29 Mei 2018

3 Tombol Trigger L1 R1 PUBG Terbaik: Lebih Mudah Menang Battle Royale?!

Ditulis oleh pada 29.5.18

Ini pertama kalinya saya order barang dari luar negeri. Bukannya dulu pernah pesan remote juga? Itu dikirimin sob, beda cerita 😀. Sebenarnya membeli barang dari luar negeri itu bukanlah hal yang sulit, apalagi kali ini saya melakukannya lewat toko online lokal yang memang menyediakan lapak bagi para pedagang mancanegara (di sopi pi pi pi *terusin sendiri... beli sepeda da da da *terusin sendiri...).

Tombol L1 R1 PUBG Terbaik

Singkat cerita, pesanan saya tersebut (berupa 3 pasang tombol L1 R1) tiba-tiba dibatalkan secara sepihak oleh toko online yang bersangkutan dengan alasan pengiriman gagal. Padahal setelah dicek lewat JNE, ternyata barang tersebut sudah berada di kantor JNE wilayah saya tinggal. Nah, jadi ribet kan jadinya.

Iya, ketika pesanan dibatalkan, otomatis sistem dari toko online oranye tersebut akan mengembalikan dana yang sebelumnya telah saya transfer ke dompet virtual. Masalahnya, saya tidak bisa langsung mentransfer kembali dana tersebut ke rekening toko online maupun penjual yang bersangkutan melalui dompet virtual.

Pilihannya hanya ada dua, yaitu mencairkan dana dari dompet virtual lalu transfer kembali ke toko online, atau membiarkan dana tersebut di dompet virtual untuk sementara lalu transfer ulang dengan dana lainnya. Itulah kenapa saya sebut ribet, walau akhirnya saya pilih opsi ke dua biar prosesnya lebih cepat.

Salah siapa? Bisa jadi itu ulah jasa ekspedisi yang salah mengirim sinyal "barang gagal dikirim" ke toko online. Bisa juga karena sistem dari toko online yang salah menafsirkan data tracking dari jasa ekspedisi; yang pada akhirnya berhasil mengirimkan 3 tombol trigger L1 R1 dari Tiongkok tersebut langsung ke rumah saya.

Ok, langsung saja kita bahas tombolnya. Langsung bijimane itu curhat 5 paragraf apa kabar? Maaf sob, rencananya sih cuma 2 paragraf tapi ternyata belum lega 😃

Mencoba 3 Macam Tombol L1 R1 dari Tiongkok

Perkiraan waktu pengiriman awalnya sekitar satu bulan, namun tak genap 2 minggu paket sudah berada di tangan. Bungkusnya bagus sob, plastik silver yang di dalamnya dilapisi bubble warp, lebih bagus dari pedagang online lokal yang masih suka pakai kresek hitam (tidak semua, tapi masih ada) tanpa bubble warp.

Di dalamnya terdapat 3 macam kotak yang masing-masing berisi sepasang tombol trigger L1 R1 Sharpshooter untuk game battle royale (seperti PUBG Mobile, Free Fire, Fornite, Rules of Survival, dll).

1. WKWK

Kotak pertama agak susah dibuka (atau saya yang ga bisa buka). Di dalamnya terdapat tombol L1 R1 yang bisa disebut mechanical karena mekanisme tekannya yang unik (baik di tombol maupun pengetuk layarnya). Bentuknya mirip paruh bebek, oleh karena itu saya sebut tombol ini sebagai "WKWK".

L1R1 WKWK

Kenapa dinamain segala? Sebagai pembeda saja sob, soalnya tidak ada nama yang spesifik untuk tombol-tombol tersebut, rata-rata penjual menamai produknya dengan "L1R1 Shapshooter" meski tipenya berbeda-beda.

2. Bening

Untuk yang kedua, bahannya dari plastik transparan sob, jadi kita sebut saja "Bening". Cara kerja tombol bening ini pasif, tidak ada bagian yang bergerak, mirip dengan tombol L1R1 DIY (dari bekas simcard) yang sudah saya bahas beberapa waktu yang lalu.

