10 November 2016

Cara Mengirim Gambar Animasi GIF di WhatsApp Android

Tak berapa lama setelah dirilis di iOS, fitur kirim dan terima gambar animasi GIF kini sudah bisa digunakan di WhatsApp untuk Android. Sebelumnya, apa itu GIF? Graphics Interchange Format atau disingkat GIF adalah salah satu format gambar yang sering digunakan untuk menampilkan animasi pendek.

Kirim Gambar bergerak GIF di WhatsApp Android

Kenapa GIF? Bila dibandingkan video, GIF memiliki ukuran yang relatif lebih kecil sehingga cocok untuk dibagikan di berbagai media sosial, termasuk WhatsApp. Umumnya, GIF diambil dari potongan adegan film atau video yang lucu atau mengandung unsur humor. Selain itu, GIF juga dimanfaatkan oleh para seniman grafis sebagai wadah kreatifitasnya dalam bidang desain animasi.

Seperti halnya video call, fitur berbagi GIF di WhatsApp sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama; baik di Android maupun iOS, namun masih dalam tahapan uji coba pada versi beta. Baru pada versi 2.16.343 stable yang dirilis beberapa waktu yang lalu, aplikasi WhatsApp Android secara resmi telah dilengkapi dengan fitur untuk mengirim, menerima, dan memutar gambar animasi GIF.

Lalu bagaimana cara kirim GIF melalui WhatsApp Android? Mudah sekali sob, silakan update aplikasi WhatsApp Anda ke versi paling baru, kemudian tonton video ini atau simak ulasan singkat di bawahnya.


Video Kirim Gambar bergerak GIF di WhatsApp Android


Ini adalah video dari channel YouTube Memudahkan sob, silakan subcribe untuk mengikuti update video menarik lainnya.


Sebagai penyeimbang dan pelengkap, Memudahkan juga menyajikan tutorial dalam bentuk teks dan gambar berikut ini.


Tutorial Kirim GIF Animasi di WhatsApp Android


  1. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu buka salah satu kontak atau grup

  2. Pilih lampiran/atachement dan pilih Galeri

    tab GIF

  3. Buka tab GIF, pilih folder 'Semua GIF' atau folder yang lain yang penting mint GIF.

  4. Kemudian pilih salah satu gambar animasi GIF sesuai selera.

  5. Tambahkan keterangan dan emoji bila perlu, lalu ketuk tombol panah ke kanan atau tombol kirim untuk mengirim gambar tersebut.

    gambar animasi GIF

  6. Tunggu sampai gambar animasi GIF-nya selesai diunggah dan ketuk untuk memainkannya.

  7. Ketuk sekali lagi untuk menampilkan gambar bergerak GIF secara fullscreen.

  8. Untuk membedakan dengan format lainnya, terdapat ikon GIF di laman informasi media, di laman chat, dan juga di daftar chat.

Dari mana kita memperoleh file gambar GIF animasi? Di internet buanyak sob, bisa dicari pada situs yang telah disebutkan di video.

Ke depannya, kabarnya pihak WhatApp akan mengintegrasikan fitur pencarian GIF langsung di dalam aplikasi (seperti saat memilih emoji) agar memudahkan kita dalam mencari animasi yang diinginkan.

Jadi selain cara yang ada di video, kemungkinan masih ada lagi cara alternatif yang lebih mudah dalam berbagi GIF di WhatsApp. Pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya. Selamat mencoba 😊

UPDATE 16/01/2017: Selain dari galeri, kini kita bisa mencari gambar GIF animasi langsung melalui WhatsApp. Iya, dengan hadirnya dukungan Tenor dan Giphy di WhatsApp, mengirim GIF kini semakin mudah dan cepat. Info selengkapnya bisa disimak pada artikel Cari dan Kirim GIF di WhatsApp Android.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×