14 April 2017

Cara Video Call di WhatsApp untuk Android [UPDATED]

Ditulis oleh pada 14.4.17
Maret tahun 2015 lalu, WhatsApp merilis fitur panggilan suara atau voice call. Melalui fitur tersebut kita bisa menelepon teman WA kita tanpa mengurangi pulsa utama (kuota internet mungkin berkurang). Melangkah lebih jauh lagi, aplikasi perpesanan instan milik Facebook tersebut kini sedang melakukan uji coba fitur panggilan video atau video call.

Panggilan video WA

Iya, rupanya WhatsApp tidak mau ketinggalan dengan aplikasi sejenis yang sudah lebih dulu menyematkan fitur video call (sebut saja BBM, FB Messenger, Line, dkk). Pertanyaannya, kapan kita bisa menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan video? Bagaimana cara mengaktifkan fitur video call WhatsApp di ponsel Android?

Untuk saat ini, belum ada keterangan resmi yang bisa memberikan jawaban pasti sob. Meski begitu, aplikasi WhatsApp Android beta (versi 2.16.80) ternyata sudah menyediakan opsi video call. Inilah penampakannya.

Video Call di WhatsApp untuk Android


Cara video call di WhatsApp Android berdasarkan screenshot di atas adalah dengan menekan ikon gagang telepon di laman chat lalu pilih opsi 'Video Call'. Sayangnya, seperti yang tampak di screenshot kanan, saat ini fitur video call WhatsApp belum tersedia (setidaknya untuk versi yang saya coba). Bila Anda tertarik untuk mencoba WhatsApp Android versi beta dengan fitur panggilan video, silakan mendaftar sebagai beta tester di Play Store atau unduh APK-nya via APKMirror, siapa tahu sudah bisa video call sob.

OK, seperti yang sudah saya ketik di paragraf pertama, fitur WhatsApp Video Call sekarang ini masih diuji coba, jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya sob. Artikel ini akan saya update bila ada kabar terbaru seputar video call di aplikasi WA Android. Pantau terus Memudahkan ya sob 😉

UPDATE 25/10/2016: Fitur video call atau panggilan video WhatsApp Android kini telah dirilis sob (mulai versi 2.16.318 beta). 

Iya, sekarang kita sudah bisa melakukan video call di WhatsApp untuk Android. Caranya bisa disimak pada bahasan singkat berikut.


Cara Melakukan Panggilan Video di WhatsApp


  1. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru, bisa lewat Play Store, APK Mirror, atau situs WhatsApp, minimal versi 2.16.318.

  2. Cuci muka dan sisir rambut bila perlu, biar kelihatan rapi ketika bervideo call nanti 😀

  3. Buka laman chat salah satu kontak WA Anda, ketuk ikon telepon, lalu pilih 'Panggilan video' atau 'Video call' pada pop up yang muncul. Pastikan dia yang di sana juga sudah menggunakan WA terbaru. UPDATE 14/04/2017: Khusus untuk versi terbaru 2017, cara video call WA bisa dibaca pada langkah selanjutnya (langkah ke-4).

    Panggilan Video di WhatsApp Android


  4. Pada aplikasi WhatsApp versi terbaru, tombol video dan voice call dibuat terpisah. Oleh karena itu, cukup tekan ikon video call (ikon kamera video) untuk melakukan panggilan video di WhatsApp. Cek screenshot di bawah ini biar lebih jelas.

    video call wa 2017


  5. Tunggu panggilan kita diangkat oleh dia yang di seberang sana. Sembari menanti, kita bisa berkaca melalui kamera depan (bisa juga diganti ke kamera belakang dengan mengetuk ikon kamera).

  6. Selanjutnya Anda tahu apa yang harus dilakukan.


Cara Mengatasi Menu Video Call WhatsApp Tidak Muncul


Masalahnya, fitur video call WhatsApp tidak serta merta muncul di setiap perangkat Android, harus antre dulu sepertinya (mirip fitur voice call). Bila sudah tak sabar, coba hapus data aplikasi WA Anda (sebelumnya backup dulu chat penting Anda), kemudian masuk kembali dengan nomor yang sama. Bila beruntung, menu video call akan langsung muncul setelah Anda menekan ikon telepon.

Jika setelah melakukan cara di atas menu panggilan video tetap tidak muncul, setidaknya ada 2 kemungkinan. Pertama, Anda belum kebagian fitur video call versi beta, harus nunggu versi reguler (bukan beta), atau kedua, Android Anda belum support video call WA. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tenang sob, setelah uji coba di versi beta rampung, kemungkinan fitur panggilan video WhatsApp akan tersedia di versi stable atau regulernya dalam beberapa minggu mendatang. Jadi yang saat ini belum bisa video call via WA, harap untuk bersabar sebentar. Selamat mencoba 😉

UPDATE 14/11/2016: Fitur panggilan video WhatsApp kini sudah tersedia di versi reguler yang bisa diunduh dari Play Store (minimal Android 4.1 Jelly Bean).


Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 15/05/2016 dan terakhir diperbarui pada 14/04/2017.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×