29 April 2018

Cara Membuat Tombol L1 R1 untuk PUBG Mobile, Rules of Survival, dan Free Fire

Ditulis oleh pada 29.4.18
Main PUBG Mobile di Android maupun di iPhone bukanlah hal yang mudah dilakukan sob. Bayangkan saja, terdapat puluhan tombol yang terhampar di layar ponsel kita saat memainkan game tersebut, namun secara umum kita hanya bisa menggunakan dua jempol saja.

Tombol L1 R1 untuk PUBG Mobile, Rules of Survival, dan Free Fire

Nah, agar lebih mudah memaksimalkan tombol-tombol tersebut, para gamer mobile tidaklah kehabisan akal sob. Melalui kreatifitas yang mereka miliki, terciptalah tombol L1R1 khusus untuk main game battle royale macam PUBG Mobile, Rules of Survival, maupun Free Fire.

Apa gunanya tombol L1 R1? Dengan tombol L1 R1 (sering disebut juga L1/R1 Sharp Shooter), kita bisa menggunakan jari telunjuk kiri dan kanan kita untuk menekan tombol fire dan scope, sehingga tugas kedua jempol kita lebih ringan sob.

Ketika artikel ini diketik, kita bisa menemukan tombol L1 R1 buatan pabrik (maupun hasil cetakan 3D printer) di berbagai toko online. Harganya bervariasi, mulai dari 15 ribu sampai 200 ribu rupiah. Sebagai alternatif, kita juga bisa membuat tombol L1 dan R1 sendiri dengan alat dan bahan berikut:
  1. Bekas penyangga kartu SIM perdana dua lembar.
  2. Aluminium foil, bisa dari bungkus coklat, rokok, maupun gulungan foil yang biasa digunakan untuk mengukus/memanggang kue.
  3. Selotip bolak-balik (double tape).
  4. Gunting.
  5. Korek api gas.
  6. Penggaris besi (opsional).

Cara membuat tombol L1R1 dari bekas kartu perdana sudah banyak dibahas di YouTube. Sebagai contoh saya menerapkan tutorial dari MazMazing pada video di bawah ini. Bagaimana hasilnya? Apakah bisa Winner winner chicken dinner? Silakan langsung simak saja videonya, atau ikuti ulasan di bawahnya.

Video Tutorial Membuat Sendiri Tombol L1R1 untuk PUBG Mobile




Cara Membuat Tombol L1R1 dengan Bekas Kartu SIM Perdana dan Aluminium Foil

  1. Untuk tutorial ini, saya menggunakan bekas penyangga kartu SIM perdana 3 dan Axis. Kalau operator lain bagaimana? Bisa juga sob, asalkan bentuk dan ukurannya sama, semisal tak sama bisa disesuikan sendiri. Selanjutnya, silakan ikuti ulasan singkat berikut ini.

  2. Potong bagian yang sudah ditandai dengan menggunakan gunting.

    kartu SIM perdana 3 dan Axis

  3. Rapikan bagian-bagian yang masih tajam agar tidak merusak layar/case saat dipasang di ponsel nantinya.

  4. Untuk L1, tekuk (sedikit saja) kedua kaki kartu dengan arah sesuai gambar, gunakan penggaris besi, bekas kartu lain, atau pinggiran meja untuk memudahkan menekuk. Untuk R1, tekuk ke arah sebaliknya (berlawanan dengan L1).

  5. Ukur dan tandai kartu sesuai dengan ketebalan ponsel kita.

  6. Tekuk lagi ujung kartu sedikit saja sebagai penanda.

    Tekuk tombol L1 R1

  7. Panaskan tekukan-tekukan tersebut dengan korek api gas, dipanaskan saja jangan sampai terbakar. Hal itu bertujuan agar kartu tidak mudah patah saat ditekuk dan tentu saja memudahkan dalam proses penekukan 😀

  8. Segera tekuk kaki dan ujung kartu sehingga membentuk sudut siku-siku seperti di gambar.

  9. Sesuaikan lagi sudut tekukan agar kartu menempel kuat di ponsel dan pastikan kaki-kakinya menempel kuat di body dan layar ponsel.

