15 Agustus 2019

Cara Mengisi ShopeePay Lewat OVO Terbaru (dengan No. Virtual Account Tetap)

Ditulis oleh pada 15.8.19

Per kemarin lusa (13/08/2019) Shopee mengumumkan hadirnya fitur top up saldo ShopeePay dengan nomor virtual account tetap. Iya, bila sebelumnya kita biasa melakukan transfer ke nomor akun virtual yang kerap berganti tiap transaksi, kini mengisi saldo ShopeePay bisa langsung kita tujukan ke nomor akun virtual yang sama.

Mengisi ShopeePay Lewat OVO Terbaru (No. Virtual Account Tetap)

Apa itu nomor akun virtual tetap? Singkatnya, fixed virtual account number atau nomor akun virtual tetap adalah nomor rekening virtual yang selalu sama, tidak berubah, alias konsisten. Berbeda dengan nomor akun virtual biasa yang umumnya hanya berlaku sekali transfer, "nomor akun virtual tetap" bisa digunakan berkali-kali selama akun pengguna aktif atau tergantung kebijakan dari penerbitnya (dalam hal ini bank-bank yang bekerja sama dengan Shopee).

Nah, dengan adanya fitur top up ShopeePay via nomor akun virtual tetap, maka kita sebagai pengguna bisa mengisi saldo ShopeePay dengan melakukan transfer ke nomor yang sama tiap kali top up. Lalu bagaimana cara memperoleh nomor akun virtual tetap tersebut? Perlu bayar kah? Caranya mudah sekali dan gratis, sob. Silakan simak panduan singkat dari Memudahkan berikut ini.

Cara Mengetahui Nomor Virtual Account Tetap ShopeePay

  1. Buka aplikasi Shopee dan tuju laman ShopeePay. Selanjutnya tekan tombol "Isi Saldo". Kemudian pilih "Transfer Bank". Berhubung saat ini hanya Bank Mandiri yang menerima transfer dari semua bank, untuk panduan ini saya memilih "Bank Mandiri (Dicek Otomatis)". Jangan lupa tekan tombol "Konfirmasi".
    Bank Mandiri (Dicek Otomatis)
  2. Di laman berikutnya, akan muncul nomor akun virtual tetap yang terdiri dari dua bagian: (1). Kode bank, dan (2). Nomor ponsel pengguna. Salin nomor tersebut melalui tombol di sampingnya, lalu simpan di aplikasi catatan favorit Anda agar mudah ditemukan untuk top up di lain waktu.
  3. Sampai di sini, kita sudah memperoleh nomor akun virtual tetap ShopeePay yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Selanjutnya, kita bisa mengisi saldo ShopeePay dengan cara melakukan transfer ke nomor akun virtual tersebut setiap saat dan berkali-kali sesuai kebutuhan, bisa melalui ATM, internet banking, atau melalui OVO.

Cara Transfer OVO ke ShopeePay Melalui Nomor Virtual Account Tetap

  1. Buka aplikasi OVO dan tekan tombol "Transfer" → "Ke Rekening Bank". Lalu pilih "Bank Mandiri" → tempel nomor akun virtual tetap tadi di bagian nomor rekening → isi nominal transfer sesuai keinginan (minimal Rp10.000,-) → dan tekan tombol "Lanjutkan".
    Transfer OVO ke ShopeePay Virtual Account
  2. Periksa info yang muncul di jendela konfirmasi transfer, cek kembali nominal transfer dan pastikan ada username Shopee Anda di sana (dalam hal ini "SK17I"). Setelah yakin, tekan tombol "Transfer" → masukkan PIN OVO bila diminta → dan notifikasi transfer berhasil akan muncul di aplikasi OVO. Tak lama kemudian, notifikasi top up berhasil akan menampakkan diri di aplikasi Shopee. Selesai.
    Top up transfer OVO ShopeePay berhasil

Bagaimana, sob, mudah bukan? Sebenarnya cara top up saldo ShopeePay via OVO dengan menggunakan nomor akun virtual tetap di atas tidak jauh berbeda dengan cara yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Bedanya hanya pada proses pengisian nominal transfer yang kini bisa diisi sesuka hati sepuas jiwa, asal tidak kurang dari sepuluh ribu rupiah dan tidak lebih dari dua juta rupiah (untuk akun yang belum terverifikasi) serta sepuluh juta rupiah (untuk akun yang sudah terverifikasi). OK, selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😊

NB: Nomor ponsel pada screenshot di atas sudah diedit dan diacak.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×