22 April 2013

Download Aplikasi KBBI Offline untuk Perangkat Android dan iOS

Sebagai warga negera yang baik, kita biasa menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk mencari dan menentukan acuan dalam berbagai hal yang menyangkut masalah kebahasaan. Tidak dapat dipungkiri, saat ini terdapat banyak sekali kamus bahasa Indonesia yang beredar, namun kita tetap menggunakan KBBI yang disusun oleh Pusat Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Masalahnya, untuk kebanyakan orang, Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesuai dengan namanya, memiliki ukuran yang besar (berat juga tentunya). Selain itu, harganya belum bisa dikatakan terjangkau. Meski demikian, bila tidak/belum ingin membeli, kita bisa membaca atau meminjam KBBI di perpustakaan (masih tetap berat memang 😀).

Kabar baiknya, untuk memudahkan kita dalam menggunakan KBBI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menyediakan KBBI Daring yang dapat diakses melalui alamat kbbi.kemdikbud.go.id. Sedang offline atau tidak memiliki koneksi internet? Silakan download aplikasi KBBI Offline di PC atau laptop Anda melalui link berikut ini.


Lalu bagaimana bila kita (sedang) tidak bisa menjangkau PC atau laptop? Apalagi internet? Solusi terbaiknya adalah menggunakan perangkat mobile yang kita miliki :)


Kamus Indonesia (KBBI) Offline untuk Android


Untuk pengguna perangkat Android, Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk Android secara gratis. Aplikasi yang dikembangkan oleh Andi Unpam tersebut dapat digunakan secara offline alias tanpa koneksi internet.

KBBI Offline AndroidKamus Besar Bahasa Indonesia Android

Download Kamus Indonesia (KBBI) Offline untuk Android


Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iOS


Sedangkan untuk Anda yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone, iPod Touch dan iPad, silakan unduh dan pasang aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iOS yang dikembangkan oleh Fadil Basymeleh. Aplikasi KBBI Offline untuk iOS tersebut juga bersifat gratis dan tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.

KBBI Offline untuk iOSaplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iOS

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad


Nah, ternyata banyak solusi untuk menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan mudah dan gratis, baik dengan maupun tanpa koneksi internet. Jadi tidak ada alasan lagi untuk merasa berat atau kesulitan dalam belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar melalui KBBI 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×