08 November 2017

Files Go: Aplikasi File Manager Android Ringan Buatan Google

Ditulis oleh pada 8.11.17
Seperti yang kita tahu, program Android One sekarang sudah naik kelas. Iya, awalnya Android One hanya bisa ditemukan pada ponsel murah, spek rendah, namun dengan performa yang 'wah' (kalau tidak 'wah' ya lumayan lah). Kini melalui Xiaomi Mi A1, Google mencoba membuat kesan yang lebih premium untuk ponsel Android One, sehingga harganya pun ikut terangkat, sedikit menjauh dari predikat 'murah'.

Aplikasi File Manager Android Ringan Buatan Google

Meski demikian, Google tidak melupakan begitu saja pasar Android murah yang tentunya masih sangat potensial untuk digarap. Pada acara Google I/O yang diadakan Mei lalu, Google mengumumkan sebuah program baru yang dilabeli Android Go. Singkatnya, Android Go adalah penerus program Android One; yang punya misi mengembangkan ponsel Android ramah budget yang tidak bikin mumet.


Aplikasi untuk Android Go


Untuk memulai misi tersebut, Google mulai menggarap sistem operasi Android ringan (khusus untuk smartphone dengan RAM minimal 512Mb) yang kabarnya berbasis dari Android 8.0 Oreo. Nah, untuk menunjang RAM yang minimalis tersebut, Google juga mengembangkan sejumlah aplikasi Android ringan dengan embel-embel nama 'Go'.

Benar sekali sob, seperti yang sudah disinggung pada artikel sebelumnya, aplikasi YouTube Go adalah salah satu aplikasi ringan yang menjadi bagian dari program Android Go. Minim fitur memang, tapi performa YouTube Go sudah pasti ngebut sob, jalan di ponsel dengan RAM 512Mb ayo aja lah pokoknya.


Files Go, File Manager Android Ringan


Menyusul YouTube Go, baru-baru ini Google diketahui sedang mengetes aplikasi file manager ringan yang bernama Files Go. Saat artikel ini diketik, ukuran APK Files Go cuman sekitar 5Mb, dan jadi 10Mb-an setelah dipasang, kecil banget ya. Tampilannya yang sederhana diisi oleh indikator kapasitas memori ponsel serta beragam alat untuk melegakannya kembali (clear cache, hapus duplikasi, dll.).

Files Go

Di tab kedua, kita bisa menjelajahi file yang tersimpan di ponsel berdasarkan jenisnya (gambar, video, dokumen, dsb.). Sayangnya untuk saat ini kita belum bisa menjelajahi file di Files Go berdasarkan folder layaknya aplikasi file manager pada umumnya. Yang paling menarik, Files Go juga dilengkapi dengan fitur berbagi file via Wifi (hotspot) dan Bluetooth macam SHAREit, Mi Drop, atau Xender.

Walau sempat dirilis di Play Store (untuk keperluan beta testing secara tertutup), aplikasi Files Go kini ditarik kembali tanpa alasan yang jelas (mungkin karena kuota testernya sudah terpenuhi). (UPDATE 10/11/2017: Google telah merilis kembali aplikasi Files Go versi beta di Play Store). Buat Anda yang pengen nyoba, Files Go APK masih bisa diunduh melalui link yang tersedia di bawah ini. Selamat mencoba 😊

Download Files Go APK | Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×