06 April 2018

Cara Main PUBG Mobile dengan Mouse dan Keyboard via Aplikasi Octopus

Ditulis oleh pada 6.4.18
Meski sekarang posisinya turun karena disalip oleh Mobile Legends, game PUBG Mobile ternyata tetap menjadi primadona sob. Perangkat Android yang bisa memainkannya pun semakin bertambah berkat rilisnya update PUBG versi 0.3.3 beberapa waktu yang lalu.

Main PUBG Mobile dengan Mouse dan Keyboard

Buat yang belum tahu, PUBG Mobile adalah hasil adaptasi game PUBG untuk Windows dan Xbox. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila gameplay-nya juga mirip banget. Masalahnya, pengendalian yang ditawarkan PUBG Mobile tidaklah seakurat versi aslinya.

Benar sekali sob, kendali layar sentuh game hape memang belum sebanding dengan penerapan gamepad, mouse, dan keyboard pada game kelas konsol maupun PC. Walau begitu, kita juga bisa memainkan game hape dengan menggunakan gamepad atau mouse + keyboard.

Bagaimana caranya? Untuk gamepad, Anda bisa menyimak artikel tentang cara main PUBG Mobile menggunakan stick bluetooth yang sudah terbit sekitar dua minggu yang lalu. Khusus untuk mouse dan keyboard, silakan lanjut ke paragraf selanjutnya sob.

Menurut kabar burung yang suka terbang tenggelam, PUBG Mobile nantinya akan mendukung penggunaan stick atau gamepad secara native (bawaan, tanpa aplikasi pihak ketiga). Dukungan mouse dan keyboard pun disinyalir juga demikian, namun sampai saat ini belum ada kepastian kapan hal tersebut akan terwujud.

Nah, sembari menunggu, Memudahkan sudah menyiapkan sebuah video tutorial main PUBG Mobile pakai mouse dan keyboard, via aplikasi Octopus. Silakan disimak atau lanjut baca ulasannya di bawah.

Video Tutorial Main PUBG Mobile pakai Mouse dan Keyboard via Octopus



Pada video di atas saya menggunakan Logitech Wireless Combo MK220, sebuah paket mouse dan keyboard nirkabel yang bisa terhubung ke perangkat lain melalui satu receiver USB. Selain lebih praktis, kita tidak perlu lagi menggunakan USB hub untuk menghubungkan mouse keyboard combo dari Logitech tersebut ke Android. Cukup gunakan adapter atau kabel OTG untuk menghubungkan receiver USB Logitech MK220 ke slot micro USB Android.

Setelah mouse dan keyboard berhasil terhubung ke Android, kita perlu mengaktifkan Advanced mode di aplikasi Occtopus. Apa itu Advanced mode?


Cara Mengaktifkan Advanced Mode di Aplikasi Octopus


Melalui Advanced mode, kita bisa memainkan PUBG Mobile dengan mouse layaknya di PC. Pada mode biasa, kita harus menekan dan menahan klik kanan mouse untuk mengarahkan titik pandangan (POV = Point of view), sedangkan pada Advanced mode, kita bisa langsung menggeser mouse tanpa perlu repot tekan tahan klik kanan. Jadi kita bisa menggunakan klik kanan untuk membidik atau mengaktifkan scope. Kursor mouse juga akan otomatis hilang saat Advanced mode aktif, jadi tidak mengganggu pandangan kita (khusus Android 7.0 Nougat ke atas). Lalu bagaimana cara mengaktifkan Advanced mode?

DISCLAIMER: Saya tidak bisa memastikan berhasil tidaknya Anda menerapkan tutorial ini. Di sini saya hanya mencoba memberikan informasi mengenai cara mengaktifkan Advanced Mode Octopus berdasarkan percobaan saya pada Redmi Note 3 Pro dengan ROM Resurrection Remix Nougat (kernel ElementalX) - rooted.

Saya juga tidak bisa menjamin cara ini berhasil untuk tipe atau versi Android tertentu karena tentu saja saya tidak bisa mencobanya pada semua ponsel Android yang beredar di pasaran. Silakan langsung dicoba sendiri saja sob (jadi berpikirlah sebelum bertanya: Kalau hape ini bisa ga?).


Root

Khusus Android yang sudah memiliki akses root, Advanced mode bisa langsung diaktifkan dari aplikasi Octopus. Cukup tuju tab "Me" dan masuk ke opsi "Advanced mode".

Advanced mode Android

Ketuk "Activate" lalu izinkan Octopus mengakses root Android (Grant). Beres sudah sob.

Octopus Advanced mode root Android


Tanpa Root

Sebelum mulai, pastikan PC atau laptop Windows Anda sudah dipasangi USB driver atau ADB driver yang sesuai dengan model ponsel Android Anda. Bagaimana cara pasangnya?

