23 April 2019

Menyalin Caption Instagram Tanpa Pasang Aplikasi Tambahan

Ditulis oleh pada 23.4.19
Sejatinya, Instagram adalah media sosial yang mengedepankan konten visual macam foto dan video. Meski begitu, jangan lupakan keterangan (caption) yang menyertainya, sob. Apalagi komentar-komentar netizen yang suka menyeletuk tanpa baca caption, bikin hari makin berwarna lah pokoknya 😁

Menyalin Caption Instagram Tanpa Pasang Aplikasi Tambahan

Iya, boleh jadi kita hanya sekilas saja melihat foto di Instagram, namun komentarnya tak habis dibaca dalam sejam, sob. Itulah serunya Instagram, banyak sekali caption yang menginspirasi, komentar yang jenaka, sampai tautan yang tidak bisa dibuka. Benar, sampai artikel ini diketik, aplikasi Instagram belum mengizinkan penggunanya untuk membuka link yang tercantum di caption maupun komentar.

Lebih parah lagi, baik caption, komentar, maupun link (pemersatu bangsa) tersebut sampai saat ini tidak bisa di-copy alias disalin, sehingga menyulitkan kita untuk melakukan riset lanjutan 😇. Terus bagaimana? Solusinya sebenarnya sudah pernah dibahas di blog ini, sob. Hampir semua teks yang tampil di layar Android bisa disalin dengan menggunakan aplikasi Universal Copy, termasuk teks yang ada di aplikasi Instagram.

Kendati demikian, (sesuai judul artikel) kali ini Memudahkan akan mengungkap cara copy kata-kata di aplikasi Instagram tanpa perlu memasang aplikasi tambahan. Jadi di sini kita tidak akan membahas tentang Universal Copy atau sejenisnya, namun hanya sebuah tips sederhana untuk menyalin teks yang tampil di aplikasi Instagram.


Cara Copy Caption, Komentar, dan Link di Aplikasi Instagram


  1. Jalankan aplikasi Instagram di smartphone (Android atau iOS) Anda dan pilih postingan yang ingin disalin caption-nya. Dalam hal ini saya memilih salah satu postingan dari Xiaomi Indonesia. Ketuk menu tiga titik di kanan atas foto/video → pilih opsi "Salin Tautan".

    Salin tautan aplikasi Instagram

  2. Buka browser favorit Anda, browser apapun boleh, kali ini saya menggunakan Google Chrome. Tempel (paste) tautan yang tadi telah disalin ke kotak alamat/penelusuran browser untuk membukanya.

    Buka Instagram di browser Chrome

  3. Nah, di situ kita bisa menyalin caption Instagram dengan mudah, tinggal tandai teks dengan tekan tahan dan geser, lalu pilih opsi "Salin". Iya, Instagram versi mobile memang masih bisa di-copy teksnya.

    Copy link Instagram

  4. Untuk membuka link, tandai semua bagian link (misalnya mulai dari www sampai selesai), kemudian pilih opsi "Buka".

  5. Komentar pun bisa disalin dengan cara yang sama sob, tandai saja komentar yang diinginkan dan pilih opsi "Salin". Beres dah. UPDATE 16/05/2019: Komentar yang bisa di-copy ternyata hanya komentar yang ada di laman depan postingan IG saja, sob. Jadi komentar yang muncul setelah "Lihat semua komentar" diklik, saat ini tidak bisa disalin dengan cara di atas. Lalu solusinya? Gampang, pakai saja aplikasi Universal Copy 😀

Memang kita masih perlu aplikasi tambahan (Chrome) untuk membuka tautan postingan IG dan menyalin teks yang ada di dalamnya. Walau demikian, aplikasi browser seperti Chrome umumnya sudah termasuk dalam aplikasi bawaan ponsel (tinggal pakai) jadi tak perlu download dan pasang lagi, sob.

Oleh karena itu, boleh dikatakan bahwa tanpa pasang aplikasi tambahan seperti Universal Copy atau sejenisnya, terbukti kita bisa menyalin kata-kata atau link di caption maupun komentar Instagram. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×