17 Mei 2018

5 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Ditulis oleh pada 17.5.18

Ada ratusan aplikasi Al-Quran Android yang tersebar di Play Store. Tampilan dan fiturnya pun beragam, dari yang sederhana sampai yang rumitnya ga kira-kira. Jenis teks Arab, transliterasi, dan terjemahannya juga memiliki banyak versi. Keberagaman itu tidak jarang membuat kita (sebagai pengguna Android) menjadi ragu untuk membaca dan mempelajari Al-Quran melalui aplikasi-aplikasi tersebut.

Aplikasi Al-Quran Android Indonesia yang benar, asli, dan murni.

Pada paragraf penutup artikel 10 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Android yang diterbitkan tahun 2014 lalu, terdapat pernyataan seperti ini.

Hendaknya aplikasi-aplikasi Al-Quran untuk Android (maupun aplikasi platform lainnya) tidak dijadikan sebagai rujukan utama. Selalu gunakan Al-Quran versi cetak sebagai media pembanding. Apabila Anda menemukan kesalahan, silakan laporkan kesalahan tersebut melalui Play Store atau langsung ke situs developer yang bersangkutan.

Alasannya, waktu itu saya belum menemukan satu pun aplikasi Al-Quran digital untuk smartphone yang telah mendapatkan sertifikasi tashih dari Kemeterian Agama RI, jadi tidak ada jaminan atas kebenaran dan legalitas dari aplikasi tersebut.

Apa itu tashih dan apa pentingnya aplikasi Al-Quran memiliki sertifikat tashih? Berdasarkan KBBI, tashih berarti pengesahan (setelah diperiksa kebenarannya). Dalam konteks ini, Al-Quran yang memiliki sertifikat tashih berarti telah melalui proses pemeriksaan oleh lembaga yang berwenang sehingga legalitas dan kebenarannya terjamin.

Apakah ada aplikasi Al-Quran Android yang bersertifikat tashih? Ada sob, sependek pengetahuan saya, saat ini terdapat lima aplikasi Al-Quran untuk Android yang telah mendapatkan surat tanda tashih dari Kementerian Agama RI, yaitu Salaam, MyQuran, Alquran Digital, Qur'an Kemenag, dan Quran Best.

1. Salaam

Bekerja sama dengan QuranCordoba.com (PT Cordoba International Indonesia), Samsung Indonesia merilis sebuah aplikasi Al-Quran digital untuk Android dengan nama Salaam. Aplikasi yang didedikasikan untuk kaum Muslimin dari Samsung Indonesia bersama QuranCordoba.com tersebut telah mendapatkan sertifikasi tashih digital pertama di Indonesia dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Salaam

Sertifikasi atau tashih dalam aplikasi Salaam memastikan konten di dalamnya terjamin kebenarannya dan dapat dipercaya, mencakup teks Arab, transliterasi, terjemahan, dan pedoman warna tajwid. Selain Al-Quran, Salaam juga menyediakan informasi dan alat untuk ibadah harian seorang Muslim yang memudahkan serta menyenangkan, dengan berbagai macam fitur berikut ini.

Fitur-fitur Salaam:

  • Al-Quran dalam format digital yang sudah disertifikasi oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, termasuk skrip Arab, transliterasi, terjemahan dan pedoman warna tajwid.
  • Waktu Berdoa: Pengingat waktu sholat yang akurat berdasarkan lokasi Anda.
  • Kalendar Hijriah: Melihat kalender Islam (Hijriah ) saat ini dan tanggal Masehi. Hari-hari besar Islam. Konversi tanggal dari Hijriah ke Masehi.
  • Kalkulator Zakat: Memudahkan Anda untuk menghitung Zakat.
  • Panduan doa: Berisi tentang langkah-langkah doa dan bimbingan kegiatan seperti Sholat, Wudhu, Tayammum, Mandi, dan Salaatul Janazah.
  • Arah Kiblat: Mendeteksi arah kiblat secara otomatis.
  • Panduan Haji dan Umroh.

Berbeda dengan beberapa aplikasi Al-Quran Android yang (pada umumnya) menyisipkan iklan, aplikasi Salaam bisa diunduh secara gratis dan bebas dari iklan. Fitur-fiturnya pun bisa digunakan secara leluasa tanpa adanya pungutan biaya.

2. MyQuran

MyQuran merupakan aplikasi Al Quran digital dengan teks huruf Arab, transliterasi latin, dan terjemahan bahasa Indonesia yang sesuai dengan standar Al Quran cetak yang beredar di Indonesia.

MyQuran

Berbagai macam fitur menarik pun juga disediakan oleh aplikasi yang dikembangkan oleh The Wali Studio tersebut, beberapa di antaranya bisa disimak pada daftar berikut.

