07 November 2016

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram - Tambah Tombol Kontak

Akhir-akhir ini ada yang beda dengan laman profil beberapa akun Instagram yang saya kunjungi, salah satunya akun Kompas TV. Di samping tombol 'Follow', terdapat tombol 'Contact' yang (sewaktu artikel ini diketik) tidak saya temukan di akun lain macam Kompas.com maupun 9Gag.

Akun Bisnis Instagram Memudahkan

Dari situ timbul pertanyaan: Bagaimana cara menambahkan tombol kontak di profil Instagram? Jawabannya adalah dengan mengubah akun Instagram personal menjadi akun Instagram bisnis. Nah, lalu bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram dari akun biasa/personal? Mudah sekali sob, mari lanjut bacanya.

Sebelum menjawab pertanyaan di paragraf sebelumnya, kita bahas dulu apa itu akun bisnis Instagram dan apa pula gunanya sehingga kita perlu membuatnya. Seperti namanya, akun bisnis Instagram adalah akun khusus yang berguna untuk memudahkan pengguna menjalankan bisnis di Instagram. Bisnis seperti apa? Ya yang paling umum adalah bisnis jual beli barang dan jasa sob (toko online misalnya).

Lebih lanjut, selain adanya tombol kontak (yang bisa diisi dengan email, nomor telepon, dan alamat) yang memudahkan followers mengubungi kita, akun bisnis Instagram juga telah dilengkapi dengan wawasan statistik layaknya laman Facebook. Melalui wawasan statistik tersebut, kita bisa memantau dan mengamati jangkauan setiap foto atau video yang kita unggah sejak beralih ke Instagram bisnis (konten yang diupload sebelum itu tidak masuk statistik).

Oke, untuk menuntaskan rasa penasaran Anda, di bawah ini saya sajikan cara membuat akun bisnis Instagram dari akun biasa, jadi tak perlu buat akun baru. Namun sebelumnya, siapkan terlebih dahulu sebuah laman Facebook atau fanspage yang nantinya akan kita hubungkan ke akun Instagram. Bila semua sudah siap, silakan ikuti video tutorial berikut ini.


Video Tutorial Cara Membuat Akun Bisnis Instagram


Ini adalah video dari channel YouTube blog Memudahkan, jangan lupa like, share video ini, dan subscribe agar saya makin rajin postingnya sob :D Terima kasih :)


Biar lebih jelas, simak juga langkah mudah mengubah akun biasa menjadi akun bisnis Instagram lengkap dengan tombol kontak pada ulasan di bawah ini.


Cara Tambah Tombol Kontak di Profil Instagram Bisnis


  1. Jalankan aplikasi Instagram, masuk ke laman profil » Ketuk tombol menu untuk masuk ke 'Options' » Pilih 'Switch to Business Profile'.

    Switch to Business Profile

  2. Selanjutnya kita bisa lihat-lihat sekilas pandang fitur yang ditawarkan Instagram Bisnis, atau langsung tekan tombol 'Continue', lalu masuk ke akun Facebook.

    Fitur Instagram Bisnis

  3. Setelah itu pilih laman Facebook yang akan kita hubungkan dengan akun bisnis Instagram lalu tekan tombol panah ke kanan. Di laman 'Set Up Your Business Profile', kita bisa menambah (atau mengurangi) info kontak yang nantinya akan muncul bila tombol kontak di laman profil Instagram bisnis kita disentuh. Kalau sudah beres, ketuk tombol centang untuk lanjut.

    Set Up Your Business Profile

  4. Kemudian akan muncul pop up 'Welcome' yang menandakan bahwa akun bisnis Instagram kita telah berhasil dibuat.

    Insight (wawasan statistik) Instagram

  5. Silakan dicoba tombol kontaknya sob, jelajahi juga laman Insight (wawasan statistik). Untuk mengetahui gambaran lebih jauh mengenai fitur wawasan statistik di akun bisnis Instagram, silakan putar video di atas.


Nah, buat akun bisnis Instagram beserta tombol kontak di laman profil ternyata mudah untuk dilakukan sob, asal kita punya fanspage Facebook dan tahu cara menautkannya ke akun Instagram.

Bila berubah pikiran, kita juga bisa mengembalikan akun bisnis Instagram ke akun pribadi lagi, caranya tak jauh beda dengan cara di atas (pilih 'Switch Back to Personal Account'). Konsekuensinya, data statistik yang kita peroleh saat menggunakan akun bisnis Instagram akan hilang atau reset.

Mau balik ke akun bisnis lagi? Bisa juga sob, tetap gratis dan bisa dilakukan kapan saja dengan mengikuti ulasan atau video tutorial yang sudah kita bahas tadi. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×