09 Oktober 2021

Menyalin Teks dari Aplikasi Apa pun di Android dengan Universal Copy

Ditulis oleh pada 9.10.21

Pernah mencoba untuk menyalin tulisan dari aplikasi Android dan ternyata gagal? Iya, tidak semua aplikasi Android mengizinkan kita untuk memilih teks yang berada di dalamnya, apalagi sampai copy paste. Terpaksa ketik secara manual dah.

Copy tulisan di aplikasi Android yang tidak bisa dicopy

Pada umumnya, menyalin teks di Android dilakukan dengan cara tekan tahan teks, geser kursor untuk menandai kata, kalimat, atau paragraf, kemudian ketuk tombol salin atau copy yang muncul. Sayangnya, banyak aplikasi Android yang tidak merespon saat teksnya ditekan lama, kalaupun ada respon, kursor atau tombol copy tidak muncul, jadi ya tidak bisa disalin sob. Ketik manual lagi dah.

Mengetik teks secara manual sebenarnya banyak manfaatnya sob, tapi ya itu, menyita waktu. Oleh karena itu, agar teks di aplikasi Android bisa disalin, kita bisa menggunakan aplikasi Universal Copy. Dari namanya, kita bisa tahu bahwa Universal Copy merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menyalin atau copy teks dari aplikasi apa pun, bahkan dari aplikasi yang teksnya tidak bisa dikopi.

Biar lebih gamblang, simak cara menyalin teks dari Instagram dengan Universal Copy berikut ini.

Cara Copy Caption Instagram Android dengan Aplikasi Universal Copy

  1. Unduh, pasang, dan jalankan aplikasi Universal Copy.
  2. Aktifkan layanan Universal Copy melalui tombol "Activate" → Layanan yang didownload → Universal Copy → nyalakan "Aksesibilitas" → pilih "Izinkan".
  3. Buka aplikasi yang akan dikopi teksnya, Instagram misalnya.
  4. Pastikan teks yang hendak disalin nampak di layar kemudian aktifkan 'Universal Copy mode' melalui bar notifikasi.
    Universal Copy
  5. Pilih teks yang akan disalin dengan mengetuknya, lalu tekan tombol edit (ikon pensil).
    Salin komentar Instagram Android
  6. Geser kursor untuk menandai teks lalu tekan tombol copy untuk menyalinnya.
  7. Beres, kini kita bisa menempel (paste) teks tersebut ke aplikasi editor teks atau media sosial untuk dibagikan.
  8. Lebih lanjut mengenai penggunaan aplikasi Universal Copy bisa disimak pada video yang ada di artikel ini: Ubah Mi Band 2 jadi Tomsis.

Bila ingin lebih cepat, pada langkah kelima kita bisa langsung menekan tombol copy untuk menyalin seluruh teks yang ditandai dengan warna biru.

Selain caption dan komentar Instagram, kita juga bisa mengopi teks dari Facebook, Twitter, YouTube, Wattpad, dan (hampir) seluruh aplikasi Android yang beredar saat ini. Deskripsi produk di aplikasi Shopee, Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak juga bisa disalin, sob. Nah, bila Anda tidak bisa ngopi tulisan di aplikasi Android, gunakan saja aplikasi Universal Copy yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×