ribet ya?

Iya, tidak praktis dan belum tentu berhasil 😄

Pakai Stick Khusus Android Saja

Sebagai solusi alternatif, kita bisa menggunakan stick bluetooth yang memang didesain untuk Android. Contohnya gamepad keluaran Dobe, iPega, Xiaomi, dan sejenisnya. Beberapa dari gamepad tersebut sudah pernah dibahas di blog ini dan juga channel YouTube Memudahkan, silakan cek playlist ini, sob.

youtube image

Kenapa gamepad atau stick bluetooth khusus Android? Tentu saja lebih praktis, sob. Tinggal pairing dan langsung bisa digunakan untuk main game di Android. TIdak perlu ROOT dan segala macam keribetan lainnya.

Selain itu, stick khusus Android dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan stick bawaan console macam stick PS4 atau stick Xbox One yang juga bisa dipakai di Android.

Sekarang pilihan di tangan kalian, masih penasaran dengan stick PS3 yang ribet, atau memutuskan untuk meminang stick bluetooth khusus Android yang praktis? Semua tergantung preferensi kalian masing-masing, yang penting hepi 😁

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×