  10. Tempelkan selotip bolak-balik mulai dari sisi dalam kaki yang besar sampai luarnya.

    Tombol L1R1 aluminium foil

  11. Tempelkan aluminium foil dari sisi dalam kaki besar sampai luarnya seperti di gambar. Kenapa aluminium foil? Karena selain mudah didapat, aluminium foil termasuk benda konduktif yang mampu menghantarkan muatan listrik dari tubuh (jari) kita ke layar sentuh dengan baik. Di samping itu, aluminium foil juga relatif lembut sehingga tidak merusak permukaan layar sentuh ponsel kita.

  12. Rapikan aluminium foil agar tidak mudah lepas terlihat bagus. Sampai di sini bingung? Tonton saja video di atas sob.

  13. Jalankan game battle royale favorit Anda, dalam hal ini saya main PUBG Mobile. Lalu masuk ke Settings - Controls - Customize.

  14. Pindahkan tombol tembak (fire) dan bidik (aim) ke posisi bertanda panah.

    Setting PUBG Mobile tombol L1R1

  15. Sesuaikan ukurannya agar lebih responsif saat ditekan nanti.

  16. Masuk ke mode training dan usahakan posisi kedua tombol tersebut tidak mengganggu fungsi tombol lain.

  17. Pasang tombol L1 di bagian kiri ponsel dan R1 di bagian kanan seperti tampak di gambar.

    L1R1 sharpshooter

  18. Gunakan MultiTouch Tester (yang ini tidak ada di video) untuk mencoba fungsi tombol L1 R1 (tekan foil yang berada di atas/punggung kartu) atau langsung coba saja di mode training.

  19. Bila tombol L1 R1 tidak berfungsi atau malah menekan terus-menerus, cek apakah foil menempel pada body atau case ponsel, bila iya, ubah posisinya atau kurangi ukurannya agar tidak menempel, dengan kata lain, pastikan foil hanya menempel pada kartu dan layar sentuh.

  20. Bila masih tidak berfungsi atau tombol tidak merespon, pastikan seluruh permukaan foil yang menghadap layar sentuh menempel dengan sempurna. FYI: prosesor ponsel hanya akan merespon sentuhan minimal seluas ujung jari kita, jadi bila foil tidak menempel sempurna, hanya sebagian kecil saja (karena miring dan sebagainya), maka sentuhan kita pada tombol L1R1 tidak akan direspon dengan baik oleh layar.

  21. Kok tombolnya masih menekan terus menerus meski tidak disentuh? Masalah tersebut tidak terjadi pada semua hape sob, tapi bila hape Anda mengalami itu, matikan layarnya sebelum memasang tombol.

Ribet ya? Sebenarnya mudah saja sob, tanpa tutorial pun saya yakin Anda bisa membuat tombol L1R1. Masalahnya mungkin pada saat menyesuaikan ukuran kartu dengan ponsel dan juga saat menekuk kartu. Bila ukuran kurang pas, atau ada sudut tekukan yang miring misalnya, maka kemungkinan besar kartu tidak akan terpasang dengan baik di ponsel kita, bisa jadi longgar, uglak-uglik, dan berujung pada kurang responsifnya tombol saat ditekan.


Jujur saja, percobaan pertama saya dalam membuat tombol L1R1 juga tidak berhasil. Layar ponsel tidak merespon sama sekali saat foil ditekan. Berbekal rasa penasaran, saya tekuk-tekuk lagi kartunya sampai benar-benar kencang mencengkeram body dan layar ponsel, lalu saya ganti foilnya beberapa kali sampai menemukan posisi yang tepat, yang penting tidak menempel pada case atau body ponsel. Hasilnya? Silakan simak video di atas bila belum.

Beli tombol L1R1 Sharpshooter di toko online

Jika Anda tidak ingin repot tekuk-tekuk kartu dan tempel-tempel foil, silakan langsung buka toko online favorit Anda, lalu lakukan pencarian produk dengan kata kunci "L1R1 sharpshooter". Nah, di sana Anda bisa menemukan berbagi model tombol L1R1 buatan pabrik yang siap pakai dan siap menang makan kenyang, tinggal dipilih sesuai selera (salah satunya seperti foto di atas). Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×