12 Desember 2022

Menghubungkan Stik PS3 ke Android UPDATE 2023

Ditulis oleh pada 12.12.22

Di artikel sebelumnya, saya menyatakan bahwa aplikasi untuk menyambungkan stik PS3 ke Android sudah tidak (akan) dikembangkan lagi. Ternyata itu salah, sob.

Cara menyambungkan stik PS3 ke Android terbaru

Akhir Oktober 2022 lalu, iseng-iseng saya cek laman aplikasi Sixaxis Enabler di Play Store, dan ternyata ada update. Memang bukan update besar, bisa dikatakan hanya update untuk memenuhi ketentuan dari Play Store.

UPDATE🔥31/01/2023: Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ternyata stik PS3 juga bisa dihubungkan ke Android TANPA APLIKASI dan TANPA ROOT.

Apa yang Baru dari Aplikasi Sixaxis Enabler?

Tanpa pikir panjang langsung saya update aplikasi tersebut ke versi terbaru. Tidak ada perbedaan yang berarti, kecuali pesan "Aplikasi ini dibuat untuk Android versi lama dan mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Coba periksa apakah ada update, atau hubungi developer" yang sudah tak muncul lagi ketika aplikasi pertama dibuka. Oiya, latar aplikasinya kini berubah dari gelap ke terang.

APK Sixaxis Enabler terbaru

Setelah stik PS3 tersambung ke ponsel Android via kabel mini USB dan adapter OTG, lalu tombol stik PS3 saya pencet dengan semangat 45, status di aplikasi Sixaxis Enabler berubah menjadi SIXAXIS ENABLED, yang berarti stik PS3 siap digunakan. Tidak jauh beda dengan cara yang pernah saya ketik tahun 2015 silam.

Iya, ironis memang, setelah Maret 2022 lalu saya menganjurkan kalian, sobat Memudahkan, untuk "Stop pakai stick PS3 untuk main game Android", kini saya menulis artikel yang bernada sebaliknya 😅

Video Tutorial Menyambungkan Stik PS3 ke Android

Bahkan saya sudah membuat video khusus mengenai update aplikasi Sixaxis Enabler beserta tutorial terbaru menghubungkan stik PS3 ke Android lengkap beserta penggunaannya di berbagai game dan emulator.

youtube image

Pada video tersebut saya mengetes stik PS3 untuk memainkan game Android seperti GRID Autosport, Shadow Fight 3, dan Hot Lap League: Racing Mania. Ketiganya berjalan lancara tanpa kendala.

Untuk emulator macam DuckStation dan AetherSX2, perlu dilakukan sedikit pengaturan agar stick PS3 bisa digunakan sebagaimana mestinya. Game yang saya mainkan dengan kedua emu tersebut adalah Pepsiman (PSX) dan Tekken 5 (PS2).

Pada PPSSPP dan Redream, stik PS3 langsung terdeteksi tanpa perlu melakukan ubahan apapun, jadi saya bisa langsung main game Sega Rally Revo (PSP) dan Soul Calibur (Dreamcast).

Di akhir video, saya memainkan game yang mungkin belum pernah kalian duga sebelumnya, yaitu... ah sudahlah, kalian lihat sendiri saja, sob. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×