05 Maret 2019

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Facebook Messenger

Ditulis oleh pada 5.3.19
Sebelumnya, aplikasi Facebook Messenger memang didominasi oleh warna putih, namun itu semua berubah sejak beberapa hari yang lalu sob. Iya, secara resmi Facebook telah mengumumkan fitur dark mode atau mode gelap untuk aplikasi Fb Messenger di Android dan iOS.

Menyalakan dark mode Messenger Android dan iPhone

Saat artikel ini mulai diketik sampai diterbitkan, fitur yang berguna untuk mengubah background Messenger menjadi hitam tersebut masih tersembunyi dan hanya bisa diakses dengan trik khusus. Tenang, tak seperti aplikasi YouTube yang dulu butuh root dalam proses penggelapannya, tema gelap di Messenger jauh lebih mudah untuk diaktifkan sob. Bagaimana caranya?


Cara Menyalakan Dark Mode di Aplikasi Fb Messenger


  1. Seperti biasa, silakan update aplikasi Messenger Anda ke versi yang paling baru (bisa lewat Play Store maupun App Store, tergantung perangkat yang digunakan). UPDATE 16/04/2019: Fitur Dark mode Messenger kini telah dirilis secara global, sob. Anda bisa melewati langkah ke-2 dan langsung ke langkah ke-3 untuk mengaktifkannya.

  2. Jalankan aplikasinya dan kirimkan emoji bulan sabit 🌙 ke salah satu teman Facebook Anda. Di mana letaknya? Cek screenshot berikut sob (ikon emoji → EMOJI → ikon beruang). Sesaat kemudian animasi "hujan bulan" akan muncul di layar. Kok tidak muncul animasinya? Tutup aplikasi Messenger Anda dan ulangi langkah di atas.

    Emoji bulan sabit Messenger


  3. Ketika hujan bulan telah reda, muncullah banner "You Found Dark Mode!" beserta tombol "Turn On In Settings". Ketuk tombol tersebut untuk masuk ke laman setting Messenger. Masuk ke laman Setelan dengan mengetuk foto profil Anda. Di sana terdapat tombol "Dark Mode" (Mode Gelap) yang siap diaktifkan. Langsung tekan saja sob. Nah, gelap kan?

    You Found Dark Mode!


  4. Hampir semua elemen latar aplikasi Messenger kini telah berubah menjadi hitam total (#000000), sangat cocok untuk Anda yang gemar chatting di kegelapan seraya menghemat baterai di layar oled (amoled). Sekiranya Anda ingin kembali ke latar putih (kenapa ada sang hitam, bila putih mnyenangkan 😋), mode gelap bisa dimatikan lewat laman setting yang bisa diakses dengan mengetuk foto profil Anda di laman utama Messenger.

    Facebook Messenger Background warna hitam


Untuk saat ini, mode gelap hanya tersedia untuk aplikasi Facebook Messenger reguler. Dengan kata lain, Messenger Lite belum bisa digelapkan sob. Lalu bagaimana dengan aplikasi Facebook tok? Yang tanpa embel-embel Messenger? Masih belum ada kabar juga. Kemungkinan mode gelap akan tersedia untuk semua aplikasi bikinan Facebook yang dimulai dari Messenger ini, kita tunggu saja update selanjutnya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×