04 Maret 2019

Cara Top Up Saldo ShopeePay Pakai OVO

Ditulis oleh pada 4.3.19
ShopeePay adalah fitur layanan dompet dan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai alternatif metode pembayaran di Shopee. Di samping itu, ShopeePay juga bisa dimanfaatkan untuk menampung pengembalian dana bila terjadi kegagalan transaksi.

Cara Mengisi Saldo ShopeePay dengan OVO Cash

Layaknya layanan uang elektronik lainnya, kita juga bisa mengisi saldo dan menarik dana dari ShopeePay. Khusus untuk pengisian saldo di atas dua juta rupiah dan penarikan dana, kita sebagai pengguna ShopeePay wajib untuk mendaftarkan diri dengan KTP yang berlaku.

Buat Anda yang ingin menggunakan ShopeePay untuk memudahkan belanja di Shopee dengan nilai transaksi di bawah dua juta rupiah, pendaftaran dengan KTP tentu tidak perlu dilakukan, kecuali bila Anda hendak menarik dana dari ShopeePay atau belanja produk di atas dua juta rupiah.


Ada beberapa macam cara mengisi saldo ShopeePay, bisa lewat Alfamart, Indomaret, maupun transfer ke berbagai bank ternama di Indonesia. Untuk Anda yang belum memiliki rekening bank, top up ShopeePay bisa dilakukan melalui Alfamart maupun Indomaret. Khusus buat Anda pemegang rekening bank, mengisi saldo ShopeePay dengan metode transfer sudah pasti menjadi pilihan utama.

UPDATE 08/04/2019: Mulai 15 Maret 2019, top up ShopeePay tidak dapat dilakukan di Alfamart & Indomaret. Kenapa begitu? Tidak ada penjelasan lebih lanjut, sob. Pihak Shopee menyarankan penggunanya untuk top up ShopeePay lewat transfer bank.

Berbeda dengan cara-cara di atas, kali ini Memudahkan akan membahas mengenai cara top up saldo ShopeePay pakai OVO. Loh, bukannya kita bisa langsung belanja di Shopee pakai OVO seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya? Benar sob, tapi berhubung sedang ada promo cashback Shopee yang mewajibkan kita menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran, cara di artikel tersebut kini menjadi kurang relevan.

Benar, sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan ShopeePay, digelarlah berbagai promo cashback di Shopee sob. Untuk memperoleh cashback tersebut, kita wajib bertransaksi di Shopee menggunakan ShopeePay. Nah, karena beberapa hari yang lalu saya sudah top up saldo OVO lewat Pospay, alangkah baiknya bila sebagian saldonya langsung ditransfer ke ShopeePay saja 😄 Lebih praktis dan cepat sob.


Cara Mengisi Saldo ShopeePay lewat OVO


  1. Di aplikasi Shopee, buka tab "Saya" → pilih ShopeePay → tekan "Top Up".

    Top up ShopeePay di aplikasi Shopee


  2. Selanjutnya pilih jumlah top up, minimal Rp10.000,- dan maksimal Rp2.000.000,- sekali top up. Untuk kali ini saya memilih Rp100.000,-.

    UPDATE 15/08/2019: Belum lama ini Shopee memperkenalkan fitur top up ShopeePay menggunakan nomor akun virtual tetap atau fixed virtual account. Dengan memperoleh atau mengetahui nomor tersebut, kita bisa mengisi saldo ShopeePay setiap saat dan berkali-kali tanpa perlu bergonta-ganti nomor rekening virtual.

    Nominal isi saldo pun bisa kita tentukan sesuai keinginan dan kebutuhan, serta tidak terpaku pada nominal template seperti di aplikasi Shopee versi lama. Dengan demikian, cara top up di bawah ini kini sudah kurang sesuai lagi dengan keadaan terkini. Silakan baca cara isi saldo ShopeePay via OVO terbaru agar tidak ketinggalan berita, sob 😉

    Di bawahnya pilih metode pembayaran → Transfer Bank → Bank BNI (Dicek Otomatis) → tekan "Konfirmasi" →.tekan "Bayar Sekarang". Kenapa BNI? Karena saat ini hanya BNI yang bisa menerima transfer dari semua bank (termasuk Nobu Bank yang menaungi OVO). Setelah "Bayar Sekarang" ditekan, akan muncul nomor virtual account BNI.

    UPDATE 10/06/2019: Berdasarkan keterangan di aplikasi Shopee, kini BNI hanya menerima transfer dari BNI. Menariknya, Bank Mandiri sekarang "menerima transfer dari semua Bank termasuk Bank Syariah". Oleh karena itu, alih-alih BNI (Dicek Otomatis), silakan pilih Bank Mandiri (Dicek Otomatis) untuk top up ShopeePay melalui OVO.

    Transfer Bank Shopee


    Tekan "Salin" untuk memudahkan proses selanjutnya.

    Nomor virtual account BNI Shopee


  3. Buka aplikasi OVO → pilih menu "Transfer" → Isi nominal sesuai jumlah top up, dalam hal ini 100.000 → pilih "Rekening Bank" → pilih "BANK BNI" → tempel (paste) nomor virtual account BNI tadi di bagian nomor rekening → Pesan dikosongkan saja → tekan "Transfer".

    Aplikasi OVO transfer ke rekening BNi virtual account


  4. Periksa kembali penerima dan nominal transfer lalu tekan "Transfer" → Masukkan PIN OVO bila diminta. Tak lama kemudian laman yang menyatakan bahwa "transfer berhasil" akan muncul.

    OVO transfer berhasil ke BNI


  5. Cek aplikasi Shopee Anda dan pastikan saldo Anda telah bertambah sesuai nominal transfer tadi.

    Notifikasi top up ShopeePay berhasil


  6. Sudah sesuai kan? Nah, sekarang saatnya belanja dan berburu cashback di Shopee dengan melakukan pembayaran lewat ShopeePay 👍

Daripada top up saldo layanan nontunai (dompet/uang elektonik) satu demi satu, cara di atas saya rasa lebih praktis sob. Mengingat saat ini banyak sekali layanan seperti itu, mau tak mau kita harus bijak dalam mengatur keuangan dan cerdas dalam memanfaatkan promo. Jadi intinya kita tidak perlu mengisi saldo semua layanan nontunai tersebut demi mengejar promo, cukup isi satu saja yang dirasa mumpuni, kemudian dibagi-bagi sesuai kebutuhan seperti cara di atas. Selamat mencoba 😊

2 komentar:

  1. Kak skrng kan udh ganti jd virtual account, aku top up dari ovo jd ga bisa. Itu gimana kaa.. Buat cara top up terbaru dong kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, sob. Sekarang top up ShopeePay sudah pakai "fixed virtual account number". Info selengkapnya bisa dicek pada update artikel di atas, atau langsung buka artikel Cara isi saldo ShopeePay terbaru.

      Hapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×