22 April 2019

Cara Menghubungkan Stick Xbox One ke Android via Bluetooth

Ditulis oleh pada 22.4.19

Seperti yang tertulis di judul, yang akan dibahas di artikel ini adalah stick Xbox One yang sudah dilengkapi dengan konektivitas bluetooth. Memangnya ada yang tanpa bluetooth? Ada sob, stick Xbox versi lama hanya dibekali dengan RF wireless, teknologi yang umum digunakan pada mouse atau keyboard nirkabel. Lalu bagaimana cara membedakannya?

Menghubungkan Stick Xbox One ke Android

Perbedaan Stick Xbox One versi lama dan versi baru (bluetooth)

Bedanya terletak pada bagian plastik yang mengelilingi tombol Xbox. Pada stick Xbox One versi lama, tombol (berlogo) Xbox berada di sekeliling plastik yang menyatu dengan tombol bumper depan, sedangkan stick Xbox versi bluetooh, tombol Xbox dikelilingi plastik yang menyatu dengan body stick, cek gambar berikut.

Perbedaan Stick Xbox One

Lebih lanjut, mungkin judul artikel ini terdengar sedikit aneh, buat apa juga main game Android pakai stick Xbox One 😁. Ya disesuaikan dengan kebutuhan saja, sob. Artikel ini bisa dirasa berguna untuk Anda yang memiliki konsol Xbox One dan ingin memainkan game Android dengan sticknya.

Bisa juga buat Anda yang khusus membeli stick Xbox One untuk bermain game di laptop atau PC berbasis Windows, lalu penasaran mengenai bisa tidaknya stick besutan Microsoft tersebut digunakan di Android.

Singkatnya, stick Xbox One bisa digunakan untuk memainkan game Android yang support gamepad. Meski demikian, tidak semua ponsel atau tablet Android bisa dipasangi stick Xbox One. Kenapa demikian? Karena secara resmi stick Xbox One hanya bisa digunakan pada Android Pie atau yang lebih baru.

Tapi tenang, sob. Beberapa tipe ponsel Android Samsung lawas ternyata bisa dipasangkan dengan stick Xbox One, seperti Galaxy S6 series, Galaxy S7 series, dan Galaxy Note 5 (semuanya berbasis Android Lollipop ke atas). Cuma itu saja? Samsung seri S dan Note terbaru kemungkinan besar juga bisa, sob, asal sudah berbasis Android Pie.

Sebagai percobaan, saya mencoba menghubungkan stick Xbox One dengan Pocophone F1 (MIUI 10.3 - Android Pie) dan ternyata berhasil. Penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial memudahkan berikut ini.

Cara Pairing Xbox One Gamepad dengan Android

  1. Pertama nyalakan dulu stick Xbox One dengan menekan tahan tombol (berlogo) Xbox (1) sampai lampunya menyala berkedip pelan. Selanjutnya tekan tahan tombol wireless (2) yang terletak di depan stick (dekat port micro USB) sampai lampu di tombol Xbox berkedip cepat.
    Tombol Xbox One S
  2. Buka laman Setelan Android → Bluetooth → nyalakan bluetooth → Pada bagian "Perangkat yang tersedia" pilih "Xbox Wireless Controller".
    Pairing Xbox One Gamepad dengan Android
  3. Setelah muncul pop up, pilih "Pasangkan". Tak beberapa lama kemudian, lampu di tombol Xbox akan menyala konstan dan muncul status "Terhubung" di bawah tulisan "Xbox Wireless Controller". Beres dah.
    Xbox Wireless Controller
  4. Untuk melepas (mematikan) stick Xbox One dari Android bisa dilakukan dengan beberapa cara. (1) Menekan lama tombol Xbox, (2) mematikan bluetooth di Android, atau (3) biarkan saja selama beberapa waktu hingga stick Xbox mati secara otomatis.

Menghubungkan Stick Xbox One ke Android Setelah Paired

Di lain waktu, untuk menghubungkan stick Xbox Android cukup dilakukan dengan menyalakan stick Xbox dan bluetooth di Android, lalu keduanya akan auto-terhubung. Bagaimana jika kita ingin menghubungkan stick Xbox One ke Android lain? Silakan ulangi tutorial di atas, sob.

Main Game Android dengan stick Xbox One

Game apa saja yang bisa dimainkan dengan stick Xbox One? Semua game Android yang sudah mendukung penggunaan gamepad bisa dimainkan dengan stick Xbox One, termasuk segala jenis emulator yang beredar di Play Store. Selengkapnya bisa dibaca di artikel Daftar Game Android yang Support Joystick.

Xbox One S Bluetooth Controller White

Btw, selain Pocophone F1, saya juga mencoba stick Xbox di beberapa perangkat Android yang berbeda versi, yaitu Mi Box 3 Android Oreo (berhasil), Redmi Note 3 Android Nougat Resurrection Remix - ElementalX (berhasil), Evercoss One X Android Marsmallow (gagal), dan Samsung Galaxy Tab 3 10.1 Android KitKat (gagal).

Intinya, tidak semua perangkat Android bisa terhubung dengan stick Xbox One, pastikan Anda menggunakan Android Pie atau yang lebih baru agar tingkat keberhasilannya semakin tinggi. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×