01 Mei 2018

Mencegah Anggota Grup WhatsApp Mengganti Nama, Foto, dan Deskripsi Grup

Ditulis oleh pada 1.5.18
Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya (Menambahkan Deskripsi Grup WhatsApp), semua penghuni grup WhatsApp (baik admin maupun anggota) bisa mengubah nama, foto, dan deskripsi grup sesuka hati sesuai selera. Setelah diganti, kita juga akan memperoleh notifikasi mengenai siapa pelakunya.

Cara Mencegah Anggota Grup WhatsApp Mengganti Nama, Foto, dan Deskripsi Grup

Bukan masalah besar sebenarnya bila hal tersebut terjadi di grup kecil dengan anggota puluhan orang saja. Apalagi kalau penghuninya sudah saling kenal akrab dan kompak. Kalau pun ada yang mengganti biasanya sudah minta izin terlebih dahulu, dan meski diganti tanpa izin, anggota lain juga bisa maklum, atau mungkin langsung nabok pelakunya saking akrabnya.

Beda cerita bila kita berada di dalam grup WA dengan ratusan anggota, di mana penghuninya bisa keluar masuk grup tanpa batasan. Kemungkinan besar ada saja yang iseng mengganti foto profil grup dengan foto mantan (atau laron), mengubah deskripsi grup dengan daftar belanjaan bulanan, atau mengganti nama grup dengan nama kucing peliharaan, lalu keluar tanpa permisi, ngeselin kan?

Mengatasi masalah tersebut, akhirnya WhatsApp merilis fitur restrict group, yang berguna untuk membatasi siapa saja yang boleh mengedit foto, deskripsi, maupun nama grup. Untuk saat ini, hanya terdapat dua pilihan sob, semua anggota (default) dan admin saja.

Lalu bagaimana cara mencegah anggota grup mengubah deskripsi, nama, atau foto grup? Ikuti ulasan singkat di bawah ini.

PENTING SEKALI: Fitur ini hanya tersedia untuk admin grup WA. Kalau admin di grup Anda kurang update, langsung suruh baca artikel ini sob.

Agar Foto, Deskripsi, dan Nama Grup WA Tidak Bisa Diganti Orang Lain

  1. Untuk mendapatkan fitur restrict grup sekarang juga, silakan update aplikasi WhatsApp Android ke versi 2.18.132 atau yang lebih baru.

  2. Masuk ke laman info grup (ketuk di sini untuk info grup) - Setelan grup (Group settings) - Edit info grup (Edit group info).

    Setelan grup WA

  3. Bila kita memilih Hanya admin (Only admins), semua penghuni grup non-admin tidak akan bisa mengganti informasi grup dalam bentuk apapun. Pilih opsi tersebut bila Anda tak ingin orang lain mengganti foto, deskripsi, dan nama grup.

    Hanya admin yang boleh mengganti foto grup WhatsApp

  4. Semisal Semua peserta (All participants) yang dipilih, maka semua penghuni bisa mengedit informasi grup tanpa kecuali. Cocok untuk grup WA imut nan kompak, tetap bebas tapi bertanggung jawab. Bisa juga buat grup besar dengan admin super rajin, rajin memperbaiki info grup yang diacak-acak tiap hari 😀

  5. Selain Edit info grup, di laman Setelan grup kita juga bisa mengelola peran admin melalui opsi Edit admin grup (Edit group admins). Di sana kita bisa mengangkat dan memberhentikan satu atau beberapa admin sekaligus.

Untuk grup WA dengan admin tunggal, cara di atas sudah pasti bisa mengatasi keusilan peserta grup yang suka (dan sering) mengganti info grup seenaknya. Nah, semisal dalam grup WA terdapat beberapa admin, masih ada kemungkinan admin lain mengubah info grup tanpa seizin Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya memilih admin yang bisa dipercaya untuk mengelola grup WA Anda, apalagi bila grup tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×