19 Mei 2018

Tombol L1 R1 Mechanical untuk PUBG Mobile, Fortnite, Rules of Survival, dan Free Fire

Ditulis oleh pada 19.5.18
Beberapa waktu yang lalu, Memudahkan memperoleh kiriman paket dari luar pulau, yang isinya adalah tombol L1R1 Sharpshooter untuk game bergenre battle royale macam PUBG Mobile. Tombol tersebut dibuat oleh Rotasi Studio, sebuah studio robotika dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Karya anak nusantara nih sob.

Tombol L1 R1 Mechanical untuk PUBG Mobile, Fortnite

Pertama kali paketnya dibuka, kita akan menemukan kotak penyimpanan berwarna oranye (warna mungkin berbeda sesuai stock). Di dalamnya terdapat tombol L1R1 mechanical berwarna dominan hitam, ada juga yang kombinasi warna hitam dan abu-abu, tapi saya lebih suka warna hitam seperti ini.

Tombolnya ceklik-ceklik (clicky) saat ditekan, persis seperti mekanisme klik pada mouse komputer. Di bagian tombol dan kakinya ada semacam logam konduktif yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari jari ke layar sentuh.

Unboxing tombol L1R1 Sharpshooter

Berdasarkan keterangan dari pembuatnya, tombol L1 R1 ini bisa memuat ponsel dengan ketebalan maksimal 10mm atau 1cm, pakai case masih bisa sob, asal setelah dipasang tebalnya tidak lebih dari 1 senti.

tombol L1 R1 dengan baut

Agar tidak mudah bergeser, kita kencangkan bautnya sedikit saja, jangan terlalu kencang atau terlalu longgar, sedang-sedang saja agar tidak terlalu menekan case dan layar hape kita. Di sini saya menggunakan aplikasi Multitouch Tester untuk mengetes fungsi dari masing-masing tombol.

Tes tombol L1R1 dengan Multitouch Tester

Bila layar sentuh tidak merespon saat tombol ditekan, kita bisa menggeser posisi tombol atau menambah kekencangan baut. Pastikan kedua tombol merespon dengan baik saat ditekan, baik saat ditekan bersamaan maupun bergantian. Semisal tombol di layar menekan terus-menerus padahal tombol L1 dan R1 tidak ditekan, matikan dan hidupkan layar ponselnya.

Untuk menggunakan tombol L1R1 pada game battle royale kita wajib melakukan pengaturan custom control/HUD terlebih dahulu. Dalam hal ini saya menggunakan PUBG Mobile sebagai contoh, untuk game lainnya bisa menyesuaikan.

Kita masuk ke laman Settings PUBG Mobile - Controls - Customize. Kemudian kita pindahkan posisi tombol tembak (fire) dan bidik (aim) ke kiri dan kanan atas layar, seperti screenshot berikut.

PUBG Mobile - Controls - Customize

Selanjutnya kita sesuaikan posisi kaki tombol L1 dan R1 tepat di atas tombol fire dan aim yang berada di layar sentuh. Bila belum pas, longgarkan dulu bautnya lalu geser sampai kaki tombol L1 dan R1 benar-benar menyentuh tombol di layar.

Di sini posisinya memang sengaja saya balik sob, jadi L1 untuk menembak, dan R1 untuk membidik. Bukan karena apa-apa ya, cuma masalah kebiasaan saja.

PUBG Training mode

Tombolnya terasa mantap, sensasi kliknya berbeda dengan tombol L1 R1 lain yang beredar di pasaran saat ini. Jari kita juga bisa nyandar di tombol tanpa perlu takut memencet secara tidak sengaja. Ukuran tombolnya pun terlihat pas dan tidak mengganggu pandangan kita ke layar.

Yang pasti rekomended buat kalian yang sedang mencari tombol L1 R1 untuk main game battle royale seperti PUBG Mobile, Fortnite, ROS, maupun Free Fire. Ini bukan endorse ya sob, cuma opini pribadi saya setelah mencoba tombol hasil 3D printer ini selama kurang lebih satu minggu.


Pada video di atas, saya mengetes tombol L1R1 mechanical tersebut dengan memainkan mode Arcade (sniper) pada PUBG Mobile, apakah bisa Winner winner chicken dinner lagi? Silakan langsung simak saja videonya sob 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×