  • Tajwid berwarna, terjemahan, dan transliterasi yang sesuai dengan standar Kementerian Agama RI.
  • Audio murotal Qori AlQuran mp3.
  • Pengingat untuk membaca Al Quran setiap setelah waktu sholat.
  • Hafalan untuk membantu menghafal Al Quran.
  • Fitur Khatam untuk membimbing pengguna dalam mengkhatamkan Al Quran.
  • Kumpulan doa dalam Al Quran.
  • Tuntunan Makhraj.
  • Jadwal salat.
  • Asmaul Husna.

Sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan dan ketenangan hati pengguna, aplikasi MyQuran telah melalui proses pentashihan dan memperoleh sertifikat tashih dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kementerian Agama Republik Indonesia, sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

MyQuran bisa diunduh secara gratis baik untuk Android, iOS dan Windows Phone. Tersedia pula MyQuran versi Full dengan berbagai fitur tambahan yang bisa didapatkan melalui metode potong pulsa maupun transfer bank.

3. Alquran Digital

Aplikasi Alquran Digital dirilis dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Nuzulul Quran tahun lalu (1438 H). Uniknya, aplikasi Quran yang dikembangkan oleh salah satu partai politik di Indonesia ini telah dilengkapi dengan terjemahan bahasa daerah dan bahasa internasional.

Alquran Digital

Selain itu, aplikasi perilisan Alquran Digital ini bertujuan meningkatkan minat membaca, menghapal dan mengamalkan Alquran sebagai kitab suci umat Islam di Indonesia khususnya dengan terjemahan bahasa daerah.

Sudah punya sertifikasi tashih dari Kemenag? Sudah sob, salinan sertifikatnya pun telah disertakan dalam pengaturan aplikasi Quran yang bisa diunduh secara gratis dan tanpa iklan tersebut.

4. Qur'an Kemenag

Qur’an Kemenag adalah aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an). Aplikasi tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Qur'an yang berbentuk digital. Ayat Al-Qur’an dalam aplikasi Qur'an Kemenag menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Qur'an Kemenag

Tidak hanya untuk Android, Qur'an Kemenag juga tersedia dalam format web, dan iOS. Selain menyajikan teks Al-Qur'an lengkap 30 juz, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dalam dua varian: tahlili dan ringkas, serta suara murattal Al-Qur'an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Karena dibuat langsung oleh Kemenag, lebih tepatnya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, aplikasi Qur'an Kemenag tentu sudah diperiksa legalitas dan kebenarannya, atau dengan kata lain, auto tashih.

5. Quran Best

Aplikasi Al-Quran yang diklaim senyaman Quran cetak ini dikembangkan oleh PT. Barokah Inovasi Teknologi. Iya, secara tampilan, Quran Best menyajikan suasana dan kesan Al-Quran versi cetak yang banyak beredar di pasaran, sob. Menarik memang, dilengkapi dengan ornamen khas islami yang membingkai tiap halamannya.

Quran Best

Sayangnya, tampilan yang mirip Al-Quran cetak tersebut saat ini belum dilengkapi dengan fitur zoom. Sehingga ayar-ayatnya akan nampak kecil di layar ponsel yang mungil. Sebagai solusi sementara, kita bisa mengaktifkan rotasi otomatis di ponsel atau memilih opsi mode landscape (Menu → Perbesar Tampilan) agar ayat-ayat yang ditampilkan bisa terlihat lebih besar dan jelas. Alternatifnya, pilih saja tampilan "Per Ayat" yang sudah dibekali fitur untuk mengubah ukuran font. Bila ada, menggunakan Quran Best di tablet (dengan ukuran layar minimal 7 inci) tentu menjadi pilihan yang ideal.

Sesuai namanya, aplikasi Al-Quran digital ini memang dikembangkan untuk menjadi yang terbaik. Fitur-fiturnya sangat beragam, mulai dari tampilan yang terdiri dari 7 pilihan, mode malam atau mode gelap, transliterasi latin, audio mp3 murottal 30 juz dari qori pilihan, jadwal salat, penunjuk kiblat, serta kalender Hijriah. Yang paling penting, aplikasi Quran Best telah mendapat sertifikat Tashih resmi dari Kementrian Agama RI.

______________

Nah, buat Anda yang masih ragu dan bimbang dalam memilih aplikasi Al-Quran Android yang terjamin keaslian dan kemurniannya, lima aplikasi di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Masih kurang yakin? Ada baiknya Anda menggunakan Al-Quran versi cetak yang sudah pasti bersertifikat sob. Sebagai penutup dan penghilang kegelisahan, mari kita simak Quran surat Al-Hijr ayat 9 berikut ini.

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya”. (QS: Al-Hijr: 9)

_______________

Bila Anda mengetahui aplikasi Al-Quran Android lain (selain 5 aplikasi tadi) yang sudah mengantongi serifikat tashih dari Kemenag RI, silakan beritahu saya melalui kotak komentar di bawah ini. Terima kasih 😊

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×