PENTING BANGET: Umumnya, USB driver Android akan otomatis terpasang saat pertama kali Anda menghubungkan ponsel ke PC. Meski demikian, pada kasus tertentu kita wajib memasang USB driver secara manual (caranya sama seperti cara pasang software Windows lainnya).

Untuk pengguna Xiaomi, silakan unduh USB driver di sini. Untuk merk lain bisa dicari di Google dengan kata kunci "download ....... usb driver" (isi titik-titik dengan model ponsel Android Anda).

Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan Universal ADB Drivers untuk Windows. Seperti namanya, Universal ADB Drivers cocok untuk (hampir) semua merk Android.

Selanjutnya silakan unduh Octopus activator untuk Windows, ekstrak file OctActiveTool.zip, jalankan OctActiveTool.exe, kemudian ikuti petunjuk di bawah ini.
  1. Klik "Start" untuk memulai.

    Octopus Advanced Mode Activator Windows

  2. Pilih merk Android Anda, di sini saya memilih pilihan terakhir (model lainnya), karena ponsel yang saya gunakan pakai custom rom.

    Pilih merk Android

  3. Selanjutnya aktifkan Developer Options di Android Anda melalui Settings - About phone - ketuk Build number (atau Software information) 5 - 10 kali sampai muncul notifikasi "You are now developer!". Klik "Next" di PC.

    Developer Options

  4. Buka Settings - Developer Options di Android dan aktifkan "USB Debugging". Klik "Next" di PC.

    USB Debugging

  5. Hubungkan Android Anda ke PC dengan kabel data. Ketuk "OK" pada pop-up "Allow USB debugging?" yang muncul di Android. Bila pop-up tersebut tidak muncul, lepas kabel data dari Android dan hubungkan kembali. Klik "Next" di PC.

    Hubungkan Android Anda ke PC

  6. Klik "Activate".

    Activate

  7. Bila berhasil, akan muncul pesan Succesfully Activated.

    Succesfully Activated

  8. Cek tab "Me" di aplikasi Octopus dan pastikan Advanced mode telah "Activated".

  9. PERHATIAN: Tiap kali restart ponsel, Advanced mode di aplikasi Octopus akan kembali tidak aktif, oleh karena itu, ulangi langkah-langkah di atas untuk mengaktifkannya kembali.


Setelah Advanced mode berhasil diaktifkan, langsung jalankan saja game PUBG Mobile dari aplikasi Octopus. Di sana kita tidak perlu mapping lagi sob, kecuali bila diperlukan (ingin modif mapping sendiri misalnya). Fungsi tombolnya pun sudah tersedia di layar, tinggal disesuaikan saja dengan tombol-tombol yang ada di keyboard dan mouse.


Mengganti Fungsi Tombol Mouse dan Keyboard di PUBG Mobile Android


Seperti di video, ada beberapa mapping tombol PUBG Mobile yang saya ubah sob. Misalnya saja untuk mengaktifkan shooting mode saya menggunakan klik tengah mouse atau mouse3 (default: klik kanan atau mouse2), dan tombol bidik (scope) saya ubah dari shift menjadi klik kanan. Untuk tombol lainnya saya rasa tidak ada yang perlu diubah.

TIPS: Untuk mengubah pintasan shooting mode dari klik kanan ke klik tengah, silakan ketuk ikon Octopus di kiri layar - Settings - Shoot mode shortcut - ketuk mouse2 - lalu tekan klik tengah di mouse Anda.

shooting mode

Untuk kendali kendaraan saya tidak melakukan ubahan pada mapping Octopus, namun agar tombol WASD tetap berfungsi saat naik kendaraan, saya memilih opsi ke-2 (Joystick tunggal/Single joystick) pada Pengaturan - Kendaraan (Settings - Vehicle).

Settings - Vehicle PUBGM


____________

Bagaimana kesan menggunakan mouse dan keyboard untuk main PUBG Mobile di Android? Yang jelas jadi lebih mudah sob, terutama saat membidik sasaran, terasa lebih akurat dan cepat layaknya main game FPS atau TPS di PC. Pergerakan karakter juga lebih luwes, bisa menembak sambil berlari, atau mengecoh bidikan musuh dengan melompat atau tiarap dengan cepat.

Kekurangannya, shooting mode terkadang perlu diaktifkan ulang ketika berganti adegan (dari pulau ke pesawat misalnya) atau saat naik/turun kendaraan. Menurut developer aplikasi Octopus, masalah itu sudah masuk dalam bug list yang akan diperbaiki pada versi-versi mendatang, jadi tenang aja sob.

Di samping itu, karena ukuran layar yang terlalu kecil*, main PUBG Mobile dengan mouse plus keyboard bisa dikatakan kurang efektif sob, lebih susah melihat posisi lawan bila daripada main langsung di layar sentuh (*coba bandingkan jarak ideal layar ke mata kita: antara main pakai keyboard + mouse dan main langsung pakai layar sentuh, kebayang kan bedanya?). Bakalan beda ceritanya kalau kita pakai tablet 10 inci atau lebih 😀 Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×