14 November 2016

Mengamankan Akun WhatsApp dengan Verifikasi Dua Langkah

WhatsApp makin kaya fitur sob. Setelah hadirnya dukungan terhadap file gambar animasi GIF, kini WhatsApp menambahkan Verifikasi Dua Langkah atau Two-Step Verification.

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Apa gunanya verifikasi dua langkah di WhatsApp? Seperti halnya akun online lainnya (Google, Facebook, Twitter, dkk), verifikasi dua langkah milik WhatsApp berfungsi sebagai lapisan tambahan agar akun kita makin aman.

Makin aman bagaimana? Setelah mengaktifkan verifikasi dua langkah, nomor WhatsApp kita tidak akan bisa diverifikasi ulang oleh orang lain (diganti dengan nomor lain) dalam jangka waktu 7 hari, tanpa memasukkan kode sandi 6 digit yang sebelumnya telah kita tetapkan (berguna ketika ponsel/kartu hilang).

Berarti setelah 7 hari bisa diverifikasi tanpa kode sandi? Benar sob, namun semua pesan yang masuk (pending) ke nomor tersebut akan hilang atau terhapus. Jika lewat dari 30 hari, akun WA pada nomor tersebut akan otomatis dihapus dari server dan bisa diganti dengan akun baru.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Ikuti ulasan mudah berikut.


Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp


  1. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru. Saat ini fitur verifikasi tersebut baru tersedia pada aplikasi WhatsApp versi beta.

  2. Buka Setelan WhatsApp » Akun » Verifikasi dua langkah » Aktifkan.

    Verifikasi dua langkah


  3. Masukkan 6 digit kode sandi sesuai selera (mudah diingat tapi susah ditebak), konfirmasi sekali lagi, kemudian tambahkan alamat email, lanjut ke konfirmasi juga, lalu ketuk tombol 'Selesai'.

    6 digit kode sandi


  4. Bila berubah pikiran, kita juga bisa mengganti kode sandi, email, atau bahkan menonaktifkan verifikasi dua langkah WhatsApp.

    menonaktifkan verifikasi dua langkah WhatsApp


  5. Secara berkala WhatsApp akan meminta kode sandi saat kita membukanya (agar tak mudah lupa sekaligus melindungi privasi kita). Kalau semisal lupa bagaimana? Tenang sob, kode sandi yang terlupa bisa direset melalui email yang tadi kita gunakan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Tanpa verifikasi 2 langkah, nomor WhatsApp kita akan sangat mudah diganti dengan nomor lain jika berada di tangan yang salah. Nah, dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp, privasi kita akan lebih aman dan tetap terjaga meski nomor atau hp lenyap entah ke mana. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×