L1R1 Transparan atau Bening

Iya benar, cukup disentuh saja bagian konduktifnya (dalam hal ini aluminium foil) untuk menembak atau membidik. Berkat warnanya yang dominan transparan, keberadaan Bening bisa dikatakan tidak terlalu mengganggu pandangan kita ke layar sob.

3. C9

Yang ketiga ini merupakan gabungan antara yang pertama dan kedua sob, ada bagian yang mechanical (bagian tombol) dan ada bagian yang pasif (bagian yang menempel di layar).

L1R1 C9 Fire trigger

Sensasi tekan tombolnya sebelas dua belas dengan tombol yang pertama tadi, tapi sedikit lebih halus. Oiya, di kotak penyimpanan tombol ini (dan juga di balik tuas) terdapat tulisan "C9" (jenis kotak penyimpanan mungkin berbeda-beda tergantung stock).

Ketiga tombol di atas memiliki sistem pengunci yang sama, berupa tuas yang bisa diturunkan untuk menjepit bagian belakang hape, namun karena hape yang saya gunakan sudah lumayan tebal (sekitar 1cm), tuas tersebut akhirnya tidak saya gunakan.

Rekomendasi Tombol Trigger L1R1 Terbaik untuk Main PUBG Mobile

Bagaimana dengan performa dari masing-masing tombol tersebut? Saya kurang begitu suka dengan tombol "WKWK" sob. Konsepnya sih bagus ya, tapi tidak pada praktiknya. Pada beberapa percobaan yang saya lakukan, tombol tersebut istilahnya masih hit and miss, kadang fungsi kadang tidak. Pemasangannya pun cukup susah untuk hape Redmi Note 3 Pro (mungkin berbeda untuk hape lain yang body-nya lebih tipis).

Si Bening lebih saya rekomendasikan di sini, karena tidak ada bagian yang bergerak dan pemasangannya pun relatif mudah. Meski demikian, ada beberapa kasus di mana tombol model kontak layar langsung (seperti Bening dan C9) cenderung menekan terus-menerus meski foil atau tombol tidak disentuh. Solusinya, sebelum memasang tombol, matikan layar hape terlebih dahulu.

Rekomendasi Tombol L1R1 Terbaik untuk Main PUBG Mobile

Rekomendasi selanjutnya adalah C9. Selain karena kotaknya yang keren, bahan plastik pada tombol C9 juga terkesan kokoh. Feel saat menekan tombol C9 juga relatif halus daripada WKWK. Selain itu, bagian depan C9 hanya memiliki satu kaki saja, tidak ada penyangga tambahan seperti dua tombol lainnya, jadi cocok untuk hape dengan rasio layar 18:9 (bezelnya tipis).

Kecuali WKWK, tombol-tombol tersebut ternyata sangat responsif ketika disentuh atau ditekan, bahkan tidak ada delay sama sekali (kalau pun ada mungkin tidak terasa). Untuk urusan multitouch, ketiganya menunjukkan performa yang lumayan sob saat saya tes dengan aplikasi Multitouch Tester, jadi cukup mumpuni untuk diajak manuver sambil menembak.

Video Main PUBG Pakai Trigger L1 R1 buatan Negeri Tirai Bambu

Lalu mana yang terbaik untuk main PUBG Mobile? Silakan simak video di bawah ini sob.

3 Tombol L1 R1 TERBAIK untuk PUBG Mobile: Siap Jadi Chicken Master

Simpulan dan Link Pembelian

Iya, walaupun dengan tombol yang kurang direkomendasikan, saya berhasil mendapatkan jumlah kill yang lumayan saat main PUBG Mobile. Perkiraan saya, tidak semua tombol tipe tersebut susah untuk digunakan, mungkin kebetulan produk yang saya terima kualitasnya memang agak kurang, jadi ya gitu sob, silakan cek video di atas agar lebih jelas atau langsung beli melalui Shopee:

Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×