16 November 2017

3 Cara Copy Nomor Resi dari Aplikasi Shopee Android

Ditulis oleh pada 16.11.17
Sampai artikel ini diketik, kita tidak bisa menyalin nomor resi dari aplikasi Shopee Android. Kenapa bisa begitu? Kemungkinan karena Shopee sudah menyediakan fitur lacak pesanan terintegrasi pada aplikasinya.

3 Cara Copy Nomor Resi Shopee

Masalahnya, update status pesanan pada fitur tersebut tidaklah secepat fitur tracking barang yang disediakan oleh beberapa jasa pengiriman macam JNE, Pos, atau J&T. Misalnya ketika saya cek di Shopee, pesanan saya masih di Jakarta, namun ternyata sudah sampai Solo jika dicek dari aplikasi myJNE. Oleh karena itu, tidak jarang saya lebih memilih menggunakan aplikasi tracking daripada menunggu update dari aplikasi Shopee.

Skenarionya kurang lebih seperti ini; begitu penjual menginput nomor resi, kita akan memperoleh notifikasi dari aplikasi Shopee yang isinya menyatakan bahwa barang sudah dikirim dengan nomor resi sekian. Masalahnya lagi, kita tidak bisa menyalin nomor resi tersebut dari aplikasi Shopee untuk kemudian ditempel pada aplikasi tracking seperti myJNE. Solusinya? Ya ketik manual sob.

Ga gitu juga kali. Benar sob 😀, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk melakukan copy paste nomor resi dari aplikasi Shopee Android.

1. Pakai Aplikasi Universal Copy


Inilah cara yang sering saya lakukan, pakai aplikasi Universal Copy. Seperti yang sudah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, kita bisa copy teks dari aplikasi apa saja menggunakan Universal Copy.

Copy resi Shopee Universal Copy

Universal Copy

Meski demikian, khusus untuk aplikasi Shopee, Universal Copy tidak bisa menampilkan isi teks yang akan disalin alias blank (mungkin bug atau semacamnya). Solusinya cukup mudah sob, kita perkirakan saja letak nomor resinya, ketuk-ketuk di area tersebut sampai terpilih teksnya, dan tekan tombol copy. Beres dah.


2. Menggunakan fitur Grab image text di Google Keep


Kalau cara di atas dirasa susah, fitur "Grab image text" yang ditawarkan Google Keep bisa dicoba sob.

Copy resi Shopee Google Keep

Grab image text


Cukup ambil screenshot dari laman status pengiriman, masukkan ke Google Keep (ikon "+" lalu "Choose image"), ketuk screenshot tersebut, pilih menu tiga titik, pilih "Grab image text", lalu tunggu sampai screenshot selesai diupload dan nomor resi muncul di bawahnya.


3. Lewat aplikasi Text Fairy


Cara ketiga ini sebenarnya mirip dengan cara sebelumnya (sama-sama pakai teknologi OCR). Buat yang belum tahu, Text Fairy adalah aplikasi yang berguna untuk mengekstrak teks dari gambar atau foto, sehingga bisa di-copy paste.

Copy resi Shopee Text Fairy

Text Fairy

Masukkan screenshot dari laman status pengiriman Shopee ke Text Fairy, tandai area sekitar nomor resi (usahakan areanya tetap kotak biar mudah dikenali), ketuk panah di bawah layar untuk lanjut, pilih jumlah kolom (bebas), ketuk "Start", copy nomor resi, dan beres sudah sob.


Setelah berhasil disalin, kita bisa menempelkan (paste) nomor resi tersebut pada aplikasi tracking barang terkait (sesuai dengan jasa pengiriman yang kita gunakan).

Nah, dari 3 cara copy nomor resi Shopee di atas mana yang Anda pilih? Kalau saya sih tetap pilih Universal Copy, lebih praktis dan cepat walau masih nge-bug 😃 Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×