28 Februari 2018

Remote Control untuk Android TV Box Terbaik: Rii Mini i25A

Ditulis oleh pada 28.2.18
Pertengahan tahun lalu, Memudahkan mendapatkan kiriman paket dari Banggood.com, yang isinya adalah sebuah remote multifungsi dari Rii (Real Internet Idea).

Rii Mini i25A

Rii Mini i25A adalah remote control serba bisa untuk Android TV box dan Windows PC, laptop juga bisa sob. Bahkan dengan sedikit pengaturan tambahan, kita juga bisa menggunakan Rii Mini i25A menjadi remote universal untuk TV, AC, set top box, kipas angin, speaker, dan hampir semua perangkat elektronik yang bisa dikendalikan dengan remote infra merah.

Spesifikasi

  • RF mode: 2.4GHz GFSK
  • Sensor: infrared, gyroscope
  • Baterai: rechargeable 450mAh lithium-ion
  • Voltase: 3.7V  
  • Port: micro USB, jack audio 3.5mm
  • Input: tombol multimedia, d-pad, QWERTY, microphone
  • Dimensi/berat: 165 x 45 x 10mm/110g

Paket Penjualan

  • Kartu ucapan terima kasih
  • Receiver USB tipe nano
  • Kabel charger (USB dan micro USB)
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Remote + keyboard Rii Mini i25 

Review


Dilihat dari foto dan video yang beredar di internet, tampilan Rii Mini i25 terkesan biasa saja, tak ubahnya remote TV pada umumnya. Namun semua itu berubah saat saya melihat secara langsung remote tersebut, aura kecantikannya memancar sob 😁.

Review Rii Mini i25A Indonesia

Penggunaan warna hitam, putih, dan aksen oranye pada tombolnya mampu membuat remote ini terlihat premium. Built quality nya juga bagus, body plastiknya terasa kokoh saat digenggam baik dalam mode remote maupun keyboard.

airmouse plus keyboard Android TV box

Berbeda dengan body nya, hampir semua tombol di remote ini berbahan karet, kecuali bagian d-pad yang terbuat dari plastik. Tombolnya halus dan nyaman ditekan, namun feel nya berbeda dengan remote TV kebanyakan, lebih ceklak-ceklik sob, mirip tombol keyboard ponsel QWERTY zaman dulu.

Fungsi utama dari Rii Mini i25A adalah air mouse. Apa itu air mouse? Bisa dibilang mirip mouse komputer biasa sob, namun tidak perlu digeser-geser di atas meja atau permukaan datar lainnya, cukup genggam remote dan gerakkan di udara, maka kursor di layar juga akan ikut bergerak senada seirama. Penasaran? Simak video review Rii Mini i25A berikut ini:



Beberapa Fitur dan fungsi Rii Mini i25A yang dibahas pada video di atas:
  1. Mengendalikan mouse pointer dengan gerakan tangan.
  2. Mengatur volume, play pause musik dan video.
  3. Mengetik dengan keyboard QWERTY.
  4. Mengendalikan slide show PowerPoint.
  5. Voice/video chat melalui mikrofon dan port audio yang terintegrasi.
  6. Mengendalikan Android TV melalui perintah suara OK Google.
  7. Main game menggunakan tombol remote, keyboard, maupun gerakan tangan.
  8. Memprogram/meniru fungsi tombol remote TV biasa (IR learning).
  9. Menghidupkan dan mematikan TV dan perangkat lainnya (dengan sensor infrared).
  10. Memudahkan presentasi, browsing web, dll.
  11. Cocok untuk Android TV box, smartTV, smartphone/tablet Android (yang support USB OTG), Windows/Linux PC, proyektor, PlayStation, Xbox, iOS, dan Mac.

Seperti yang sudah saya sebutkan dalam video, baterai remote ini lumayan awet ya sob, mampu bertahan sekitar satu minggu sebelum minta dicas ulang, padahal sering sekali saya gunakan dalam proses pembuatan video review di atas. Mantab jiwa lah pokoknya.

Simpulan


Simpulannya, Rii i25A adalah salah satu pilihan terbaik untuk sebuah remote multi fungsi. Fiturnya terbilang lengkap dan fungsional, sangat memudahkan dalam mengendalikan beragam konten favorit di perangkat multimedia kita.

Penggunaannya pun sangat mudah, tinggal plug and play saja. Khusus Android TV box, kita bisa memanfaatkan microphone di Rii i25A untuk memberikan perintah suara OK Google.

Link pembelian (cek harga): Rii Mini i25A

Oiya, fitur infra merahnya jangan sampai lupa sob, dengan settingan yang benar, mengendalikan TV sekaligus Android box bisa dilakukan dengan satu remote saja, praktis sekali bukan? Sip, semoga bermanfaat 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×