03 Maret 2019

Cara Mengisi Saldo OVO Lewat Kantor Pos

Ditulis oleh pada 3.3.19

Di dua artikel sebelumnya, Memudahkan telah membahas tentang cara membayar pesanan produk dari Bukalapak dan Shopee melalui OVO. Nah, agar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, tentu kita wajib memiliki saldo di OVO. Lalu bagaimana cara mengisi saldo OVO?

Top up OVO di Kantor Pos

Caranya beragam sob, kita bisa mengisi saldo atau istilahnya top up OVO di berbagai bank dan merchant yang bekerja sama dengan OVO. Bukannya top up OVO saat ini sedang banyak masalah ya? Dari komentar di media sosial dan review di Play Store memang begitu sob, ada beberapa pengguna OVO yang saldonya tidak bertambah meski sudah top up sesuai prosedur.

Berdasarkan komentar dan review tersebut, rata-rata top up OVO yang dilakukan lewat bank terkadang tidak berhasil dilakukan. Itulah salah satu alasan mengapa selama ini saya tidak pernah top up OVO lewat bank secara langsung. Kalaupun harus via bank, saya menggunakan merchant (dalam hal ini Tokopedia) sebagai perantara.

Walau demikian, OVO tentu telah mengetahui masalah tersebut dan pasti akan membenahinya dengan segera. Semoga saja ya sob.

Sementara itu, kemarin saya mencoba top up OVO melalui Kantor Pos atau Pos Indonesia. Memangnya bisa ya? Kan (saat ini) Kantor Pos tidak terdaftar sebagai merchant OVO? Bisa sob, tapi lewat Tokopedia. Iya, sebenarnya saya mengisi saldo OVO lewat layanan Tokopedia, namun alih-alih lewat bank, saya mencoba membayar tagihan top up nya lewat Kantor Pos 😀

UPDATE 11/11/2021: Setelah sempat ditiadakan, kini Tokopedia kembali menyediakan opsi Kantor Pos sebagai salah satu metode pembayaran top up OVO. Tidak ada keterangan resmi dari Tokopedia atau TokopediaCare mengenai hal tersebut, dan saya pun belum mencobanya lagi sejak tahun 2019 lalu. Namun demikian, opsi Kantor Pos kini sudah tersedia dan bisa dipilih seperti biasanya. Silakan dicoba sendiri, sob. NB: Sekarang ada biaya layanan 2.500 rupiah tiap top op OVO di Kantor Pos.

UPDATE 07/09/2019: Opsi pembayaran Top up OVO melalui Kantor Pos (Pospay) di Tokopedia sekarang sudah tidak tersedia atau ditiadakan, cek update di atas. Hal tersebut dibenarkan oleh akun resmi TokopediaCare di Twitter ketika saya hubungi via DM. Lebih lanjut, TokopediaCare menyarankan saya untuk menggunakan salah satu metode yang tersedia di Tokopedia seperti transfer bank manual, transfer ke Virtual Account, pembayaran instan dengan menggunakan mobile/internet banking, atau pembayaran di retail (Alfamart, Lawson, Dan+Dan) terdekat.

Cara Top Up OVO via Tokopedia Bayar Lewat Kantor Pos

  1. Kenapa Kantor Pos? Kebetulan kemarin saya mengambil kiriman dana dari Singapura (Adsense) di Kantor Pos, jadi sekalian saja mencoba top up OVO di sana. Selain itu, cara ini cocok bila Anda tinggal di wilayah yang jauh dari bank atau ATM, namun dekat dengan Kantor Pos.
  2. Bisa juga buat Anda belum punya rekening bank, Kantor Pos bisa menangani berbagai pembayaran tunai (Pospay) yang tidak mewajibkan Anda untuk memiliki rekening bank.
  3. Untuk mengisi saldo OVO kali ini, pastikan aplikasi Tokopedia sudah terpasang di smartphone Anda. Login dengan akun Tokopedia, dan jangan lupa untuk mengaktifkan OVO di Tokopedia bila belum.
  4. Bila sudah, masuk ke menu "Top-up dan Tagihan" lalu pilih "Top up OVO".
    Top up OVO
  5. Tentukan nominal top up Anda, dalam hal ini saya memilih Rp500.000,- (minimal top up OVO di Tokopedia adalah Rp50.000,-). Kemudian tekan tombol "Beli". Periksa kembali info top up Anda dan tekan tombol "Bayar".
    Bayar OVO Tokopedia
  6. Selanjutnya pilih "Kantorpos" sebagai metode pembayaran. Jika pilihan "Kantorpos" belum muncul tekan tombol "Pilih metode pembayaran lainnya". Di laman selanjutnya tekan tombol "Bayar" untuk memperoleh kode pembayaran.
    Bayar OVO lewat Kantorpos
  7. Nah, kode pembayaran top up OVO Anda telah muncul, Anda juga bisa melihat info detail pembayaran atau tagihan. Untuk saat ini tidak ada biaya admin alias gratis top up OVO di Kantor Pos. Tunjukkan kode pembayaran tersebut ke petugas Pos dan lakukan pembayaran sesuai nominal top up.
    Kode pembayaran Tokopedia
  8. Selanjutnya petugas Pos akan memberikan tanda terima/resi/struk sebagai bukti pembayaran. Tak lama kemudian, Anda akan menerima notifikasi dari Tokopedia yang menyatakan bahwa transaksi (top up) OVO melalui Kantor Pos (Pospay) telah berhasil.
    Notifikasi transaksi berhasil Tokopedia
  9. Untuk memastikan, cek saldo OVO Anda melalui aplikasi Tokopedia atau langsung lewat aplikasi OVO (kiri sebelum dan kanan sesudah top up).
    Cek saldo aplikasi OVO Android

Nah, bagaimana sob? Mudah bukan isi saldo OVO lewat Kantor Pos? Tanpa biaya admin, tanpa rekening bank, tanpa antre ATM, tanpa antre di Alfamart, tapi tetap antre di Kantor Pos 😄 Iya, mungkin top up OVO di Kantor Pos bukan pilihan yang populer, mengingat banyak pilihan lain yang tak kalah mudahnya. Walau demikian, Kantor Pos tetap bisa menjadi alternatif yang memudahkan Anda di saat pilihan lain tidak atau belum tersedia. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×