31 Mei 2018

Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

Ditulis oleh pada 31.5.18
Secara default, foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri ponsel, kecuali bila kita menonaktifkan fitur "Unduh otomatis media". Iya, bila fitur tersebut tidak aktif, media (foto maupun video) hanya akan tampil di galeri setelah kita mengunduhnya secara manual.

Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri

Bagaimana dengan audio dan dokumen? Pada umumnya audio yang kita terima melalui WA akan terlihat dan bisa didengar melalui aplikasi pemutar musik (kecuali pesan suara/voice note yang tersembunyi secara default). Dokumen pun demikian sob, bisa terlihat di daftar dokumen pada aplikasi terkait (PDF Reader misalnya).

Lalu bagaimana cara menyembunyikan foto dan video WA dari galeri? Bagaimana pula agar audio dan dokumen tidak muncul di aplikasi terkait?


Agar Foto Whatsapp Tidak Terlihat di Galeri Ponsel


Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah foto dan video WA muncul di galeri. Mulai dari mengecualikan folder WhatsApp dari pindaian galeri, sampai menambahkan file ".nomedia" secara manual pada folder di mana foto dan video WhatsApp berada.

Ribet ya kedengarannya. Santai sob, mulai versi 2.18.159 beta, aplikasi WhatsApp untuk Android sudah dilengkapi dengan fitur "Visibilitas media". Seperti namanya, fitur tersebut berguna untuk mengatur visibilitas media (foto, video, audio, dan dokumen) yang kita terima melalui WA. Singkatnya, melalui fitur tersebut kita bisa menyembunyikan foto dan video WA kita.

Terus caranya bagaimana?


Cara Menyembunyikan Foto dan Video WhatsApp dari Galeri


Agar foto dan video WA yang kita terima tidak terlihat di galeri, termasuk audio dan dokumennya, silakan ikuti langkah mudah berikut.

  1. Perbarui aplikasi WhatsApp Android Anda ke versi paling baru (minimal versi 2.18.159 beta).

  2. UPDATE 04/06/2018: Pada pembaruan aplikasi WA versi 2.18.171, posisi fitur "Visibilitas media" dipindahkan ke menu 3 titik di kanan atas layar - Setelan - Chatting.

    Visibilitas media

  3. Gulir layar ke bawah dan hilangkan centang pada opsi "Tampilkan media di galeri" (Save media to gallery).

  4. Nah, setelah itu foto, video, audio, dan dokumen yang masuk ke WA Anda tidak akan terlihat di galeri ponsel.


Loh, kok foto dan video WA saya masih terlihat di galeri? Begini sob, setelan di atas hanya berlaku untuk foto/video yang baru masuk ke WA kita, jadi wajar bila foto dan video lama masih nongkrong di galeri. Dengan kata lain, media yang kita terima sebelum centang "Tampilkan media galeri" dihilangkan akan tetap terlihat di galeri.

Apakah foto dan video lama WA tersebut tidak bisa dihilangkan dari galeri? Bisa dong, hapus saja semuanya nanti juga hilang. Bercanda sob 😃

Agar foto dan video lama tidak terlihat di galeri, kita bisa mengecualikan (exclude) folder "WhatsApp - Media" dari pengaturan galeri ponsel kita, caranya mungkin berbeda untuk tiap jenis aplikasi galeri Android (bisa juga melalui fitur "Sembunyikan folder" bila tersedia - dalam hal ini saya menggunakan QuickPic).

Sembunyikan folder WA Android

Seperti yang sudah disinggung di atas, kita juga bisa menyembunyikan foto/video WA dari galeri menggunakan aplikasi file explorer (Solid Explorer misalnya). Cukup buat file baru di folder WhatsApp Images dengan nama ".nomedia". Lakukan hal sama pada folder-folder lain yang juga berisi media, seperti WhatsApp Video, WhatsApp Document, WhatsApp Audio, dsb.

UPDATE 23/06/2018: Bila sebelumnya kita hanya bisa mengatur visibilitas media untuk seluruh percakapan di WA, kini kita bisa memilih menampilkan atau tidak menampilkan media dari chat tertentu, baik grup maupun pribadi.

Sebagai contoh kita tidak ingin menampilkan foto dari grup WA tertentu di galeri ponsel (karena anggotanya sering kirim foto mantan atau laron), tapi di sisi lain kita tetap ingin foto dari grup atau chat lainnya tampil di galeri seperti biasanya, maka fitur ini akan sangat membantu.

Agar Foto Whatsapp Tidak Terlihat di Galeri Ponsel

Caranya juga mudah sob, cukup masuk ke info grup atau kontak yang diinginkan, lalu pilih "Visibilitas media". Di sana kita bisa memilih "Default (Yes/No)" untuk menggunakan pengaturan bawaan yang berlaku untuk semua chat (seperti update 04/06/2018 di atas). Selain itu kita juga bisa memilih "Yes" atau "No"untuk menampilkan atau tidak menampilkan media WA di galeri; khusus untuk grup atau kontak tersebut.

Oiya, cara tersebut hanya berlaku untuk foto atau video yang dikirimkan setelah kita menerapkan pengaturan visibilitas media, jadi foto lama akan tetap muncul/tersembunyi sesuai dengan pengaturan bawaan yang sebelumnya telah kita terapkan. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×