16 Januari 2017

Cara Mencari dan Mengirim Gambar GIF Animasi di WhatsApp

November tahun lalu (2016), WhatsApp memperkenalkan fitur baru untuk mengirim, menerima, serta memutar gambar GIF animasi (foto bergerak). Lebih lanjut, belum lama ini WhatsApp menambahkan fitur pencari GIF yang terintegrasi langsung di laman chatnya.

Cari dan kirim GIF animasi WhatsApp

Benar sob, karena terintegrasi, kita tidak pelu repot lagi mencari GIF di luasnya jagat maya pakai browser, cukup buka "mesin pencari" GIF yang sudah disediakan WhatsApp, pilih GIF yang diinginkan (atau cari dengan kata kunci tertentu), lalu kirim ke kontak atau grup.

Bagaimana cara mencari dan mengirim gambar GIF animasi di WhatsApp? Seperti biasa, silakan simak langkah-langkah mudah berikut ini sob.


Cari dan Kirim GIF di WhatsApp Android


  1. Update aplikasi WhatsApp Android Anda ke versi terbaru (minimal versi 2.17.6 beta).

  2. Di laman chat, tekan tombol emoji lalu ketuk tombol GIF.

    GIF Spongebob animasi WhatsApp

  3. Tak lama kemudian akan muncul kumpulan gambar GIF animasi yang bisa kita pilih sesuai selera.

    No this is Patrick GIF WhatsApp Tenor

  4. Ingin mencari GIF yang lebih spesifik? Tekan tombol kaca pembesar untuk mencari GIF dengan kata kunci yang diinginkan. 

Sebagai info tambahan, gambar-gambar GIF animasi yang muncul di WhatsApp disediakan oleh Giphy and Tenor. Untuk saat ini, kita belum bisa memilih salah satu dari dua penyedia GIF tersebut secara manual (kemungkinan acak sob, atau sesuai bahasa yang kita gunakan di Android, CMIIW).

Ketika saya coba di ponsel Android dengan setelan bahasa Indonesia, secara otomatis WhatsApp memunculkan Tenor sebagai penyedia GIF. Sebaliknya, di tablet Android yang saya atur ke bahasa Inggris, Giphy lah yang hadir sebagai mesin pencari GIF.

Masih belum puas, saya sengaja mengubah bahasa di ponsel Android ke bahasa Inggris, dan ternyata tetap Tenor yang muncul sob (meski di-restart, hasilnya tetap Tenor 😄). Jadi simpulan (sementara) nya, baik Giphy atau Tenor akan muncul secara acak sebagai penyedia GIF di WhatsApp.

Bagaimana dengan Gboard? Saat artikel ini diketik, kita belum bisa mengirim GIF ke WhatsApp langsung dari Gboard (nanti akan diupdate setelah ada kabar baru). Meski demikian, rasanya fitur GIF bawaan WhatsApp sudah cukup mumpuni dan tak kalah memudahkan dari kepunyaan Gboard, jadi ya nikmati dulu apa yang ada 😉. OK, sementara itu dulu sob yang bisa saya ketik untuk saat ini. Selamat berkirim GIF animasi di WhatsApp 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×