27 Januari 2019

Cara Bayar Belanja Online di Shopee Melalui OVO

Ditulis oleh pada 27.1.19
Meski Shopee telah memiliki ShopeePay sebagai metode pembayaran cashless atau nontunai, kita masih bisa menggunakan metode lain yang tidak kalah praktisnya, yaitu OVO. Seperti yang sudah disinggung pada artikel sebelumnya (Bayar Bukalapak lewat OVO), pembayaran belanja di Shopee pun bisa kita lunasi dengan OVO.

Bayar Shopee Pakai OVO

Mengapa Gamora? Eh, maksudnya mengapa OVO? Ini sebenarnya alasan pribadi saya sob. Singkatnya, karena Tokopedia "memaksa" penggunanya (termasuk saya) untuk mengaktifkan akun OVO. Iya, selain untuk memudahkan transaksi, mayoritas promo Tokopedia (cashback) sekarang hanya bisa kita terima lewat OVO.

Lalu kenapa bayar Shopee via OVO segala, kan ada ShopeePay? Untuk saya pribadi, menggunakan lebih dari satu layanan nontunai itu merepotkan, apalagi kalau masing-masing layanan tersebut memiliki mekanisme topup yang berbeda, ribet dah. Oleh karena itu saya memutuskan untuk menggunakan OVO sebagai layanan nontunai utama saya saat ini. Apalagi melalui fitur transfer di aplikasi OVO, kita bisa melakukan pembayaran ke hampir semua toko online di Indonesia, termasuk Shopee.

Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa fitur transfer di aplikasi OVO hanya bisa digunakan oleh pemegang akun OVO Premier. Maka dari itu, buat Anda masih berstatus Club, silakan upgrade akun OVO Anda ke Premier secara online (kirim foto KTP Anda melalui aplikasi OVO) atau pun offline (mendaftar lewat booth OVO terdekat).

Bila akun OVO Anda sudah berstatus Premier, silakan langsung simak langkah-langkah yang saya lakukan saat memesan beberapa produk Vention di Shopee (dan membayarnya melalui OVO) berikut ini.


Cara Bayar Shopee Pakai OVO Tanpa Biaya Admin


Setelah produk yang dipesan berada di keranjang belanja aplikasi Shopee, tidak lupa saya menggunakan voucher gratis ongkir sebelum menekan tombol "Checkout".

Selanjutnya saya memilih jasa pengiriman (dalam hal ini J&T), memastikan kembali voucher gratis ongkir sudah terpilih, dan memilih metode pembayaran lewat Transfer Bank BNI (dicek otomatis). Ketika semua sudah benar lalu saya ketuk tombol "Buat Pesanan".

Transfer Bank BNI (dicek otomatis)

Di laman berikutnya akan muncul Info pembayaran yang berisi jumlah total pembayaran dan nomor rekening BNI (iya, ini adalah nomor rekening virtual account BNI Shopee - bisa disalin/copy untuk meminimalisir salah ketik nantinya).

UPDATE 10/06/2019: Berdasarkan keterangan di aplikasi Shopee, kini BNI hanya menerima transfer dari BNI. Menariknya, Bank Mandiri sekarang "menerima transfer dari semua Bank termasuk Bank Syariah". Oleh karena itu, alih-alih BNI (Dicek Otomatis), silakan pilih Bank Mandiri (Dicek Otomatis) bila Anda ingin transfer melalui OVO. Alternatifnya, opsi Bank Lainnya (Dicek Manual) juga menerima transfer dari semua bank.

Transfer Bank Shopee


Beralih ke aplikasi OVO, saya memilih menu Transfer - mengetik nominal persis sesuai jumlah total pembayaran di aplikasi Shopee (dalam hal ini 117999) → memilih Rekening Bank → memilih Bank BNI → mengetik (atau tempel/paste) nomor rekening BNI tadi → Pesan saya biarkan kosong → memastikan semua isian dan pilihan sudah benar → mengetuk tombol "Transfer".

Transfer OVO ke virtual account

Saya cek sekali lagi info yang muncul di jendela "Konfirmasi transfer" kemudian saya ketuk tombol "Konfirmasi".

Konfirmasi PIN OVO

Di laman berikutnya saya diminta untuk memasukkan PIN, kemudian muncullah laman yang menyatakan bahwa transfer OVO ke rekening BNI Shopee telah berhasil dilakukan.

Shopee Pembayaran Dikonfirmasi via OVO

Tidak sampai satu menit, saya memperoleh notifikasi dari aplikasi Shopee yang menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil (Pembayaran Dikonfirmasi). Mudah dan cepat sekali sob.

Sama halnya dengan Bukalapak, pembayaran Shopee ternyata juga bisa dilakukan pakai OVO. Caranya juga serupa sob, sama-sama memanfaatkan fitur transfer di aplikasi OVO. Sebagai tambahan, transfer ke rekening bank lewat OVO hanya bisa mengurangi saldo di OVO Cash, jadi OVO Point sepertinya memang tidak bisa digunakan untuk transfer. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×