07 Juni 2016

3 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 Seluruh Kota di Indonesia

Apa itu imsak? Secara umum, imsak adalah istilah yang sering digunakan umat Islam di Indonesia untuk menyebut batas waktu makan sahur (serta dimulainya waktu puasa). Setelah masuk waktu imsak, kita biasanya mengakhiri sahur dan bersiap untuk menjalankan ibadah puasa.

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 - 1437 H

Perlu diketahui, bahwa puasa baru dimulai ketika tiba waktu salat subuh (kita masih boleh sahur saat masuk waktu imsak sampai datang waktu subuh), jadi sebenarnya imsak merupakan sebuah istilah untuk menyebut jeda waktu (sekitar 10 menit) sebelum waktu salat subuh/dimulainya ibadah puasa.

Memasuki bulan Ramadhan 1437 Hijriah ini, kita sebagai umat Islam yang menjalankan ibadah puasa umumnya lebih berpatokan pada waktu imsak daripada waktu subuh sebagai batas dimulainya puasa. Meski kurang tepat, berpatokan pada waktu imsak ada sisi positifnya juga sob; agar kita tidak terburu-buru saat makan minum sahur.

Nah, agar tidak telat sahur dan tahu persis kapan tiba waktunya salat; terutama salat magrib yang juga merupakan waktu berbuka puasa; kita bisa memanfaatkan jadwal imsakiyah, atau lebih tepatnya jadwal salat 5 waktu. Jadwal tersebut bisa didapatkan di masjid, mushola atau kantor perwakilan kementerian agama setempat (versi cetak).

Bila ingin lebih praktis, kita juga bisa menggunakan aplikasi jadwal imsakiyah Ramadhan 2016 - 1437 Hijriah yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Beberapa di antaranya adalah Muslim Pro, Imsyakiyah Ramadhan, dan Prayer Times, Athan and Qibla.


Muslim Pro - Ramadan 2016


Aplikasi Android yang dikembangkan oleh Bitsmedia tersebut memiliki fungsi utama sebagai jadwal waktu salat di berbagai kota di Indonesia dan dunia. Untuk menjamin keakuratannya, Muslim Pro mengambil data jadwal waktu salat langsung dari Kementerian Agama RI serta memanfaatkan GPS untuk menentukan lokasi pengguna secara otomatis (bisa juga dilakukan secara manual dengan mengetik nama kota).

Jadwal Puasa Ramadhan 2016

Di bulan suci Ramadhan 2016 ini, Muslim Pro juga sudah menyediakan jadwal imsakiyah lengkap untuk seluruh kota di Indonesia dan dunia (pas buat Anda yang sering keluar kota atau negeri). Pemakaiannya tergolong mudah sob, tinggal pilih bahasa, izinkan aplikasi Muslim Pro untuk mengakses lokasi kita dan jadwal waktu imsak dan berbuka pun siap digunakan.

Selain jadwal imsakiyah, Muslim Pro dilengkapi pula dengan bermacam fitur untuk menunjang kegiatan peribadahan umat Islam; sebut saja Quran dan tasbih digital, kompas penentu arah kiblat, lokasi restoran halal serta masjid terdekat, asmaul husna dan masih banyak yang lainnya.


Imsyakiyah Ramadhan (Jadwal Imsakiyah 1437 | 2016)


Bila Anda menginginkan aplikasi jadwal imsakiyah Ramadhan 1437 H yang lebih ringkas, ringan, dan kecil ukurannya (2,4Mb), aplikasi bertajuk Imsyakiyah Ramadhan (Jadwal Imsakiyah 1437 | 2016) bisa dijadikan pilihan.

Jadwal Imsak hari ini.


Isi aplikasinya tak lain dan tak bukan adalah jadwal salat yang dilengkapi dengan waktu imsak, waktu matahari terbit dan terbenam, serta waktu berbuka yang tersaji dalam satu halaman per hari. Tampilan aplikasi jadwal imsakiyah Android dari Makal Development tersebut terbilang sederhana dan tidak neko-neko sehingga mudah serta nyaman untuk dibaca.

Berbeda dengan Muslim Pro, Imsyakiyah Ramadhan tidak memakai GPS sebagai penentu lokasi, tapi hanya mengandalkan input manual yang dilakukan oleh pengguna (input nama kota atau kabupaten di mana kita berada).


Prayer Times, Athan and Qibla


Walau tidak selengkap Muslim Pro dan tidak sesederhana Imsyakiyah Ramadhan, aplikasi Prayer Times, Athan and Qibla menawarkan beragam fitur yang mumpuni sob. Sebut saja jadwal puasa 2016 yang bisa tampil untuk satu hari maupun 1 bulan sekaligus, alarm/notifikasi waktu salat dengan suara adzan, dan kompas kiblat yang lengkap dengan jarak lokasi kita dengan ka'bah.

Jadwal Sholat Ramadhan 2016

Urusan penentuan lokasi, Prayer Times, Athan and Qibla menggunakan dua jenis metode, melalui GPS dan pencarian secara manual dengan bantuan Google Maps. Khusus pencarian lokasi manual di aplikasi Prayer Times, bisa dikatakan tidak sepraktis input nama kota dari dua aplikasi sebelumnya, karena harus mencari lokasi melalui peta secara manual (mungkin akan diubah pada update selanjutnya).


_____________________

Nah, itulah rekomendasi aplikasi jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2016 - 1436 Hijriah untuk seluruh kota di Indonesia dan juga kota-kota lain dari berbagai negara versi Memudahkan. Sebenarnya masih banyak aplikasi imsakiyah lain yang tersebar di Play Store, sob, namun rata-rata fiturnya sebelas duabelas dengan 3 aplikasi yang telah dibahas di atas. Selain itu, saya sengaja memilih aplikasi jadwal puasa dan salat yang mengambil data dari Kementerian Agama RI sehingga relatif lebih akurat dan bisa dipercaya. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2016 sob :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×