26 Februari 2015

Cara Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa Telkomsel [Simpati, Kartu As, & Kartu Halo]

Mengikuti jejak Indosat, Telkomsel meluncurkan layanan carrier billing yang memudahkan pelanggannya (baik pra maupun pascabayar) untuk membeli aplikasi, game, IAP (in-apps purchase) dan ebook di Google Play Store.

Cara Mudah Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa Telkomsel

Hal tersebut tentunya menjadi kabar gembira untuk kita semua, terutama pemakai kartu Simpati, Kartu As, dan juga kartu Halo. Iya, lewat layanan carrier billing dari Telkomsel, Anda bisa membeli beragam konten digital yang tersebar di Play Store menggunakan pulsa dari salah satu varian kartu terbitan Telkomsel tersebut. Bagaimana caranya?

Gampang sob, silakan ikuti cara membeli aplikasi Android via potong pulsa Telkomsel berikut ini.

Sebelumnya, pastikan Anda menggunakan salah satu kartu dari Telkomsel (bisa Simpati, Kartu As, atau Kartu Halo). Untuk pengguna kartu prabayar, pastikan juga pulsa Anda mencukupi untuk membeli salah satu aplikasi, game, atau buku di Google Play Store (sampai artikel ini diketik, harga minimum aplikasi Android di Indonesia sekitar 12 ribu 3 ribu rupiah, ditambah PPN 10%, plus biaya jasa sekian ratus rupiah, jadi silakan dikira-kira sendiri mau isi pulsa berapa).

Untuk melakukan pembelian aplikasi dengan cara potong pulsa Telkomsel, Anda tidak harus menggunakan koneksi data seluler, silakan gunakan WiFi agar lebih hemat pulsa dan kuota.


Cara Membeli Aplikasi dengan Pulsa Telkomsel


Buka Google Play Store di perangkat Android Anda (di sini saya menggunakan tablet), tap menu hamburger di sisi kiri atas layar, pilih My account.


Tips: Klik gambar untuk zoom.

My account


Di bagian Add payment method, pilih Enable Telkomsel Billing. Bila muncul notifikasi untuk mengirim SMS, pilih Send, bila tidak, langsung ke langkah selanjutnya.

Enable Telkomsel Billing


Isi data diri Anda dengan benar (nomor hp, nama, alamat, dsb.). Kemudian pilih Save. Periksa kembali data diri Anda, lalu pilih Accept.

Telkomsel Billing


Anda akan menerima notifikasi (SMS) bahwa aktivasi carrier billing Telkomsel telah berhasil dilakukan (di bagian Payment methods Anda akan menemukan Bill my Telkomsel account). Kini Anda bisa menggunakan fasilitas potong pulsa dari Telkomsel untuk membeli aplikasi, game, IAP (in-apps purchase), dan juga buku di Google Play Store.

Bill my Telkomsel account


Selanjutnya, cari aplikasi yang akan Anda beli (di sini saya mencoba membeli PowerAmp). Tap label harga aplikasi tersebut.

PowerAmp Full Version Unlocker beli pakai pulsa


Pilih Accept untuk menyetujui izin akses aplikasi.

Accept permission


Tap tombol Buy untuk membeli aplikasi.

Buy Poweramp


Masukkan password akun Google Anda bila diminta, lalu tap Confirm (Anda bisa mengatur agar Play Store tak lagi meminta password pada bagian Setting). Tunggu sampai proses download aplikasi selesai.

Confirm password


Sip, Payment succesful, Anda sudah berhasil membeli aplikasi dari Play Store menggunakan pulsa Telkomsel.



Sebagai bukti pembelian, Anda akan menerima SMS dan email. Berikut adalah contoh SMS yang dikirim oleh TSEL-Google.

SMS dari TSEL-Google


Terkadang, aplikasi yang telah dibeli ternyata tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya (tidak lancar, nge-lag, atau bahkan forced close). Untuk aplikasi gratisan, tinggal uninstall saja, tapi bagaimana dengan aplikasi berbayar? Rugi dong kalau di-uninstall begitu saja.

Begini solusinya sob, bila tak puas dengan aplikasi yang dibeli dan ingin pulsa kembali 100%, Anda bisa melakukan refund dalam kurun waktu 2 jam. Jadi, silakan coba aplikasi yang telah Anda beli sepuasnya (selama dua jam), bila ternyata tidak sesuai harapan Anda (atau Anda berubah pikiran), silakan lakukan refund untuk mendapatkan pulsa Anda kembali. Cara refund atau mengembalikan aplikasi di Google Play Store yang telah dibeli pun ternyata tidak susah. Silakan ikuti langkah mudah berikut.


Cara Refund Aplikasi di Google Play Store


Buka Play Store, cari aplikasi yang akan di-refund, lalu tap tombol Refund. 

Cara Refund Aplikasi di Google Play Store


Saat notifikasi muncul, pilih Yes untuk melanjutkan. Setelah itu, aplikasi akan di-uninstall dan pulsa Anda akan dikembalikan. Anda akan kembali menerima SMS dan email yang memberitahukan bahwa proses refund telah berhasil dilakukan (agak lama sob, maksimal 1 x 24 jam, tunggu saja, balik kok pulsanya).

SMS refund Telkomsel


Refund hanya berlaku satu kali per aplikasi.

Bila lewat dari 2 jam dari waktu pembelian, tombol Refund otomatis akan berubah menjadi tombol Uninstall. Ketuk tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut dari Android Anda. Dalam kasus ini, pulsa Anda tak akan dikembalikan.

Refund tidak berlaku untuk in-apps purchase. Iya, itu berarti Anda tak bisa mengembalikan gem yang sudah dibeli di game Clash of Clans :D

Pulsa akan dikembalikan paling lama 1 x 24 jam.


Selain carrier billing, Telkomsel juga menghadirkan kanal khusus di Google Play Store yang dilabeli Zona Seru Telkomsel (bisa diakses melalui laman utama Play Store > Apps > Rekomendasi Telkomsel).

Zona Seru Telkomsel Android


Kanal tersebut berisi aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan Telkomsel untuk Anda, seperti aplikasi dari Telkomsel sendiri (MyTelkomsel), serta beberapa aplikasi dan game Android populer lainnya (semuanya gratis sob, sampai artikel ini diketik lho ya).

Bukan pengguna Telkomsel? Silakan tengok artikel Beli Aplikasi Android Pakai Pulsa Indosat.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×